in: News | November 17, 2017 | by: Friska

Nokia: Malware Paling Banyak Menyerang Sistem Android

Serangan virus atau malware kini semakin marak seiring dengan berkembangnya teknologi masa kini. Harus diakui bahwa, walau semakin banyak masyarakat pengguna teknologi yang kini makin awas dan berhati-hati dalam menggunakan perangkat mereka, masih ada sebagian lainnya yang turut terjangkit dan belum bisa menghindari bahaya tersebut.

Dalam laporan terbaru dari Nokia mengenai Threat Intelligence Report untuk tahun 2017, disebutkan bahwa platform yang paling sering mendapatkan serangan malware tersebut adalah Android milik Google.

Berdasarkan laporan tersebut, dibandingkan dengan berbagai jenis platform lainnya, Android adalah platform yang paling sering menjadi target utama untuk penyerangan malware dengan memiliki angka 68,5 persen untuk tahun 2017 ini. Cukup menariknya, sisanya adalah infeksi untuk sistem Windows/PC dengan 27,98 persen sementara sisanya di angka 3,54 persen merupakan platform iOS atau Apple beserta platform lainnya yang tidak disebutkan secara rinci.

Menurut Nokia, alasan mengapa Android menjadi platform yang paling sering mendapatkan serangan malware ini adalah karena adanya aplikasi pihak ketiga yang bisa diunduh di mana saja selain di Google Play Store. Pihak Google telah melakukan tindakan berupa menghapus beragam aplikasi yang dinyatakan berbahaya atau mengandung konten malware, tetapi masih banyak pengguna Android yang kerap mengunduh aplikasi dari situs tidak resmi atau melalui email, yang ternyata tidak aman untuk diunduh.

 

: , ,

COMMENTS