in: Reviews | October 11, 2017 | by: Irham

Review Galaxy Note 8: Lengkap dan Terbaik!

S-Pen

Galaxy-Note-8-4

S-Pen tentunya menjadi salah satu keunggulan utama bagi Galaxy Note 8, yang hadir dengan teknologi baru. Tak sekedar stylus seperti pada Galaxy Note 5, S-Pen memiliki ujung mata pena lebih tipis yaitu 0,7mm dengan sensitivtas 4096 pressure level.

Galaxy-Note-8-15

Ukurannya yaitu panjang 108.3 x 5.8 x 4.2 mm dan anda tak perlu khawatir saat Galaxy Note 8 digunakan dalam keadaan basah, S-Pen tetap dapat aktif.S-Pen terasa lebih sensitif bahkan dibandingkan dengan Galaxy Tab S3 yang juga hadir dengan S-Pen dan memiliki spesifikasi yang sama, sensitivitas pada Galaxy Note terasa lebih baik. Mungkin karena panel layar yang digunakan juga berbeda secara ukuran dan jenis.

S-Pen

Saat dikeluarkan dari sarangnya, S-Pen akan langsung memunculkan beberapa fitur yang kini juga dapat dioperasikan dengan teknologi air command. Ini mirip seperti pointer presentasi, dimana S-Pen akan memunculkan pointer bisa digunakan untuk memilih menu-menu S-Pen, kemudian menekan tombol yang berada dibagian tengah S-Pen tanpa harus menyentuh layar. Namun hanya untuk jarak yang tidak terlalu jauh dari layar. Beberapa fitur baru terbilang jauh lebih inovatif dari pada yang pernah dihadirkan oleh Samsung pada seri Galaxy Note terakhir, yaitu Galaxy Note 5. Berikut fitur-fitur tersebut.

Memo On Screen

Samsung telah memiliki fitur Always-On-Display sejak perangkat Galaxy S7 dihadirkan. Dimana fitur ini dapat menampilkan notifikasi dan juga widget jam dan tanggal saat layar sedang non-aktif. Samsung mengklaim bahwa fitur tersebut hanya akan menguras baterai sebesar 1% per jam. Namun pada Galaxy Note 8, Samsung menghadirkan fitur yang lebih menarik yaitu Memo On Screen. Yaitu ketika layar sedang terkunci atau tidak aktif, pengguna bisa membuat catatan dengan menggunakan S-Pen. Caranya cukup menarik S-Pen dari sarang, lalu kemudian menu Screen On Memo akan langsung muncul dilayar dan pengguna bisa langsung membuat catatan.

Screenshot_20171010-092659

 

Smart Select

Smart Select digunakan untuk mengcapture layar, dimana pengguna bisa secara bebas memilih area mana yang ingin diambil. Anda bisa mengambil gambar dengan pola Rectangle, Lasso dan juga Oval. Tapi selain itu Smart Select juga dapat mengambil gambar layar dengan objek bergerak seperti video, kemudian diubah menjadi gambar bergerak dengan format GIF.

SmartSelectGIF_2017-10-10-08-25-52

Live Message

Dengan Live Message, pengguna bisa membuat gambar bergerak GIF lewat tulisan tangan pengguna dan akan muncul dengan animasi mengikuti urutan goresan tangan pengguna. Contohnya bisa anda lihat pada gambar berikut ini.

LiveMessage_2017-10-10-08-09-16

Translate

Samsung melengkapi S-Pen dengan teknologi translator, dimana pengguna bisa menerjemahkan  secara langsung pada layar, yaitu dengan langsung memblok kata yang ingin diterjmahkan, maka kata terjemahkan akan langsung muncul dilayar. Penerjemahan dilakukan menggunakan Google Translate. Namun sayangnya, translator hanya bisa menerjemahkan per kata saja, tidak bisa dalam satu kalimat penuh.
translate-2 Translate

Selain menggunakan fitur Translate, pengguna juga bisa menggunakan fitur Bixby yang juga terintegerasi dengan S-Pen. Dengan Bixby, pengguna bisa menerjemahkan per kalimat bahkan paragraf. Tapi sayangnya saat kami coba, Bixby belum merespon dengan baik. Kami berasumsi intergerasi Bixby dan S-Pen masih butuh penyempurnaan.

Galaxy-Note-8

Sama seperti fitur Edge, pengguna juga bisa menambahkan shortcut aplikasi pada daftar fitur S-Pen Namun batas penambahan shortcut pada daftar S-Pen hanya mencapai 10 shortcut. Sementara fitur Edge di Galaxy Note 8 sendiri tidak memiliki perubahan yang signifikan jika dibandingkan dengan seri-seri flagship Samsung sebelumnya.

Virtual Asisstant Bixby 

Bixby adalah Virtual Asisstant garapan Samsung yang memiliki kemampuan tak hanya voice recognition dengan Bixby Voice, tapi juga teks dan foto dengan Bixby Vision. Inovasi yang dihadirkan Samsung cukup kompleks karena kecanggihan ini belum ada pada para rivalnya seperti siri maupun Google Assistant. Pada pengujian Bixby yang kami lakukan di perangkat Samsung Galaxy S8+ beberapa waktu lalu, Bixby Voice belum dapat diaktifkan.
Bixby-Vision-400x411

Namun untuk saat ini Bixby Voice telah diaktifkan, pun demikian Bixby belum sehebat Google Assistant dalam mengenali suara pengguna. Bahkan dalam bahasa Inggris, Bixby masih kesulitan mengenali dialek dari suara penggunanya. Sementara Bixby Vision kini semakin canggih dengan intergerasi dengan S-Pen, serta dapat digunakan untuk OCR dengan sangat akurat. Cukup mengarahkan kamera ke objek dengan tulisan, baik pada kertas atau pun layar, Bixby Vision mampun mengenali setiap karakter dengan baik.

Bixby-Vision

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
: , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | August 4, 2017 | Comments

Android O akan Resmi Dirilis Mulai Minggu Depan

News | August 8, 2017 | Comments

Varian Baru Nubia Z17 Muncul di TENAA

News | September 2, 2017 | Comments

Demo Kemampuan WiFi AC di Smartphone

News | September 26, 2017 | Comments

Xiaomi Redmi Series Siap Pakai Layar Rasio 18:9