in: Reviews | October 11, 2017 | by: Irham

Review Galaxy Note 8: Lengkap dan Terbaik!

Kamera

Tentu saja Galaxy Note 8 memiliki kamera dengan kualtias yang sangat terjamin. Dual kamera beresolusi 12MP wide dan tele dengan aperture F/1.7 dan F/2.4 ini menghasilkan detail dan kontras objek yang sangat baik. Tak perlu diragukan, kemampuan kamera Galaxy Note 8 baik di ruang minim cahaya maupun di tempat terang bisa dibilang paling maksimal saat ini. Selain itu kecepatan shutter dan auto focus dapat membidik objek dengan baik, sehingga saat mengabadikan objek yang sedang bergerak pun dapat terekam dengan baik. Anda bisa melihat beberapa foto yang diabadikan menggunakan kamera Galaxy Note 8 di bawah ini.

Sebenarnya hal yang sama juga telah ditunjukan Samsung pada kamera Galaxy S8+, hanya saja dengan dual kamera yang dihadirkan pada Galaxy Note 8 dapat memberikan fitur tambahan yang tentu akan lebih memuaskan pengguna. Termasuk optical Zoom 2x dan efek bokeh lewat fitur Live Focus. Berikut ini foto-foto yang diabadikan menggunakan fitur tersebut

Tanpa Zoom
Tanpa Zoom
20171009_131601
Zoom 2X,
20171009_083309
Live Focus Normal
20171009_083238
Live Focus dengan blur
20171009_082800
Live Focus
20171009_082558
Live Focus dengan Blur

Terlihat pada saat gambar di zoom 2x, detail yang ditampilkan tetap terjaga dengan sangat baik. Namun yang paling patut diacungi jempol adalah fitur Live Focus yang dimiliki oleh Galaxy Note 8. Terlihat croping antara  area blur dan area focus terlihat sangat baik. Bahkan pada objek dengan jarak yang tidak terlalu jauh pun, permainan effect bokeh dapat terlihat sangat sempurna. Begitu pula objek dengan kondisi yang memiliki kontras warna yang tak terlalu tinggi, namun cropping area blur juga tetap dapat ditampilkan dengan sempurna.

20171009_082039

20171009_081945

Untuk kamera selfie, sama seperti Galaxy S8+ smartphone ini juga dilengkapi dengan kamera selfie beresolusi 8MP. Saya mengambil kedua gambar diatas saat berada di dalam ruangan dala kondisi cahaya yang remang, namun terlihat gambar yang dihasilkan masih sangat cerah dan minim dari noise. Beautify effect juga terlihat sangat natural. Pengguna juga bisa mengabadikan gambar lebih seru dengan beberapa sticker effect yang ada.

Baterai

Dibekali dengan baterai berkapasitas 3300mAh, sepertinya cukup dipertanyakan sejauh apa kemampuan manajemen baterai dari Samsung Galaxy Note 8 ini. Karena ini pun lebih kecil jika dibandingkan dengan Galaxy S8+, yang mengusung baterai berkapasitas 3500mAh. Namun rupanya pada hasil pengujian menggunakan video secara playback hasil yang ditampilkan pun cukup baik, smartphone ini mampu bertahan selama 15 Jam 40 menit.

Video-Playback

Sedangkan saat melakukan browsing, smartphone ini mampu bertahan selama kurang 10 jam 45 menit. Pengujian browsing yang baru kami lakukan menggunakan setup server secara lokal. Smartphone melakukan browsing dengan pergantian halaman setiap 10 detik nonstop. Sama seperti pengujian looping video, perangkat diatur dengan menggunakan Airplane mode, Wi-Fi aktif, serta kecerahan layar non-otomatis dengan slider di tengah.

Dari hasil yang pengujian yang kami lakukan, terbukti bahwa Galaxy Note 8 memiliki manajemen yang bisa dibilang lebih baik daripada Galaxy S8+. Karena tidak hanya baterai yang lebih kecil, namun juga layar yang sedikit lebih besar, tapi kemampuannya hampir menyamai S8+ yang memiliki kapasitas baterai lebih besar dan layar sedikit lebih kecil.

Audio 

Sedikit menyinggung audio, Samsung tidak memberikan rincian yang pasti mengenai internal sistem audio yang digunakan, seperti DAC dan amplifier. Galaxy Note 8 datang dengan In Ear Monitor (IEM) keluran AKG yang di tune secara khusus oleh Harman Kardon. Kualitas unit cukup bagus dengan kabel yang tebal  dan tidak mudah kusut.
galaxy-note8_sound

Pengujian yang kami lakukan menggunakan aplikasi Google Play Music dengan beberapa rekaman FLAC 16-bit 44.1kHz dengan genre folk sampai progressive metal. Kualitas suara yang disuguhkan speakerphone di Samsung Galaxy Note 8 dinilai masih cukup lantang meski dari segi kualitas biasa saja. Suara sepakerphone terdengar bulat, sementara untuk frekuensi treblenya terdengar agak tenggelam.

Banyak berbeda ketika memanfaatkan port audio 3.5 mm dan didengarkan melalui IEM AKG, Samsung Galaxy Note 8 akan menyuguhkan suara yang jernih, terutama untuk vokal terdengar cukup manis. Hal yang cukup menggembirakan bagi Anda yang menginginkan suara halus dengan tingkat resolusi yang cukup. Namun Anda tidak akan menemukan suara dinamis bagi genre metal dan nada bass yang menghentak bagi genre EDM. Bila tidak puas, Samsung Galaxy Note 8 telah menyediakan menu Adapt Sound, dimana menyediakan pilihan preset 1 sampai preset 3 yang masing-masing memberikan efek ekualisasi suara yang berbeda.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
: , ,

COMMENTS