in: Tips & Guides | October 29, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Tips WhatsApp: Menghapus Pesan yang Tidak Sengaja Terkirim

Satu hal yang umum terjadi saat kita menggunakan instant messaging adalah mengirim pesan ke kontak yang salah karena sedang terburu-buru. Hal ini mungkin saja tidak akan jadi masalah apabila pesan yang dikirim bukan pesan yang sensitif. Terlebih lagi, dengan meminta maaf ke pemilik kontak yang bersangkutan, masalah seharusnya bisa diatasi. Namun, bagaimana bila pesan yang terkirim tersebut ternyata berisi informasi sensitif? Menghapusnya adalah cara penyelesaian yang terbaik! Kini, salah satu aplikasi instant messaging populer, WhatsApp, sudah mengimplementasikan fitur ini di aplikasi mereka.

Pesan WhatsApp salah kirim sekarang bisa dihapus!

 

Menghapus Pesan di WhatsApp

Sebelumnya, WhatsApp memang menyediakan opsi untuk menghapus suatu pesan. Namun, fitur itu hanya sekadar menghilangkan pesan dari layar chat kita saja. Pihak lain yang menerima pesan tersebut masih bisa melihatnya. Kini, fitur menghapus pesan tersebut diperluas fungsinya, sehingga kita bisa melakukan penghapusan pesan di mana pesan itu pun akan hilang dari layar chat pihak-pihak lain.

Lalu, bagaimana cara menggunakannya?

Pertama, pilih pesan yang akan dihapus. Memilih pesan bisa dilakukan dengan menekan pesan dan menahannya sekitar 1~2 detik.

Tekan dan tahan pesan yang ingin dihapus.

Kemudian, tekan tombol berbentuk keranjang sampah di bagian atas layar.

Tekan tombol ini.

Terakhir, pilih opsi “Delete for Everyone” untuk pesan yang ingin dihapus.

Pilih opsi ini.

Setelah hal tersebut dilakukan, maka pesan akan menghilang di layar chat kita maupun pihak lain yang menerima pesan tersebut, digantikan dengan notifikasi “This message was deleted”.

Cara ini tidak hanya berlaku untuk satu pesan saja, tetapi bisa untuk beberapa pesan sekaligus. Jadi, bila Anda salah mengirim beberapa pesan dan ingin menghapus beberapa pesan itu, Anda bisa memilih beberapa pesan sekaligus dan menghapusnya. Namun, tentu saja, fitur ini hanya berlaku untuk pesan yang dikirimkan Anda sendiri. Anda tidak bisa menghapus pesan yang dikirimkan oleh orang lain dengan menggunakan cara ini.

Catatan: Pada saat tulisan ini dibuat, masih belum semua akun WhatsApp bisa menikmati fungsi ini. Akan tetapi, seiring waktu, sema akun akan memperoleh fitur ini.

Berbagai tips WhatsApp yang lain bisa dilihat di sini: Kumpulan Tips untuk WhatsApp di Android

:

COMMENTS