in: Reviews | October 11, 2017 | by: Irham

Review Galaxy Note 8: Lengkap dan Terbaik!

Gagal dengan produk sebelumnya, kini Samsung mencoba menghadirkan produk yang lebih sempurna untuk seri Galaxy Note mereka, yaitu Samsung Galaxy Note 8. Sama seperti produk Galaxy S8 series, Galaxy Note 8 kini juga mengusung layar Infinity Display yang menjadi trademark baru Samsung untuk teknologi layar ‘agak’ melengkung mereka. Samsung meninggalkan era ‘Edge’ yang memiliki lengkungan lebih lebar di bagian tepi dan hadir dengan Infinity Display yang jauh lebih nyaman di genggaman pengguna. Namun  Infinity Display tetap memilki semua fitur-fitur ‘edge’.

Tentu saja yang juga paling ditunggu pada Galaxy Note 8 adalah fitur-fitur seperti dual kamera dengan OIS ganda dan S-Pen. Karena kedua fitur ini paling diminati oleh konsumen terutama bagi para Galaxy Note Series yang telah lama ingin mengupgrade smartphone mereka, karena telah menunggu waktu yang cukup lama untuk kehadiran generasi baru dari seri Galaxy Note.

Tapi tentu tak cuma itu saja kemampuan dari Galaxy Note 8. Seperti apa kemampuannya, kita simak reviewnya berikut ini.

Desain

Galaxy-Note-8-1Adapun Galaxy Note 8 memiliki desain body yang juga mirip dengan Galaxy S8, yaitu dengan mengusung material berbalut kaca Corning Gorilla Glass 5 di bagian depan dan belakang, dan bingkai bermaterial metal.Untuk varian yang kami terima yaitu model dengan warna Orchid Gray.

Galaxy-Note-8-2
Secara ukuran, Galaxy Note 8 hanya memiliki sedikit perbedaan dari Galaxy S8+. Yaitu ukuran layar sebesar 6,3 inci dibandingkan Galaxy S8+ yang memiliki ukuran 6,2 inci. Sedangkan ukuran dimensi, Galaxy Note 8 memiliki ukuran 162.5 x 74.8 x 8.6 mm, sedangkan Galaxy S8+ memiliki ukuran 159.5 x 73.4 x 8.1 mm. Sekilas ukurannya tampak mirip, begitu pula saat berada didalam genggaman.

Tentu saja yang membedakan seri Note dengan seri S dari segi desain adalah tersedianya S-Pen di bagian sisi. Pengguna tak lagi perlu khawatir dengan kondisi S-Pen akan stuck saat dipasang yang dulu sempat terjadi pada seri Galaxy Note 5, karena kini S-Pen dapat dimasukan ke kandangnya tanpa harus memperhatikan sisi yang benar karena keduanya kini simetris. Sebenarnya desain ini juga telah dibawa oleh Samsung pada Galaxy Note 7, hanya saja produk tersebut gagal beredar dipasaran.

Dibagian belakang, terpampang dua buah sensor kamera dengan lampu LED flash, sensor HR dan juga fingerprint. Penempatan fingerprint di pojok bagian kanan mungkin akan kembali menjadi hal yang dipertanyakan mengapa Samsung tetap memilih posisi tersebut, karena posisi tersebut sejak produk  Galaxy S8 dan S8+ dianggap kurang nyaman. Alasannya, posisi tersebut kurang simetris sehingga akan memberikan pengalaman yang berbeda saat pengguna ingin menggunakan jari tangan kanan atau tangan kiri.

Galaxy-Note-8-10

Galaxy-Note-8-8

Penempatan tombol lain masih juga mirip dengan Galaxy S8 yaitu  dengan tombol power di kanan, tombol volume di bagian kiri serta tombol Bixby juga dibagian kiri. Untuk slot USB Type C berada di bagian bawah dan juga lubang jack 3,5mm. Di bagian pojok terdapat slot S-Pen yang dapat dikeluarkan dengan cara ditekan. Hebatnya, Samsung masih bisa memberikan ruang untuk S-Pen di smartphone berukuran yang terbilang sangat compact ini. Berbeda dengan generasi-generasi sebelumnya, dimana Galaxy Note masih memiliki bezel yang lebar di bagian sisi-sisinya. Sedangkan saat ini Galaxy note 8 hadir dengan bezel super tipis dan ukuran layarnya sendiri kini lebih besar.

Galaxy-Note-8-5

Galaxy-Note-8-6

Spesifikasi

Samsung Galaxy Note 8 memiliki display dengan ukuran 6.3 inci dengan panel Super AMOLED beresolusi maskimal 2.960×1440. Rasio yang dimilikinya yaitu  18.5:9 (2.06:1) dengan kepadatan piksel 522ppi. Pengguna bisa memilih resolusi pada layar yaitu pilihannya antara lain HD+(1480×720), FHD+(220×1080), dan WQHD+(2960×1440). Layar Galaxy Note 8 juga telah didukung dengan teknologi HDR 10, teknologi yang sama pada panel televisi premium saat ini, yang dapat menghasilkan warna lebih mencolok dan juga kontras lebih tajam. Selain itu juga pada layar terdapat sensor 3D Touch untuk membuka layar.

Pada bagian dapur pacunya, sama seperti Galaxy S8 Series, Galaxy Note 8 dibekali dengan SoC Exynos 8895 Octa-core CPU (4x2nd-Gen Mongoose 2.3GHz + 4x Cortex-A53 1.7GHz & Mali-G71.RAM berkapasitas 6GB serta internal storage untuk produk yang kami gunakan adalah 64GB.Tersedia slot SIM Card yang dapat ditambahkan hingga 256GB.

Untuk fitur kamera, ini kali pertama Samsung menghadirkan dual kamera pada produk premium mereka. Kamera pertama yang digunakan yaitu memiliki resolusi  12MP dengan sensor berukuran 1/2.55 aperture f/1.7  dan focal length 26mm. Sementara untuk kamera kedua menggunakan sensor beresolusi 12MP dengan sensor berukuran 1/3.6″, aperture f/2.4 dan focal length. Auto focus yang digunakan juga masih mengandalakan teknologi  dual pixel phase detection yang memiliki OIS di kedua buah sensor.

Galaxy-Note-8-3

Kamera Samsung Galaxy Note 8 memiliki kemampuan  2x optical zoom dan juga perekaman video maksimal 2160p/30fps.Sedangkan untuk kamera depan menggunakan sensor 8MP, aperture f/1.7 aperture, serta perekaman video maksimal 1440p/30fps.

Untuk slot SIM Card, Galaxy Note 8 memiliki dua buah slot SIM card dan slot MicroSD yang terpasang secara hybrid. Smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3300mAh dengan dukungan pengisian cepat, Adaptive Fast Charging bawaan dari Samsung dan juga Quick Charge 2.0, serta pengisian Wireless (Qi).

Galaxy-Note-8-7

Dari segi sensor, Galaxy Note 8 memiliki kelengkapan sensor antara lain Iris sensor, Pressure sensor, Accelerometer, Barometer, Fingerprint  sensor, Gyro sensor, Geomagnetic sensor, Hall sensor, HR sensor,Proximity sensor,RGB light sensor. Konektivitas yang dimilikinya yaitu LTE-A, 4-Band/5-Band carrier aggregation, Cat.16/13 (1Gbps/150Mbps), Wi-Fi a/b/g/n/ac MU-MIMO, teknologi navigasi GPS, Beidou, Galileo; NFC serta koneksi jarak pendek yaitu Bluetooth 5.0 dan NFC. Untuk konektivitas kabel, perangkat ini telah dibekali dengan  USB Type-C (v3.1).

Pada Galaxy Note 8 juga pengguna bisa membagikan ‘koneksi Wi-fi’ dengan menggunakan fitur Wi-Fi sharing. Fitur ini membuat perangkat Galaxy Note 8 anda menjadi seperti sebuah wi-fi repeater. Perangkat yang terhubung maksimal bisa mencapai 10 perangkat.

MObile-Hotspot-Sharing

Adapun OS yang digunakan yaitu Android 7.1.1 Nougat dengan UI Samsung Grace. Beberapa aplikasi andalan Samsung yang dimiliki antara lain seperti Bixby Virtual assistant, Samsung Connect, Samsung Health, dan Samsung Gear. Selain itu juga telah terdapat paket aplikasi Microsoft mulai dari Word, Excel, Powerpoint,OneDrive, dan One Drive.

Galaxy-Note-8-UI

Di Galaxy Note 8, juga sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat menggandakan aplikasi untuk dapat digunakan dalam dual akun. Seperti misalnya WhatsApp,  dan Facebook. Ini dapat diakses melalui menu Advanced Features>Dual Messenger. Akan muncul aplikasi-aplikasi yang bisa diinstal menggunakan dua akun.

Dual-Apps

Paket penjualan dari Samsung Galaxy Note 8 bisa dibilang sebagai smartphone dengan paket penjualan yang paling lengkap yang pernah kami review. Diantaranya ada Adaptor charger, kabel USB type C, buku panduan, transparent hard case, Adapter USB Type-C to MicroUSB, USB Type C OTG, Headset premium AKG, pilihan karet earplug, hingga penggulung kabel headset. Headset AKG yang tersedia sama dengan yang ada pada paket penjualan smartphone Galaxy S8 dan S8+.

Galaxy-Note-8-16

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
: , ,

COMMENTS