in: Reviews | December 7, 2017 | by: Irham

Review Nokia 6: Android Murni dan Tahan Banting!

Nokia akhirnya memboyong ketiga produk smartphone terbaru mereka ke tanah air. Yaitu Nokia 3, 5 dan 6. Ketiga perangkat ini sekaligus menjadi produk comeback mereka di tanah air  yang diharapkan bisa kembali mendulang sukses seperti yang dilakukannya di era feature phone dulu.

Kami berkesempatan untuk mengulas salah satu dari ketiga ponsel tersebut, yaitu Nokia 6. Perangkat ini dibanderol dengan harga 3 jutaan, yang tentunya bakal bersaing dengan smartphone lain di range harga tersebut seperti Moto G5S Plus, MiA1 dan juga ASUS Zenfone 4 Max Pro.

Datang paling akhir dibandingkan ketiga smartphone tersebut, tentunya menjadi pekerjaan rumah yang cukup berat bagi Nokia, apalagi ketiga smartphone tersebut cukup sukses dengan menawarkan sejumlah fitur “gacoan” yang bisa dipilih oleh masing-masing peminatnya. Lalu bagaimana dengan Nokia 6 sendiri? Berikut ulasannya.

Desain 

Dari segi desain, kami bisa mengatakan kalau desain nokia cukup memiliki ciri tersendiri yang membuatnya cukup berbeda dari kebanyakan smartphone saat ini. Yang jelas, jika anda rindu akan kejayaan ponsel Nokia dengan built Quality yang super bandel, maka perlu kami akui bahwa Nokia cukup mampu menghadirkannya kembali pada produk smartphone terbarunya kali ini.

Nokia 6 mengusung body dengan material metal aluminium secara keseluruhan, dengan bingkai yang juga berbahan metal dan terasa sangat kokoh dan padat. Perangkat ini terlihat memilki nuansa kotak yang cukup tegas disetiap sudut. Setiap sudut dipoles dengan chrome membuatnya terlihat elegan. Namun demikian, bentuk sudut yang terlalu kotak ini membuatnya agak sedikit kurang nyaman saat digenggam karena terasa kaku di buku-buku jari pengguna. Durabilitasnya pada panel depan juga semakin terjamin dengan pelindung layar Gorilla Glass 3 yang juga memiliki kontur 2,5D.

Fingerprint terletak di bagian depan , berada di posisi tombol home yang diapit dua tombol navigasi lainnya yaitu back di sebelah kiri dan recent app di sebelah kanan. Nokia menggunakan posisi tombol navigasi  sesuai dengan standar Android, meskipun terpasang di luar layar. Bagi sebagian orang yang telah terbiasa dengan posisi ini mungkin akan menguntungkan, sementara bagi sebagian lainnya yang terbiasa dengan tombol back di kanan akan sedikit repot. Saya sendiri merupakan pengguna yang terbiasa dengan tombol back di sebelah kanan, agak sedikt kerepotan dengan susunan seperti ini. Tapi tentu ini bukan masalah, hanya saja akan lebih baik jika pengguna bisa mempersonalisasikan posisi tombol back dan recent app sesuai keinginan mereka. Untuk fingerprint, entah mengapa penampang sensor terlihat sangat kecil namun untungnya tidak banyak mempengaruhi respon dari fingerprint itu sendiri.

Pada bagian belakang, sensor kamera berada di tengah dengan modul yang agak sedikit menonjol. Logo Nokia terpasang vertical di bawah sensor kamera, seperti telah menjadi ciri khas sendiri bagi Nokia mulai dari jaman Lumia dulu.  Terdapat strip antena berada di bagian atas dan bawah untuk celah signal selular.

Beralih ke tombol fisik, Nokia 6 memiliki tombol power dan tombol volume yang terletak di sisi sebelah kanan. Sedangkan slot SIMCard berada di sebelah kiri. Nokia 6 memiliki tray Dual SIMCard tipe hybrid dengan tipe micro, dimana SIM card 2 dapat digunakan bergantian dengan slot MicroSD.

Sementara pada sisi bagian bawah terdapat slot MicroUSB dan juga grill speaker. Cukup disayangkan Nokia 6 masih menggunakan slot MicroUSB, disaat banyaknya smartphone yang telah menggunakan USB Type C. Namun keuntungannya pengguna masih bisa menggunakan aksesoris lama mereka seperti kabel charger dan juga USB OTG.

Spesifikasi

Dari spesifikasi yang ditawarkan, Nokia 6 tidak dapat dikatakan istimewa. Antara lain menggunakan layar IPS 5,5 inci dengan resolusi Full HD, SoC Snapdragon 430 (Octa-Core A53 1.4 GHz + GPU Adreno 505). Varian yang kami review adalah dengan RAM 3 GB serta internal storage 32 GB.

Untuk fitur kamera, Nokia 6 memiliki kamera utama dengan sensor 16 MP, bukaan f/2.0, dan ukuran piksel sensor 1.0 µm dan dilengkapi dengan dual tone flash serta Phase Detection auto fokus. Sementara kamera depannya dibekali dengan sensor 8 MP bukaan f/2.0 serta ukuran sensor 1.2 µm. Tidak ada fitur flash pada kamera depan. Perekaman video dapat mendukung hingga resolusi Full HD 1080p baik kamera depan maupun kamera belakang.

Untuk kelengkapan sensor, Nokia 6 terbilang lengkap. Yaitu antara lain Accelerometer, compass, proximity, ambience light, pedometer, dan juga gyroscope. Tentunya juga sensor fingerprint di bagian depan sebagai fungsi keamanan dan otorisasi pengguna. Karena perangkat ini juga telah dilengkapi dengan fitur android pay, meskipun sebenarnya di Indonesia sendiri belum tersedia.

Dari segi konektivitas, untungnya Nokia 6 cukup memadai. Selain telah mendukung jaringan 4G LTE pada kedua slot, perangkat ini juga sudah mendukung konektivitas Wi-Fi 5 GHz. Tak cuma itu, Nokia 6 juga telah dilengkapi dengan fitur NFC yang menjadi fitur wajib di smartphone kelas menengah keatas. Tambahan FM Radio, memberikan fitur multimedia tambahan bagi pengguna.

Pada manajemen daya, Nokia 6 memiliki baterai dengan kapasitas 3000mAh. Namun untuk pengisiannya, hanya dibekali dengan adaptor dengan output 5V 2A. Perangkat ini juga belum mendukung fitur Quick Charge.

Tentunya Nokia 6 mengadopsi sistem operasi Android Pure dengan versi Nougat 7.1. Nokia memang mengandalakan Android versi murni ini sebagai salah satu keunggulannya. Nokia menjanjikan update Android lebih cepat dan juga sistem keamanan lebih terjamin karena patch security akan lebih rutin tersedia.

Sementara itu paket penjualan dari Nokia 6 terbilang cukup lengkap. Diantaranya terdapat buku panduan kartu garansi, kabel USB, adaptor charger, serta headset. Nokia 6 juga dibundling dengan kartu perdana 4G dari Indosat Ooredoo.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | October 25, 2017 | Comments

ASUS Bawa Jagoan Selfie Baru ke Indonesia

News | October 4, 2017 | Comments

Oppo Juga Bakal Luncurkan Smartphone Layar Bezelless 18:9

News | November 10, 2017 | Comments

Tablet Lenovo TB-X804 Muncul di GFXBench

News | November 13, 2017 | Comments

Samsung Siap Luncurkan Galaxy J3 (2018)?