in: News | November 9, 2017 | by: Dedy Irvan

Vivo V7: Lebih Murah dengan Spesifikasi Mirip V7+

Ya, setelah beberapa teaser, kami memperoleh konfirmasi bahwa Vivo akan meluncurkan seri V7 pada tanggal 16 November 2017! Dalam rangka uji coba awal, kami berkesempatan mencoba Vivo V7. Ini adalah pengalaman pertama kami bersama Vivo V7.

Desain

Tentunya, desain menjadi hal pertama yang kami perhatikan saat pertama kali memegang Vivo V7. Berikut adalah beberapa poin yang kami temukan saat jumpa pertama dengan V7:

Vivo V7 hadir dengan tubuh yang lebih mungil dibandingkan V7+, akan tetapi, kami tidak merasa bahwa ukurannya jauh lebih kecil.

 

Ukuran layar 5.7” 18:9 yang digunakan ini terasa seperti menggunakan smartphone 5.2” tapi dengan layar lebih “tinggi”. Screen to body ratio yang diklaim adalah 83.6%. Resolusi layar 1440 x 720 piksel membuat kerapatan layarnya menjadi lebih baik, sekitar 282 PPI.

 

Vivo V7 menggunakan desain punggung yang melengkung cembung.
Finger print terletak di sisi belakang.

 

Vivo menyediakan tray untuk 2 SIM card dan 1 MicroSD (triple tray).

Vivo V7: Bisa Tanpa Tombol Navigasi

Sedikit berbeda dengan V7+, pengguna Vivo V7 bisa memilih untuk tidak menggunakan tombol navigasi. Ya, smartphone ini memang tidak memiliki tombol capacitive di bodi. Akan tetapi, dengan menghidupkan fitur gesture pada navigasi, Anda juga bisa menghilangkan tombol navigasi on-screen. Jadi, menu dan fungsi navigasi bisa dioperasikan dengan gesture pada layar saja. Belum ada konfirmasi, apakah V7+ juga akan menerima update yang sama.

Spesifikasi

Hal unik yang kami temukan pada Vivo V7 adalah spesifikasinya yang tidak jauh berbeda dengan V7+. Berikut adalah spesifikasi Vivo V7:

SoC/Prosesor  Qualcomm Snapdragon 450
RAM 4 GB
Storage Internal 32 GB
Kamera Kamera utama: 16MP PDAF f/2.0
Kamera selfie: 24MP fixed focus f/2.0
Baterai 3000 mAh

 

 

Sekilas Perbedaan Antara V7 dan V7+

OK, sudah menemukan perbedaan antara kedua smartphone ini Vivo terkini? Mari kita bahas sedikit mengenai perbedaannya yang sangat nyata sekali (sisanya akan kami bahas setelah review selesai):

  1. Vivo V7 menggunakan layar lebih kecil (5.7” vs 6”).
  2. Otomatis, bodi V7 juga lebih mungil dibandingkan V7+.
  3. Vivo V7 memiliki kerapatan pixel lebih tinggi (282 PPI).
  4. Baterai Vivo V7 sedikit lebih kecil kapasitasnya (3000 mAh).
  5. Internal storage V7 lebih kecil, hanya 32GB (V7+ menggunakan 64GB). Karena adanya triple-tray, 32GB tidak dirasakan sebagai kelemahan yang signifikan.

 

Kesimpulan dan Spekulasi Sementara

Melihat harga para pesaingnya dan harga Vivo V7+, kami memperkirakan bahwa harga Vivo V7 akan berada di kisaran Rp 3.999.000 atau bahkan sedikit lebih rendah. Jika benar, itu berarti Vivo V7 bisa menjadi smartphone yang menarik. Karena perbedaan spesifikasinya terhadap V7+ sangat minor, ukuran bodi yang lebih mungil dan mudah digenggam, sekilas kami merasa bahwa V7 adalah tawaran yang lebih menarik.

Pihak Vivo menjelaskan bahwa akan ada beberapa fitur unik yang baru akan diumumkan pada saat peluncuran resminya. Jadi, saat ini kami belum bisa menguji keseluruhan fiturnya secara lengkap.

Catatan:

Mengenai performa, kami belum bisa menampilkan performa V7 secara langsung. Akan tetapi, dengan asumsi bahwa performanya tidak akan berbeda dibandingkan Vivo V7+, (Snapdragon 450, RAM 4GB, layar 1440×720 pixel), Anda bisa membaca hasil uji SoC Snapdragon 450 sebagai acuannya. Seharusnya, skor yang diperoleh akan mirip sekali dengan yang diperoleh Vivo V7.

: ,

COMMENTS