in: News | January 26, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Imagination Rilis GPU PowerVR Terbaru: Series8XT GT8540

Imagination Technologies, kreator GPU PowerVR, baru saja mengumumkan varian tertinggi terbaru dari GPU besutan mereka. GPU baru tersebut disebut sebagai Series8XT GT8540 dan diposisikan untuk mengisi kelas premium. Nantinya, GPU ini diharapkan akan hadir di SoC yang digunakan untuk smartphone kelas premium maupun untuk basis sistem hiburan di dalam mobil.

Tawarkan Virtualisasi Basis Hardware untuk GPU

Mengusung desain four-cluster, Series8XT GT8540 ini disebut akan menawarkan performa tinggi, yang cocok untuk sistem hiburan multi-screen, seperti untuk sistem hiburan di mobil. Menariknya, tawaran tersebut didukung juga oleh kemampuan virtualisasi basis hardware untuk GPU, sehingga setiap layar bisa dikontrol oleh entitas yang berbeda, di dalam container terpisah, sehingga tidak saling mengganggu. Setiap entitas akan mendapatkan bagian dari GPU ini, dengan opsi prioritas untuk pemrosesan grafis atau compute, sesuai dengan beban kerja yang dibutuhkan.

Untuk AR/VR di Smartphone Premium

Selain untuk penggunaan di mobil, GPU ini juga disebut cocok digunakan di dalam SoC smartphone premium dengan fokus ke performa untuk AR/VR. Hal ini mengindikasikan tingkat performa yang tinggi yang akan bisa ditawarkan oleh Series8XT GT8540 ini. Namun, Imagination Technologies juga menyebutkan bahwa GPU baru mereka ini tetap mengusung efisiensi daya yang baik, sehingga tidak membuat smartphone boros baterai.

Siap Hadir di SoC Premium Baru

Saat ini, GPU Series8XT GT8540 dengan basis arsitektur Furian ini disebut Imagination Technologies sudah siap untuk dilisensikan ke pihak-pihak yang berminat. Imagination Technologies tentu saja ingin produsen SoC masa kini, serta produsen chip untuk pusat informasi/hiburan di mobil, mengadopsi GPU baru mereka ini. Sayangnya, belum ada kabar pihak mana saja yang sudah berminat menggunakannya.

: ,

COMMENTS