in: Featured - News - Reviews | October 8, 2017 | by: Dedy Irvan

Xiaomi Mi A1 vs Moto G5S Plus

Desain dan Ergonomi

Terlepas dari performa dan fitur, penampilan dan kenyamanan pakai sering menjadi alasan utama pembelian sebuah smartphone. Oleh sebab itu, mari kita menyimak aspek ini terlebih dahulu.

Penampilan

Kedua smartphone ini memiliki penampilan yang cukup menarik. Keduanya sama-sama menggunakan metal unibody yang membuatnya tampil lebih elegan. Akan tetapi, hal ini juga membuat keduanya mengalami masalah yang sama: Tanpa case, keduanya akan terasa licin di genggaman, terutama saat tangan Anda kering. Jadi, kami akan sangat menyarankan penggunaan casing untuk keduanya.

Mi-A1-hand

Di sisi belakang, kita akan melihat perbedaan yang signifikan. Mi A1 menggunakan desain posisi kamera mirip seperti iPhone 7+. Sementara, G5S Plus menggunakan desain mirip dengan Moto Z, smartphone premium mereka sendiri. Sebagian penguji merasa bahwa penampilan G5S Plus lebih menarik, karena memiliki ciri khas tersendiri.

G5S-plus-1

Untuk urusan pengendalian, Mi A1 terasa berbeda dengan smartphone Xiaomi lainnya. Hal ini terasa cukup kentara karena digunakannya OS Android dari Google sendiri, tanpa MIUI. Pengoperasian terasa sangat mulus dan lancar. Hal yang sama kami temukan pada Moto G5S Plus. Tentu saja, karena Moto pun sudah sejak lama menggunakan OS Android yang “bersih”.

 

Perbedaan dalam pengendalian terasa signifikan karena adanya menu khusus Moto yang mengizinkan kita memilih mengunakan on-screen button (tombol navigasi virtual di layar) atau One Button Nav yang akan menghilangkan tombol virtual tersebut. Dalam One Nav Button, kita bisa mengendalikan navigasi dengan gesture pada area finger print. Sementara itu, Xiaomi Mi A1 memilih untuk menggunakan tombol navigasi dengan capacitive button di luar layar. Hal ini membuat sebagian pengguna yang menyukai on-screen button merasa kurang pas. Meski demikian, tombol capacitive yang tersedia pada Mi A1 hadir dengan backlit yang membuatnya mudah dioperasikan di ruangan yang gelap sekalipun.

miA1
Mi A1, dilengkapi tombol capacitive dengan backlit/menyala di luar layar. Tidak ada opsi untuk on-screen button.

 

Tidak tersedianya filter untuk sinar biru dari layar pada Mi A1 dirasakan sedikit mengganggu. Di sisi lain, G5S Plus menyediakan fitur ini di dalam menu Moto yang tersedia. Fitur ini akan sangat berguna bagi mereka yang kerap memainkan smartphone sebelum tidur.

 

Posisi fingerprint kedua smartphone ini memang berbeda. Mi A1 menggunakan posisi di punggung sementara G5S Plus menggunakan posisi di bawah layar. Hal ini tentunya sangat bergantung preferensi pengguna. Jadi, kami tidak akan menilai mana yang lebih baik.

Screenshot_20171007-220958

Menu Moto yang menyuguhkan fitur gesture cukup lengkap, menjadi sebuah keunggulan tersendiri dalam penggunaan sehari-hari. Menghidupkan kamera dengan cepat, mengaktifkan kamera selfie, mengaktifkan lampu (untuk senter), dan beberapa gesture lainnya, membuat penggunaan G5S Plus menjadi lebih efektif dalam keseharian.

Kesimpulan Pengujian Desain dan Ergonomi
Moto G5S Plus unggul terhadap Xiaomi Mi A1 karena penampilan (terutama sisi punggung) yang tidak umum, opsi tombol navigasi yang lebih fleksibel, dan menu gesture yang cukup lengkap.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
: , ,

COMMENTS