in: Reviews | November 30, 2017 | by: Friska

Review Smartphone Android: Xiaomi Redmi Note 5A

Kamera

Dari segi kamera utamanya yang memiliki resolusi 13 MP, untuk sebuah perangkat yang memang dihargai tidak lebih dari 1,5 juta, bisa dibilang bahwa hasil kualitas foto yang diberikan tidak bisa dibilang jelek dan memiliki shutter speed yang lumayan ketika mengambil foto. Dalam beberapa kondisi pencahayaan tertentu, hasil foto bisa cukup cerah dan terlihat natural dengan tingkat warna yang tidak berlebihan. Walau harus diakui bahwa hasil foto mungkin akan terlihat kurang detil dan bahkan kurang tajam ketika kondisi pencahayaannya mulai kurang terang.

Untuk bisa sedikit menanggulangi hal tersebut, untuk bisa memaksimalkan hasil foto dalam kondisi pencahayaan tertentu, aplikasi kamera bawaan sudah memberikan beberapa jenis Scene Mode yang bisa dipilih oleh penggunanya, bergantung terhadap situasi lokasi atau objek dari fotonya. Untuk lebih memaksimalkan lagi, kamera utama juga memberikan mode Manual untuk mengatur sendiri White Balance atau ISO yang dibutuhkan. Sayangnya, mode Manual ini juga tidak turut menyertakan pengaturan Exposure.

Sementara untuk kamera selfie pada perangkat ini, dengan berbekal sensor 5 MP, mungkin akan terlihat biasa saja cenderung rata-rata. Xiaomi mengklaim bahwa software untuk Beautify pada kamera depan ini sudah dimaksimalkan untuk bisa mengambil foto selfie yang memiliki perbedaan dan bisa terlihat lebih natural tergantung dari profil masing-masing pengguna yang diukur dengan usia dan jenis kelamin. Ketika diaktifkan, perangkat mampu mendeteksi beberapa titik profil wajah dan menunjukkan usia serta jenis kelamin penggunanya, sehingga diharapkan foto selfie pun bisa sesuai dengan keinginan, tak sekedar hanya dicerahkan atau dihaluskan semata pada bagian wajahnya.

Baterai

Jika Anda mengikuti beberapa review gadget kami belakangan ini, pastinya mengetahui bahwa kami memiliki standar baru dalam melakukan pengetesan baterai. Benar sekali, alih-alih bergantung kepada aplikasi benchmark PCMark Work Battery Test, kini kami menggunakan tes browsing dan tes loop video. PCMark sendiri merupakan benchmark yang akan kami segera tinggalkan dalam waktu dekat dan tidak akan digunakan kembali untuk pengujian-pengujian berikutnya. Hal ini dikarenakan adanya beberapa jenis tipe smartphone yang kerap gagal ketika tengah menguji coba dengan PCMark.

Protokol pengujian baru kami: tes browsing, dilakukan dengan membangun setup server secara lokal untuk melakukan pengujian browsing pada beberapa smartphone yang digunakan sebagai perbandingan. Smartphone melakukan browsing dengan pergantian halaman setiap 10 detik nonstop. Sama seperti pengujian looping video, perangkat diatur dengan menggunakan Airplane mode, Wi-Fi aktif, serta kecerahan layar non-otomatis dengan slider di tengah. Dalam hasil tes kali ini, Xiaomi Redmi Note 5A dapat bertahan selama 9 jam 50 menit.

Untuk pengujian berikutnya, kami masih menggunakan pengujian berupa mengukur berapa lama smartphone bisa bertahan ketika memutar video kualitas 720p dalam kondisi berulang (looping) menggunakan aplikasi MXPlayer hingga baterai kosong. Hasilnya, Xiaomi Redmi Note 5A dapat bertahan hingga 10 jam 19 menit.

Baterai yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 5A bisa dibilang tak terlalu besar dibandingkan dengan seri sebelumnya, dengan sayangnya tidak dilengkapi dengan kemampuan Fast Charging atau sejenis untuk bisa mengisi ulang daya lebih cepat. Sehingga dari hasil mengukur lamanya pengisian ulang baterai, Xiaomi Redmi Note 5A membutuhkan 3 jam 35 menit untuk bisa terisi ulang penuh kembali.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: ,

COMMENTS