in: Reviews | December 7, 2017 | by: Irham

Review Nokia 6: Android Murni dan Tahan Banting!

Uji Performa

AnTuTu 6

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah perangkat Android. Beberapa hal yang diuji di AnTuTu antara lain User Experience (UX), CPU, RAM, GPU, dan I/O. Kami menyajikan skor dari AnTuTu 6.0.1.

Geekbench

GeekBench merupakan benchmark cross platform yang mengukur kinerja prosesor sebuah perangkat smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi ini menggunakan berbagai algoritma komputasi yang banyak digunakan di skenario real world sehingga mampu menganalisa performa sebuah prosesor saat menggunakan single core atau multi core.

Geekbench 4

Penerus dari Geekbench 3 ini juga menawarkan benchmark serupa dengan pendahulunya tersebut, tetapi dengan set workload yang berbeda, yang lebih berat. Benchmark ini juga dapat digunakan untuk menguji performa smartphone, tablet, dan PC, serta menyajikan hasil pengujian untuk performa single core maupun multi core. Hasil pengujian Geekbench 4 ini tidak bisa dibandingkan dengan Geekbench 3. Semakin tinggi hasil yang diperoleh, performa yang ditawarkan semakin baik.

3DMark

Benchmark ini ditujukan untuk menguji performa dari sistem pada sebuah smarpthone Android dalam menangani pemrosesan grafis. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik smartphone tersebut menjalankan proses grafis. Tes yang dijalankan adalah Ice Storn Unlimited.

  

PCMark

Aplikasi benchmark ini mengukur performa smartphone maupun tablet Android, lewat pengujian yang berbasis aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh user, bukan algoritma yang bersifat abstrak. Skor yang dihasilkan diklaim mampu mencerminkan performa sesungguhnya dari perangkat tersebut.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan untuk Nokia 6, perangkat ini memiliki performa yang terbilang standar jika dibandingkan perangkat lain di harga sekelas. Tentu saja karena perangkat ini masih menggunakan SoC Snapdragon 430, yang bisa dibilang cukup lawas untuk dipilih untuk smartphone tahun 2017. Namun jika dibandingkan dengan smartphone lain yang menggunakan SoC sekelas, Nokia 6 tentunya memiliki performa yang juga terbilang optimal.

Nokia 6 juga masih cukup memadai untuk kebutuhan sehari-hari dan multitasking normal, serta bermain game dengan grafis standar. Yang menarik, kualitas speaker dari Nokia 6 terdengar cukup megah dan bagus. Saat digunakan untuk memutar audio ataupun film, perangkat ini terasa memuaskan.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | December 8, 2017 | Comments

Moto Style Mods Edisi Star Wars Meluncur di Tiongkok

News | October 27, 2017 | Comments

Sambut Ulang Tahun Ke-45, Moto Z 2018 Diumumkan

News | November 6, 2017 | Comments

Huawei Nova 2i Resmi Hadir di Indonesia

Featured - News - Reviews | October 8, 2017 | Comments

Xiaomi Mi A1 vs Moto G5S Plus