in: Reviews | October 25, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Review Smartphone ASUS Zenfone 4 Selfie Pro

Kamera

Catatan: pengujian kamera oleh Dedy Irvan

Zenfone 4 Selfie Pro ini hadir dengan kamera selfie yang unik, dual-camera dengan kombinasi sensor “24 MP” DuoPixel dan 5 MP wide angle. Sementara kamera utamanya menggunakan sensor 16 MP Sony IMX351, dengan field-of-view 80°. Berikut ini adalah hasil foto dengan menggunakan kamera dari smartphone baru ASUS ini:

Kamera Utama

Kamera Selfie

Bila dikatakan bahwa kamera adalah salah satu daya tarik dari Zenfone 4 Selfie Pro, ya, hal itu bisa dikatakan benar. Kemampuan yang diusung kamera dari smartphone ini, baik kamera selfie maupun kamera utama, terbilang memadai dan tidak mengecewakan. Hanya saja, patut diingat, bahwa hal itu berlaku dalam kondisi tertentu.

IMG_20171024_115246
Kamera utama punya potensi yang sangat baik, di mana hasil zoom dari foto yang diambil pun masih menunjukkan detail yang termasuk baik.

 

Kamera utama di smartphone ini memiliki potensi yang sangat baik, yang bisa dibuktikan dengan baiknya detail yang bisa ditangkap oleh kamera di foto yang dihasilkan.

IMG_20171024_122558
Detail kamera selfie utama saat DuoPixel aktif (kiri) dan non-aktif (kanan)

 

Mengaktifkan fitur DuoPixel membuat kamera harus menunggu beberapa detik sebelum bisa digunakan kembali. Hasil fotonya memang besar (24MP), dan bisa bermanfaat kalau ingin melakukan perbesaran, cropping super-ketat, atau dicetak ukuran besar (sekali). Akan tetapi, Jika disandingkan dengan setting standarnya, hasil foto DuoPixel ini dirasakan tidak menyuguhkan detail ekstra. Bahkan ada beberapa kondisi yang menampilkan keanehan dalam hasil foto. Oh ya, foto dalam mode ini pun cenderung hasil lebih terang. Kadang terlalu terang.

Tanpa mode DuoPixel, kamera selfie pada Zenfone 4 Selfie Pro berubah menjadi salah satu kamera selfie terbaik yang pernah kami uji. Detailnya tinggi dan terlihat berkelas. Selfie flash pun jadi bisa digunakan (DuoPixel mematikan flash). Ya, tanpa DuoPixel, kamera selfie-nya menjadi sangat baik. Hasil pemotretan tidak menjadi terlalu terang. Hasil rekaman video pun terlihat bagus.

P_20171023_153445

ASUS juga menawarkan fitur Portait Mode, yang bisa menghasilkan efek bokeh di foto. Efek bokeh ini hanya aktif saat smartphone mendeteksi objek manusia di dekat kamera. Sayang sekali, efek blur yang dihasilkan terlalu kuat dan bentuk bokehnya cenderung seperti efek soft focus, bukan bokeh natural. Terlebih lagi, tidak ada opsi pengaturan kekuatan efek bokeh ini, baik sebelum foto diambil maupun setelah foto diambil.

P_20171023_164742_vHDR_On_HP

Sementara untuk kamera selfie wide angle, sensor yang digunakan di smartphone ini hanya memperbolehkan pengambilan foto hingga resolusi 5 MP saja. Hasil foto dengan selfie wide angle ini benar bisa mencakup area yang lebih luas. Namun, kualitas hasil fotonya memang tidak sehebat kamera utama dan hanya layak di ruangan terang.

beauty-mode

Menu SelfieMaster menjadi andalan Zenfone 4 Selfie Pro. Anda bisa mengaktifkan efek beauty dalam video, foto, bahkan hingga ke livestreaming. Ya, Anda bisa menghaluskan wajah yang tampil di livestream dengan Youtube, Facebook, dan app lainnya.

 

Jadi Kamera Zenfone 4 Selfie Pro Bagus atau Tidak?

OK, kami menyadari bahwa ada banyak pro-kontra dari sisi kami sendiri, mengenai kamera Zenfone 4 Selfie Pro. jadi mari kami buatkan plus-minus khusus untuk kameranya.

Kelemahan kamera Zenfone 4 Selfie Pro:

  • DuoPixel dirasakan kurang efektif. Mematikan flash, membuat pemotretan lebih lambat, dan kualitas pun kadang tidak sebaik tanpa menggunakannya. Lebih baik tidak digunakan, karena mode normal sudah sangat baik kualitasnya.
  • Kamera ultra-wide memiliki kualitas kurang baik. Hanya cocok untuk pemotretan di luar ruangan
  • Bokeh para portrait mode tidak bisa diatur dan terlalu kuat efeknya
  • Bentuk bokeh tidak natural dan menyerupai efek soft fokus
  • Tidak dilengkapi OIS
  • Kami merasa kehilangan fitu pengaturan parameter hasil foto

Keunggulan kamera Zenfone 4 Selfie Pro:

  • Kamera utamanya berkualitas tinggi. Bisa jadi salah satu yang tertinggi di kelasnya.
  • Kamera selfie dengan lensa wide/normal berkualitas tinggi. Salah satu yang terbaik, bahkan bisa bersaing dengan yang 20MP-24MP pada smartphone lain.
  • Kamera selfie ultrawide adalah bonus menarik yang bisa dimanfaatkan untuk foto dan video di kondisi terang.
  • Mode pemotretan lengkap, mode manual super-lengkap.
  • Video 4K untuk kamera utama dan selfie
  • EIS sangat membantu pembuatan video dengan kamera utama
  • Tersedia shortcut untuk menghidupkan kamera dengan cepat
  • Selfie Master cukup efektif untuk beragam kebutuhan selfie. Bahkan berfungsi untuk livestreaming (BeautyLive).
  • Flash untuk selfie cukup halus dan cenderung bisa menghasilkan foto natural

Kesimpulan: Kami sangat menyukai kualitas dan kemampuan kamera Zenfone 4 Selfie Pro ini. Kualitasnya tergolong yang terbaik. Anda hanya perlu mengabaikan fitur-fitur ekstra yang bisa menurunkan kualitas hasil fotonya.

 

 

Baterai

Baterai di smartphone Zenfone 4 Selfie Pro ini berkapasitas 3000 mAh, sebuah kapasitas yang bisa dikatakan “standar” untuk smartphone kelas menengah saat ini. Sebelumnya, ASUS juga pernah menawarkan smartphone dengan SoC sama, Snapdragon 625, dengan baterai 3000 mAh juga, yaitu Zenfone 3 ZE552KL. Smartphone itu bisa menawarkan daya tahan yang baik, dan seharusnya hal itu juga bisa diharapkan pengguna Zenfone 4 Selfie Pro ini. Benarkah?

 

 

Catatan: Pengujian dengan server browsing kami, nampaknya mengalami masalah. Hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan perkiraan dan harapan kami. Kami sedang meneliti lebih lanjut. Oleh sebab itu, kami menarik terlabih dahulu hasil pengujian browsing-nya. Segera akan kami update setelah hasil pengujian bisa diverifikasi.

 

Battery-Log-Discharging

Battery Test 01

Beralih ke tes berikutnya, video playback, di mana kami memutar video secara berulang-ulang dengan menggunakan MX Player, hingga smartphone mati karena kehabisan baterai. Tes ini justru menunjukkan bahwa Zenfone 4 Selfie Pro punya daya tahan baterai yang terbilang baik. Hasil tes video playback ini, mencapai 14 jam 36 menit, tergolong baik untuk sebuah smartphone dengan spesifikasi seperti ini. Bukan yang terbaik, tetapi sudah berada di jajaran atas untuk daya tahan baterai di kelasnya.

Battery-Log-Charging

Sementara untuk pengisian ulang daya baterai, dari keadaan kosong, kami membutuhkan waktu sekitar 1 menit 30 detik untuk mencapai titik 2%, di mana smartphone sudah bisa dihidupkan. Kemudian, pengisian ulang daya dari 2% ke 100% membutuhkan waktu sekitar 1 jam 54 menit. Secara keseluruhan, dari kondisi kosong hingga penuh, isi ulang baterai dari smartphone ini membutuhkan waktu 1 jam 55 menit dengan adapter dari paket penjualannya. Catatan waktu ini menunjukkan bahwa Zenfone 4 Selfie Pro ini menawarkan pengisian ulang baterai yang cukup cepat, tidak bisa dikatakan sangat cepat, tetapi sudah lebih cepat dibandingkan dengan pengisian ulang baterai 3000 mAh tanpa kapabilitas fast charging.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , , ,

COMMENTS