in: News | December 8, 2017 | by: Irham

Memori Smartphone Kepenuhan? Pakai Dua Aplikasi Baru Google Ini!

Upaya google untuk selalu menghadirkan inovasi yang dapat membantu masyarakat luas, terus berkembang. Komitmen Google untuk menghadirkan teknologi yang membantu semua kalangan, kembali dibuktikan dengan menghadirkan beberapa aplikasi terbarunya. Setelah beberapa waktu Google meluncurkan aplikasi datally untuk penghemat dan pemantau kuota, kini Google meluncurkan dua aplikasi baru yaitu Files Go dan Google Go.      

Aplikasi Files Go memiliki fungsi yaitu untuk memanage dan membersihkan memori penyimpanan pada smartphone pengguna. Di dalamnya terdapat empat fitur utama antara lain membersihkan storage, mengirim dan menerima file dengan hotspot serta penyimpanan cadangan berbasis cloud. Pengguna bisa membersihkan storage mereka dengan rekomendasi dari aplikasi Files Go, file-file apa saja yang tidak berguna pada perangkat dan juga files-files yang berukuran besar, memakan memori, dan jarang dibuka. Pengguna bisa menghapus file-file berdasarkan rekomendasi dari Files Go dengan lebih mudah.

Dengan menggunakan aplikasi Files Go, pengguna dapat melakukan transfer file dari ponsel mereka ke ponsel seseorang dalam jarak dekat dengan menggunakan Hotspot atau Wi-Fi. Proses transfer file ini terenkripsi, cepat (hingga 125 Mbps), dan sama sekali tidak menggunakan kuota ponsel Anda.

Jika pengguna tidak yakin untuk menghapus sebuah file, mereka dapat memilih dari menu ‘Files’ dan akan menyimpan file cadangan ke Google Drive atau aplikasi penyimpanan komputasi awan lainnya.

Aplikasi berikutnya adalah aplikasi Google Go. Aplikasi Google Go adalah versi ‘ringan’ dari aplikasi Google yang memiliki beberapa fungsi-fungsi serupa. Hanya saja aplikasi ini memakan kapasitas memori lebih kecil dengan UI yang juga lebih simpel. Aplikasi ini memang ditujukan sebagai pengganti aplikasi Google untuk smartphone-smartphone yang memiliki kapasitas RAM minim, seperti 512MB-1GB.

Google Go hanya memakan slot memori 5 MB. Berkat pengembangan inovasi Google untuk teknologi komperesi ponsel, sehingga pengguna bisa menghemat kuota hingga 40% saat menelusuri informasi dengan Google Go. Situs dimuat dengan lebih cepat, bahkan dari perangkat dengan RAM rendah di jaringan 2G. Jika Internet Anda terputus saat sedang menelusuri informasi di Google, secara otomatis aplikasi ini akan memberikan hasil penelusuran saat Anda kembali online.

Multi-bahasa dan personalisasi laman depan. Berbeda dengan tampilan Penelusuran Google yang mayoritas berwarna putih, pengguna bisa melakukan personalisasi akan laman depan Google Go, dari menambahkan ikon situs web favorit hingga memilih latar belakang aplikasi sesuai yang Anda inginkan.

: ,

COMMENTS