in: Featured - News - Reviews | October 8, 2017 | by: Dedy Irvan

Xiaomi Mi A1 vs Moto G5S Plus

MiA1vsG5Splus

Akhir-akhir ini, pertanyaan yang cukup banyak dilontarkan kepada kami adalah “mana yang lebih baik? Xiaomi Mi A1 atau Moto G5S Plus?” Hal ini terjadi karena kedua smartphone tersebut dijual di harga yang nyaris sama. Setidaknya pada masa preorder awal. Xiaomi Mi A1 dijual dengan harga Rp 3.099.000, sementara harga preorder Moto G5S Plus adalah Rp 2.999.000. Uniknya, pihak Moto belum menyatakan bahwa harga G5S Plus akan dinaikkan. Jadi, untuk sementara waktu, kami tidak bisa memperhitungkan harga normal dari G5S Plus.

Sebenarnya ada beberapa smartphone lain yang berada dalam kisaran harga yang sama, akan tetapi kami tidak akan membandingkannya di sini karena terlihat perbedaan yang cukup signifikan di mana kedua smartphone inilah yang layak untuk dilirk saat tulisan ini dibuat.

Huawei Y7: SoC yang digunakan (Snapdragon 430) tidak bisa bersaing dengan kedua smartphone dengan Snapdragon 625 ini.

ASUS Zenfone 4 Max Pro: Sama dengan alasan di atas, smartphone ini menggunakan SoC yang berada di bawah kemampuan Mi A1 dan G5S Plus. Akan tetapi, jika hanya daya tahan baterai yang dilihat, Zenfone 4 Max Pro hadir lebih unggul.

ASUS Zenfone 3 ZE520KL: Harga resminya lebih tinggi, akan tetapi harga real di pasarannya cukup bersaing. Kameranya bisa dibilang unggul untuk urusan video. Akan tetapi, kapasitas baterai yang kecil membuatnya secara overall susah untuk bersaing dengan kedua smartphone ini.

LG Q6: SoC Snapdragon 435, RAM ‘hanya’ 3GB, membuat smartphone yang satu ini tidak bisa dianggap bersaing langsung dengan Mi A1 dan G5S Plus. Kecuali, jika Anda menyukai layar dengan spesifikasi modern 2:1.

 

Spesifikasi

Mari kita mengawali pembahasan ini dengan spesifikasi umum Xiaomi Mi A1 dan Moto G5S Plus. Kedua smartphone ini memiliki banyak kesamaan dari sisi spesifikasi. Jadi, kami akan membahas keunggulan spesifikasi masing-masing smartphone.

Kesamaan spesifikasi antara Xiaomi Mi A1 dan Moto G5S Plus:

SoC: Snapdragon 625
RAM: 4GB
Baterai: 3000 mAh (Mi A1 sebenarnya 3080 mAh, tapi itu adalah perbedaan yang sangat tidak signifikan)
Layar: 5.5”, 1920×1080, IPS
Slot SIM/MicroSD: Hybrid, 2 SIM atau 1 SIM + 1 MicroSD
Kamera utama: Keduanya menggunakan fitur Dual Camera dengan sensor 12/13MP. Perbedaannya akan kita bahas lebih mendalam.

 

xiaomi-mi-a1-stripe

Keunggulan spesifikasi Xiaomi Mi A1

Ukuran internal storage 64GB: Ini adalah keunggulan yang cukup signifikan dibandingkan G5S Plus yang memiliki 32GB saja.
Infrared: Fitur infrared yang khas Xiaomi, membuatnya bisa dijadikan pengganti remote control untuk TV, AC, dan sebagainya.
Sensor kompas: Hal ini tidak dimiliki oleh G5S Plus. Membuat pengguna Mi A1 dengan mudah bisa mengetahui kemana arah smartphone menghadap. Ini berguna saat membuka peta (Maps, Waze) dalam kondisi diam.
Amplifier terpisah: Ini membuat Mi A1 dapat digunakan dengan headphone ekstra besar.

 

motorola-moto-g5s-plus-stripe

Keunggulan spesifikasi Moto G5S Plus

Radio FM: Ya, G5S Plus masih menyediakan sarana hiburan gratis ini. Sebagai catatan, Mi A1 sebenarnya juga memiliki Radio FM, akan tetapi tidak dihidupkan dalam menunya dan belum ada cara untuk menghidupkannya untuk penggunaan sehari-hari.
NFC: Ya, ini adalah fitur yang kian dicari akhir-akhir ini. Kemampuan membaca kartu pembayaran seperti E-Money, E-Toll, dan kartu untuk Commuter line dan Busway, misalnya. Jika Anda menggunakan TCash, Anda bahkan tidak perlu memasang stiker bundar berwarna merah tersebut dan memakai fitur NFC saja. Selain itu, NFC pun berguna untuk transfer data dan pairing dengan kamera, speaker, dan perangkat ber-NFC lainnya.
Turbo Charger: Moto G5S Plus datang dengan charger yang bisa melakukan pengisian cepat.
Kamera selfie 8MP dengan flash: Ini adalah keunggulan tersendiri, di mana G5S Plus dapat memotret selfie dengan mudah dalam kondisi gelap total sekalipun. Sementara itu, resolusi yang lebih tinggi seharusnya dapat menjadi keunggulan tersendiri.
Kamera utama dengan EIS: Untuk pengambilan video, fitur EIS memastikan guncangan dan getaran bisa diredam. Singkat kata, penonton tidak menjadi “pusing” karena menonton video hasil rekamannya.

OK, itu semua adalah yang tampak dari spesifikasi di atas kertas. Mari kita coba lihat apa yang dimiliki kedua smartphone ini, bagaimana efeknya ke keseharian, dan bagaimana hasil pengujian-pengujiannya. Yuk, lanjut ke halaman berikutnya!

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
: , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | September 1, 2017 | Comments

TCL Siap Hidupkan Kembali Ponsel Palm

News | July 27, 2017 | Comments

Nucleus 7, Alat Bantu Dengar Yang Teritegerasi Smartphone

News | August 18, 2017 | Comments

ZenFone 4 Selfie Pro: Andalan ASUS di Indonesia

News | July 31, 2017 | Comments

China Hapus Aplikasi VPN dari iOS App Store Lokal