in: Reviews | November 12, 2017 | by: Yufianto Gunawan

Review Smartphone ASUS Zenfone 4 Max: Dual-Camera Terjangkau

Kesimpulan

(+)

  • Bodi kokoh
  • Daya tahan baterai terbilang baik
  • Kemampuan reverse charging
  • Tray SIM non-hybrid, sehingga pengguna bisa menggunakan dua Nano SIM plus Micro SD
  • ZenUI 4.0 yang terasa lebih ringan dan responsif dari UI ASUS sebelumnya
  • Selfie Master yang mendukung beautification, bahkan di live streaming sekalipun

 

(+/-)

  • Performa yang ditawarkan terbilang sangat baik di antara smartphone dengan SoC quad core, tetapi di harga di kelasnya, beberapa smartphone octa core kencang sudah bisa dijumpai
  • Tersedia soft case dan kabel USB OTG di paket penjualan, tetapi tidak ada headset
  • Tombol navigasi tidak dibekali dengan backlight, tetapi desainnya sudah lebih baik dari di keluarga Zenfone 3
  • Masih menggunakan Micro USB, tapi untuk saat ini memang inilah konektor “paling umum” untuk smartphone
  • Tidak ada fast charging, tetapi pengisian ulang penuh daya baterai hanya membutuhkan waktu 2 jam 50 menit

 

(-)

  • Fitur Portait Mode untuk foto dengan efek bokeh yang terlalu kuat, seperti yang dijumpai juga di Zenfone 4 Selfie/Zenfone 4 Selfie Pro
  • Opsi pengaturan tambahan untuk kamera, seperti yang ada di Zenfone 3, tidak tersedia
  • Optimasi kamera dengan SoC yang kurang, sehingga masih terasa “lag” saat pengambilan foto
  • Opsi konektivitas kurang modern

 

Serupa dengan smartphone Zenfone 4 lain yang sudah kami coba, Zenfone 4 Max ini hadir dengan desain baru khas keluarga smartphone baru ASUS ini, serta bodi yang terbilang kokoh. Bodi smartphone ini bisa dikatakan agak tebal, tetapi hal itu dilakukan untuk mengakomodasi penggunaan baterai 4100 mAh. Hadirnya baterai berkapasitas cukup besar tersebut, berdasarkan pengujian kami, membuat smartphone ini bisa menawarkan daya tahan yang terbilang baik. Bahkan, fitur reverse charging pun tersedia, memungkinkan pengguna memanfaatkan sisa daya baterai di smartphone ini untuk mengisi ulang daya perangkat lain. Satu hal yang menarik, walaupun hadir tanpa fitur fast charging, smartphone ini bisa diisi ulang penuh dalam waktu yang tidak terlalu lama untuk baterai dengan rating 4100 mAh.

Zenfone 4 Max ini juga hadir dengan tray non-hybrid, sehigga memudahkan pengguna yang ingin mendapatkan kapasitas penyimpanan lebih besar serta membutuhkan konektivitas seluler dari dua SIM card. Belum ada dukungan untuk WiFi AC dan NFC di smartphone ini. Namun, hal itu cukup wajar karena dua hal itu masih sangat langka dijumpai di smartphone dengan harga di kelas Zenfone 4 Max ini.

Paket penjualan dari smartphone ini disertai dengan soft clear case yang bisa membantu melindungi perangkat. Terdapat juga kabel USB OTG yang bisa dimanfaatkan ketika pengguna membutuhkan fitur reverse charging dari smartphone ini. Sayangnya, karena tidak ada headset yang disertakan, kami tidak bisa mengkategorikan smartphone ini memiliki paket penjualan yang lengkap.

Smartphone ini masih hadir dengan menawarkan desain “klasik”, dengan layar 16:9 tanpa bezel tipis. Walaupun begitu, desainnya tetap bisa dikatakan baik. Smartphone ini juga masih menggunakan konektor Micro USB, tetapi memang konektor itulah yang paling umum digunakan untuk saat ini.

Kamera smartphone ini hadir dengan fitur yang kurang lebih sama dengan yang ditawarkan ASUS di smartphone Zenfone 4 lain, yang sayangnya juga berarti kelemahan di Portait Mode, dengan efek bokeh yang agak terlalu kuat, juga turut diusungnya. Namun, di sisi positif, fitur Selfie Master pun juga ditawarkan smartphone ini. Kualitas hasil foto dari kamera smartphone ini terbilang cukup baik, sesuai dengan yang bisa dijumpai di kelas harganya.

Performa tinggi memang bukan jadi andalan di smartphone ini, mengingat di rentang harga yang sama, ada beberapa smartphone dengan performa yang lebih tinggi yang bisa dijumpai. Namun, secara keseluruhan, performa yang diberikan tetap bisa dikatakan memadai untuk smartphone dengan SoC berprosesor quad core. Jadi, bila Anda tertarik dengan smartphone yang menawarkan daya tahan baterai yang terbilang baik, dengan fitur dual-camera, di harga yang relatif terjangkau, Zenfone 4 Max ini mungkin bisa jadi pilihan Anda.

 

Key Spec

Produk ASUS Zenfone 4 Max (ZC520KL)
Layar 5.2” HD (1280 x 720 piksel)
SoC/Processor Snapdragon 425
Quad Core CPU (4x Cortex A53 1.4 GHz)
GPU Adreno 308
Memory/Storage 3 GB/32 GB
Baterai 4100 mAh
Konektivitas Dual-SIM Nano & Micro SD, 2G/3G/4G, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Hotspot, Bluetooth 4.1
Kamera Kamera belakang: Dual 13 MP & 5 MP, LED Flash
Kamera selfie: 8 MP, LED Flash
Sistem Operasi Android 7.1 “Nougat” + ZenUI 4.0
Harga Rp 2.299.000
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS