in: Reviews | November 12, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Review Smartphone ASUS Zenfone 4 Max: Dual-Camera Terjangkau

Kamera

Sebagai bagian dari keluarga Zenfone 4, di mana ASUS ingin semua anggota keluarga lini ini dibekali dengan fitur dual-camera, Zenfone 4 Max ini pun dibekali dual-camera untuk kamera utamanya. Mirip dengan apa yang ditawarkan ASUS di Zenfone 4 Max Pro. Namun, untuk smartphone ini, sensor yang digunakan menawarkan resolusi lebih rendah dari di Zenfone 4 Max Pro. Zenfone 4 Max ini saat ini menjadi smartphone dual camera termurah yang ditawarkan oleh ASUS.

Berikut ini adalah beberapa foto yang kami dapatkan dengan menggunakan kamera dari Zenfone 4 Max ini:

Kamera Utama

Kamera Selfie

Hasil foto dari kamera utama dari Zenfone 4 Max ini masih bisa dikategorikan baik, terutama untuk kelas harganya. Tidak istimewa memang, tetapi hasil yang didapatkan tetap bisa dikatakan memiliki detail yang baik, terutama di lingkungan dengan tingkat pencahayaan yang cukup. Secara umum, hal yang bisa diharapkan dari sebuah sensor standar 13 MP di sebuah kamera dengan harga di kisaran Rp 2 juta bisa didapatkan di smartphone dari ASUS yang satu ini. Sementara untuk kamera selfie, detail yang didapatkan tidak terlalu tinggi, tetapi masih cukup bila hanya sekadar digunakan untuk mengambil foto-foto santai. Satu hal yang agak mengganggu saat kami menggunakan kamera smartphone ini adalah, kami merasakan ada “lag” yang terjadi saat pengambilan foto, di mana tampaknya smartphone butuh waktu untuk melakukan pemrosesan foto, yang mungkin saja disebabkan karena DSP/ISP di SoC yang digunakan memang tidak terlalu kencang.

Satu hal yang cukup disayangkan, kamera Zenfone 4 Max ini memiliki tabiat yang sama dengan saudaranya di keluarga Zenfone 4 yang sudah kami coba terkait dengan efek bokeh. Saat Portait Mode diaktifkan untuk mendapatkan efek bokeh di foto, kami selalu mendapatkan hasil dengan efek bokeh yang terlalu kuat. Tidak ada mekanisme apapun yang bisa digunakan untuk mengatur kekuatan efek bokeh, sementara secara standar, efek bokeh yang terlalu kuat ini justru tidak terlihat sebagai efek out-of-focus natural, yang justru membuat foto terlihat aneh.

HDR Off
HDR On

Fitur HDR tersedia di kamera dari Zenfone 4 Max ini. Sayangnya, ketika kami mencobanya, tidak terlihat perbedaan yang signifikan antara saat mode HDR ini aktif dengan saat mode HDR tidak aktif. Bisa dikatakan, HDR di smartphone ini kurang efektif.

Hasil foto kamera utama tele
Hasil foto kamera utama wide

Sistem dual-camera tersedia di kamera utama Zenfone 4 Max, dengan konfigurasi tele-wide. Smartphone ini menawarkan sensor 5 MP untuk foto wide angle, di samping sensor 13 MP utama dari kamera utama. Untuk kamera wide di kamera utama, hasil yang didapatkan memang tidak sebaik kamera utama. Namun, kamera ini akan membantu bila pengguna butuh mengambil foto dengan sudut pandang lebih luas.

ASUS juga tetap membekali smartphone ini dengan fitur Selfie Master, di mana pengguna bisa mendapatkan efek beautification di foto atau video yang diambil dengan kamera selfie. Seperti fitur serupa yang hadir di Zenfone 4 lain yang telah kami coba, fitur ini juga menawarkan live beautification untuk live streaming. Fitur ini bisa digunakan di live streaming atau video call yang hadir di dalam beberapa aplikasi instant messaging dan media sosial populer.

Baterai

Sebagai sebuah “Zenfone Max”, smartphone ini tentunya dibekali dengan ASUS dengan baterai yang lebih besar dari kapasitas yang dipadang sebagai standar di eranya. Zenfone 4 Max ini hadir dengan baterai dengan rating kapasitas 4100 mAh. Tentu saja, kapasitas yang lebih besar dari “standar” tersebut diharapkan bisa membuat smartphone ini menawarkan daya tahan yang lebih baik dari rata-rata. Kami melakukan pengujian untuk melihat daya tahan yang ditawarkan oleh smartphone ini.

Pengujian pertama adalah web browsing. Seperti yang kami lakukan dengan beberapa smartphone yang hadir dalam beberapa minggu terakhir ini ke lab. pengujian kami, kami menghubungkan smartphone melalui WiFi ke server lokal yang kami siapkan. Smartphone akan terus menerus berpindah antar empat halaman web setiap 15 detik sekali. Hasilnya, Zenfone 4 Max ini bisa bertahan hingga 13 jam 30 menit dari baterai terisi penuh hingga habis. Angka tersebut termasuk di atas rata-rata, tetapi sudah seharusnya bisa dicapai oleh smartphone masa kini dengan baterai 4100 mAh.

Beralih ke pengujian berikutnya, tes dengan video 720p. Smartphone dari ASUS ini berhasil menunjukkan daya tahan yang terbilang baik. Zenfone 4 Max bisa secara terus menerus memutar video 720p yang kami gunakan hingga 15 jam 53 menit.

Sementara untuk pengisian ulang daya baterai, sayang sekali smartphone ini tidak mendukung fitur fast charging. Mengingat kapasitas baterai smartphone ini yang mencapai 4100 mAh, bisa jadi akan dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk pengisian ulang daya. Namun, berdasarkan pengujian yang kami lakukan, pengisian ulang daya baterai hingga penuh hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam 42 menit. Tidak bisa dikatakan singkat, tetapi tidak bisa disebut lama juga untuk smartphone dengan kapasitas baterai 4100 mAh.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS