in: Featured - Highlights - Reviews | November 6, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Review Huawei Nova 2i: Jagoan Bokeh dengan 4 Kamera

Kamera

Catatan: pengujian kamera oleh Dedy Irvan

Nova 2i ini diperkenalkan Huawei sebagai sebuah smartphone dengan empat kamera, di mana kamera juga menjadi salah satu hal yang mereka unggulkan. Kamera utama smartphone ini dibekali dengan sensor 16 MP + 2 MP. Sedangkan kamera selfie menggunakan sensor 13 MP + 2 MP. Berikut ini adalah hasil foto dari kamera di smartphone ini:

Kamera Utama

Pertama kali kami mencoba kamera utama Nova 2i, ada sebuah sensasi yang muncul. Kamera Nova 2i ini karakternya mirip sekali dengan Huawei P9. Ya, Huawei P9 memang menggunakan bantuan dari Leica untuk mencapai kualitas dan tone pada fotonya. Sementara, Nova 2i tidak menggunakan nama Leica. Akan tetapi, karakternya tetap mirip.

Sama dengan P9 dan P10, Nova 2i pun memiliki fitur pengaturan bokeh. Pengaturan ini dilakukan seakan Anda sedang mengatur diafragma pada kamera. Padahal, sama dengan kamera smartphone lainnya, Nova 2i ini tidak memiliki diafragma mekanik yang bisa bisa diatur.

Mode “Pro photo” dan “Pro video” mengijinkan pengaturan parameter pemotretan dan pengaturan cahaya pada video secara manual. Mode fotografi tentunya lebih lengkap dan kami rasakan cukup untuk bersaing dengan smartphone kelas atas.

Satu hal yang kami suka pada hampir semua smartphone Huawei adalah kameranya memiliki kecepatan respon yang sigap sekali. Pemotretan terasa sangat nyaman. Sangat cocok untuk mereka yang ingin mengambil foto dengan cepat.

Kemampuan Dual Camera pada Nova 2i menyuguhkan keunggulan yang unik. Huawei mengizinkan penggunaan filter-filter unik untuk mengedit bagian latar belakang obyek. Ada setidaknya 5 efek filter yang bisa digunakan. Intensitasnya akan bergantung pada setting bokeh yang dilakukan.

Secara keseluruhan, kami tidak bisa menyatakan bahwa ini adalah kamera terbaik dalam hal detail gambar untuk kelasnya. Akan tetapi, kamera utama Huawei Nova 2i adalah kamera yang paling menyenangkan untuk dipakai dan menyuguhkan hasil foto dengan tone warna mengesankan di kelas harganya.

Kamera Selfie

Beranjak ke pengujian kamera selfie, kami menemukan bahwa kamera selfie pada Huawei Nova 2i ini bukanlah yang terbaik di kelas menengah. Akan tetapi, untuk penggunaan casual, kami sudah melihat ada beberapa kamera lain yang kualitasnya tidak sebaik ini. Singkatnya, Nova 2i akan menjadi acuan kami untuk kualitas foto selfie kelas menengah yang kami anggap baik dan pantas di tahun 2017. Ke depannya, jika ada smartphone yang menghasilkan kualitas gambar di bawah Nova 2i, kami akan anggap kurang baik.

Kamera selfie ini dilengkapi dengan soft flash yang cukup efektif. Mode bokeh pun bisa diperoleh di sini. Akan tetapi, Anda harus memastikan bahwa kondisi pencahayaan cukup terang. Jika tidak, Nova 2i tidak akan merekam data untuk menciptakan bokeh di bagian latar belakang.

Cukup menarik melihat bahwa mode pemotretan kamera selfie ini cukup banyak dan fungsional. Sementara itu, pengaturan parameter gambar pun bisa dilakukan, bahkan dalam mode selfie.

 

Kesimpulan untuk kamera

Kalau bicara soal bokeh, smartphone yang satu ini adalah yang terbaik. Mungkin karena sudah cukup lama berkutat dengan sistem bokeh menggunakan dua kamera. Untuk semartphone kelas menengah, fitur bokeh yang tersedia pada Huawei Nova 2i ini adalah yang salah satu yang terlengkap dan yang jelas, terbaik implementasinya.

 

secara keseluruhan, kamera pada Huawei Nova 2i ini bisa dibilang tidak berlebihan. Huawei tidak menjanjikan terlalu banyak hingga tidak bisa memenuhi janjinya. Akan tetapi, apa yang tersedia, semua berfungsi dengan sangat baik. Pengecualiannya mungkin adalah bokeh untuk selfie, karena membutuhkan pencahayaan yang terang. Tapi, secara keseluruhan, kami sangat menyukai apa yang disuguhkan Huawei pada Nova 2i. Perpaduan yang sangat baik antara fitur dan dan kualitas hasil foto yang dimilikinya, membuat kami sangat nyaman menggunakan kamera pada smartphone kelas mid-end ini.

 

Baterai

Huawei menawarkan baterai 3340 mAh di dalam smartphone ini, sedikit di atas 3000 mAh yang dipandang sebagai standar di sebuah smartphone era saat ini. Kapasitas ini memang belum bisa dikatakan besar, tapi bila ditangani dengan baik, seharusnya tetap bisa membuat smartphone punya daya tahan yang baik. Pertanyaannya, bagaimana dengan di Nova 2i ini?

Seperti biasa, kami melakukan pengujian baterai dengan menggunakan browsing test di server lokal yang memang secara khusus kami buat. Tes ini membuat smartphone membuka 4 situs secara bergantian, dengan waktu refresh setiap 15 detik. Pengujian dilakukan mulai dari baterai smartphone penuh hingga baterai habis.

Berdasarkan hasil pengujian ini, Nova 2i hanya bisa bertahan sekitar 9 jam 50 menit saja. Angka ini bisa dikatakan tidak terlalu tinggi untuk sebuah smartphone di kelas menengah, yang rata-rata sudah menawarkan daya tahan di tes ini hingga di atas 10 jam. Bisa jadi, optimasi yang masih kurang menjadi alasan mengapa daya tahannya tidak sebaik yang diharapkan.

Catatan: Kami masih akan meneliti lebih lanjut daya tahan baterai smartphone ini dan akan memberikan update selanjutnya. Sebab, pengujian ini dilakukan sebelum produk diluncurkan. Ada kemungkinan produk ini akan memperoleh update via OTA di saat peluncurannya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , ,

COMMENTS