in: News | January 31, 2018 | by: Friska

Jagat Gadget Awards 2017: Best Smartphone Rp. 2-3 Juta

Sepanjang tahun 2017 kemarin, kami dari Jagat Gadget telah menguji coba beragam jenis smartphone yang diluncurkan secara resmi di Indonesia. Dari beragam jenis smartphone tersebut, tentunya ada beberapa di antaranya yang secara cepat bisa menjadi smartphone-smartphone andalan yang kami anggap menarik dan bisa dipertimbangkan. Seperti biasa, setiap tahun kami akan memberikan penghargaan kepada beberapa smartphone yang rlis tahun 2017, dan masih layak serta relevan dipakai untuk tahun 2018 ini, melalui artikel Best Smartphone 2017 untuk 2018 ini.

Untuk di rentang harga Rp 2 – 3 juta, harus diakui bahwa kami memiliki sedikit kesulitan untuk bisa memilih smartphone mana saja yang layak mendapatkan penghargaan ini. Pasalnya, di tahun 2017, pasar smartphone di Indonesia dibombardir dengan beragam smartphone lebih terjangkau terutama untuk rentang harga smartphone kelas menengah, seperti salah satunya 2-3 juta ini. Hampir seluruh brand smartphone populer di Indonesia berlomba-lomba untuk bisa menarik perhatian para konsumen yang memiliki budget di rentang harga tersebut.

Dengan mempertimbangkan spesifikasi, fitur utama serta harga dan ketersediaannya di Indonesia, maka untuk rentang harga Rp 2-3 juta, kami memilih smartphone-smartphone berikut untuk jadi pemenangnya:

Gold Award – Xiaomi Redmi Note 4

Setelah akhirnya berhasil memenuhi TKDN, Xiaomi akhirnya merilis beberapa smartphone secara resmi di Indonesia. Salah satunya, Xiaomi Redmi Note 4, merupakan smartphone resmi Xiaomi yang tak hanya terjangkau tetapi juga memiliki performa yang cukup tinggi.

Dengan mengusung SoC Snapdragon 625 dan kapasitas baterai besar 4000mAh, maka dapat dijamin bahwa daya tahan serta manajemen baterainya akan sangat maksimal, terutama bagi mereka yang sering menggunakan smartphone untuk beragam jenis aktivitas sehari-hari. Kualitas kamera memang bukan yang menjadi jagoan utama untuk Xiaomi Redmi Note 4 ini, tetapi para pengguna tidak perlu khawatir akan desain, durabilitas, serta performanya secara keseluruhan.

Berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi Note 4 ini membuat kami sulit rasanya untuk tidak memberikan penghargaan Gold untuk smartphone harga Rp 2-3 juta ini.

Kelebihan:

+ SoC Snapdragon 625 dengan baterai besar untuk daya tahan pemakaian lama
+ Kamera cukup oke dengan durabilitas yang baik
+ Fitur lengkap termasuk Infrared dan Fingerprint
+ Opsi varian RAM 4GB/64GB paling terjangkau

Silver Award – Lenovo P2 

Jika berbicara tentang Lenovo P series, satu hal yang menjadi kunci dari lini produk smartphone ini adalah kekuatan daya tahan baterainya yang bertenaga. Ya, masih mengikuti dari seri-seri sebelumnya, Lenovo P2 ini kerap mengusung daya tahan baterai besar untuk bisa digunakan seharian tanpa harus khawatir dengan kebutuhan power bank atau mengisi ulang daya lagi. Menariknya, Lenovo P2 Turbo ini juga menyediakan fitur “Reverse Charging”, di mana alih-alih mengisi ulang daya, smartphone ini bisa digunakan sebagai ganti power bank untuk smartphone lain!

Lenovo P2 ini sendiri memiliki layar AMOLED yang bisa dibilang merupakan salah satu smartphone di rentang harga terjangkau ini yang memiliki resolusi layar terbaik di antara yang lain. Fiturnya juga cukup lengkap dengan telah mendukung NFC dan WiFi 5 GHz. Dengan harga jual paling murah secara online bisa ditemukan di rentang harga di bawah Rp 3 juta, Lenovo P2 tentunya bisa menjadi opsi yang sangat menarik bagi mereka yang menginginkan baterai super besar dengan daya tahan monster. Hal ini juga yang membuat kami memilih Lenovo P2 menjadi pemenang Silver untuk penghargaan kali ini.

Kelebihan:

+ Daya tahan baterai yang luar biasa
+ Mode “Ultimate Power Saver”
+ 4G LTE, NFC, dan WiFi 5 GHz
+ Layar AMOLED dengan kualitas tampilan yang baik
+ Fitur “Reverse Charging”

Honorable Mention – Xiaomi MiA1

Selain dua smartphone yang kami sebut di atas, masih ada satu smartphone Xiaomi lain yang nampaknya pantas untuk dipertimbangkan juga, yakni Xiaomi Mi A1.

Selain mengusung SoC Snapdragon 625 yang sudah tak perlu diragukan kembali manajemen daya tahan baterainya, Mi A1 ini hadir dengan kapasitas baterai cukup besar, kamera ganda optical zoom 2x, dan Android One. Dengan adanya Android One ini, maka bisa dipastikan bahwa smartphone ini akan lebih cepat mendapatkan update firmware serta bebas dari bloatware yang kerap kali ditemukan di beberapa jenis smartphone lainnya. RAM dan kapasitas storage yang cukup besar di 4GB dan 64GB pun membuat Mi A1 menjadi lebih menarik lagi.

Dengan beragam kelebihan dan fitur yang dimiliki Xiaomi Mi A1, tentunya smartphone yang satu ini tidak akan luput dari perhatian mereka yang menginginkan smartphone berfitur lengkap yang tahan lama di harga kurang dari Rp 3 jutaan. Oleh sebab itu, kami kira smartphone ini pantas untuk diberikan Honorable Mention di penghargaan tahun 2017 ini.

Kelebihan

+ OS Android Stock (Android One), yang selalu menerima update cepat
+ Dual Kamera (Normal-Tele)
+ Memory & Storage Besar
+ Sensor lengkap
+ USB Type C
+ Daya tahan baterai lama

: , ,

COMMENTS