in: Featured - News - Reviews | October 8, 2017 | by: Dedy Irvan

Xiaomi Mi A1 vs Moto G5S Plus

Audio

Ya, kami jarang membahas yang satu ini. Kami berjanji bahwa ke depannya akan makin sering membahas lebih dalam mengenai audio pada smartphone. Xiaomi Mi A1 dilengkapi dengan sirkuit audio amplifier khusus di dalamnya. Ini membuat Xiaomi bisa menjanjikan bahwa Mi A1 bisa digunakan dengan headphone hingga 600 Ohm!

Mi-A1-headphone

Dalam pengujian, memang benar bahwa Xiaomi Mi A1 mampu menyuguhkan loudness yang sangat tinggi untuk sebuah smartphone. Kami sangat jarang menggunakan level volume di atas ½. Sementara itu, pada Moto G5S Plus, kami tidak menemukan hal tersebut. Mi A1 memang spesial untuk urusan ini. Hal ini berlaku untuk penggunaan audio jack maupun dengan speaker terintegrasinya. Sering menggunakan speaker phone? Mi A1 akan jadi pilihan yang lebih lantang.

Sayangnya, Xiaomi Mi A1 tidak datang dengan headset (handsfree). Sementara itu, Moto G5S Plus masih dilengkapi dengan headset. Meski kualitasnya memang bukan kelas premium, kami sangat menghargai kelengkapan yang disuguhkan Moto ini.

Kesimpulan: Xiaomi Mi A1 unggul untuk sektor audio. Dari sisi kualitas suara, keduanya sebenarnya sama. Xiaomi menyuguhkannya dengan tingkat kelantangan yang tinggi sekali baik untuk headphone maupun speakerphone. Meski demikian, kami menyayangkan keputusan Xiaomi untuk tidak menyertakan headset, sebagaimana yang dilakukan oleh Moto untuk G5S Plus.

 

Performa dan Daya tahan Baterai

Kedua hal ini umumnya adalah poin penting. Akan tetapi, banyak yang menangkap bahwa kedua smartphone yang kami uji akan menyuguhkan hasil yang sama. Benarkah?
gaming

Performa

Untuk urusan performa, baik Mi A1 dan G5S Plus menyuguhkan skor benchmark yang nyaris identik. SoC Qualcomm Snapdragon 625 yang digunakan memang sama, seakan tanpa tuning ulang. Ukuran RAM yang sama-sama 4GB pun membuat keduanya berperforma sama. Selain itu, keduanya sama-sama menggunakan OS Android yang “bersih” dengan resolusi layar yang sama pula. Jadi, tak heran jika tidak ada perbedaan performa.

ANTUTU-xiaomi-moto
Antutu? Tidak ada beda skor antara kedua smartphone ini

 

GB-Single-xiaomi-moto
Geekbench 4 Single Core yang diperoleh keduanya sama baiknya

 

GB-Multi-xiaomi-moto
Skor Multi-Core pun sama. Sama baiknya.

 

Kesimpulan: Jika performa yang menjadi acuan, kedua smartphone ini menawarkan performa yang identik. Jadi, mari kita kesampingkan faktor performa dalam penilaian saat membandingkan kedua smartphone ini.

 

Daya Tahan Baterai

Xiaomi Mi A1 menggunakan baterai berkapasitas 3080 mAh, sementara Moto G5S Plus menggunakan baterai 3000 mAh. Nyaris tidak ada perbedaan di antara keduanya. Hasil tes menunjukkan bahwa Moto G5S Plus unggul tipis terhadap Xiaomi Mi A1 pada pengujian browsing. Sementara itu pada pengujian pemutaran video, Mi A1 unggul sedikit lebih lama.

Batt-Video-xiaomi-moto
Untuk urusan nonton video, Mi A1 unggul, sangat tipis

 

Batt-Web-xiaomi-moto
Jika digunakan untuk browsing, Moto G5S Plus yang unggul, tapi tipis sekali.

 

Charging-xiaomi-moto
Pada akhirnya ‘Tie-brekaer’ di antara kedua smartphone ini adalah lamanya pengisian baterai. Selisih waktu pengisian bisa mencapai sekitar 45 menit.

 

Di sisi lain, pengisian Baterai menunjukkan perbedaan yang cukup signifikan di antara keduanya. Moto G5S Plus menggunakan charger dengan fitur Turbo Charging. Dalam pengujian pengisian baterai, kami melihat bahwa Moto G5S Plus mengisi dengan setting 9V 1.6A (sekitar 14.4W) sementara Mi A1 menggunakan 5V 2.1A (sekitar 10.5W). Tak heran jika Moto G5S Plus dapat mengisi baterai lebih cepat dibandingkan Mi A1.

G5S-plus-Turbo

Kesimpulan: Untuk urusan baterai, Moto G5S Plus unggul dengan waktu pengisian yang lebih cepat. Sementara dari sisi daya tahan baterai, keduanya bisa dianggap berimbang.

Nah, kita sudah membahas cukup banyak. Mari kita gabungkan semua hasil yang diperoleh dan menarik kesimpulan akhir. Lanjut ke halaman terakhir ya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
: , ,

COMMENTS