in: News | December 16, 2017 | by: Irham

Google Hentikan Project Tango, ARCore Jadi Gantinya

Google berencana menghentikan Project Tango di tahun 2018, yaitu tepatnya tanggal 1 Maret. Rencana Google untuk menghentikan Project Tango beserta dukungannya, dikarenakan hasil yang kurang maksimal dicapai dalam proyek tersebut. Project Tango masih dianggap sebagai fitur yang gagal menjadi tren pada perkembangan teknologi smartphone saat ini. Pengumuman resmi di sampaikan melalui akun twitter Projet Tango

Hal tersebut karena Project Tango membutuhkan sensor khusus yang ditanam pada smartphone, sementara Google dan competitor seperti Apple telah menemukan cara untuk menghadirkan fitur Augmented Reaity hanya menggunakan komponen standar pada board. Google telah memiliki  ARCore, yang nantinya akan menjadi pengganti Project Tango.

ARCore juga telah dimulai oleh Google pada perangkat Pixel 2 dan Pixel 2 XL. ARCore lebih mudah dikembangkan yaitu dengan menggunakan sticker Augmented Reality yang juga dikombinasikan dengan fitur kamera.  Beberapa yang pernah dirilis Google seperti sticker AR Stranger Things dan Star Wars.

Sementara penghentian Project Tango tentunya akan meninggalkan kekecewaan bagi vendor maupun konsumen yang telah membeli perangkat dengan teknologi AR. Sebut saja beberapa perangkat yang mengusung fitur Project Tango yaitu Lenovo Phab 2 Pro dan juga Zenfone AR. Apalagi smartphone-smartphone tersebut dibanderol dengan harga yang cukup tinggi.

: ,

COMMENTS