in: News | January 31, 2018 | by: Irham

Jagat Gadget Awards 2017: Best Smartphone Rp 3-4 Juta

Smartphone di harga 3 juta sampai 4 juta rupiah, bisa dibilang menjadi range harga yang paling banyak dicari oleh pengguna smartphone di tanah air di tahun 2017. Beberapa vendor smartphone menjadikan harga 3 jutaan sebagai target pasar mereka, karena besarnya demand di pasaran. Tak heran jika dalam forum-forum pembahasan gadget, pertanyaan yang sering muncul adalah pilihan smartphone terbaik dengan budget 3 jutaan. Karena smartphone di harga tersebut, untuk saat ini juga telah menawarkan fitur-fitur yang cukup premium.

Smartphone-smartphone yang ditawarkan diharga 3-4 juta, sudah memiliki kemampuan kamera yang terbilang sangat baik. tren dual kamera yang mulai booming di tahun 2017, relatif tersedia secara “optimal” diharga ini. Selain itu, ada pula tren baru layar FullScreen dengan rasio 18:9 yang juga kebanyakan telah diakomodir di rentang harga ini.

Lalu apa saja smartphone terbaik di rentang harga Rp. 3-4 juta tahun 2017, berikut kami rangkumkan untuk anda.

Gold Award – Moto G5S Plus

Untuk jawara di harga 3-4 juta kali ini kami sematkan pada smartphone besutan Motorola yaitu Moto G5S Plus. Produk ini pertama kali dipasarkan dengan harga promo Rp. 2.999.000 kemudian setelah promo berakhir, Moto G5S Plus dibanderol dengan harga Rp. 3.333.000. Smartphone ini kami pilih sebagai jawara karena memiliki segudang keunggulan.

Keunggulan yang ditawarkan mulai dari kamera dual sensor 13MP + 13 MP yang memiliki kemampuan yang cukup mumpuni untuk fotografi. Perekaman video juga telah didukung dengan EIS (Electronic Image Stabilizer), dengan kemampuan rekam maksimal 4K. Sementara kamera depan memiliki sensor 8MP.

Dapur pacu yang digunakan juga sangat mumpuni, yaitu Snapdragon 625 dengan RAM 4GB serta internal storage sebesar 32 GB.  Moto G5S Plus dibekali dengan baterai berkapasitas 3000mAh dan berjalan dengan sisiem operasi Android Nougat 7.0 Pure Stock

Fitur lain seperti fast charging, NFC, Wifi 5GHz juga telah tersedia di perangkat yang satu ini. Secara desain, Moto G5S Plus juga tak kalah hebat, mengusung desain metal unibody yangtampak  beda dari yang lain serta memiliki kemampuan splash proof.   Moto G5S Plus juga punya paket penjualan yang lengkap

Kelebihan:

+ OS Android Stock + Dual Kamera 13 MP

+ Desain orisinil

+ Spalsh resistant

+ SoC mumpuni

+ Manajemen daya baik

+ Tersedia fitur NFC

+ Harga bersaing

Silver Award – Huawei Nova 2i

Posisi kedua dipegang kami berikan kepada Huawei Nova 2i. Smartphone ini dibanderol  harga maksimal di range awards yang sedang kami bahas ini, yaitu seharga Rp. 3.999.000. Meskipun harganya lebih tinggi dari jawara pertama kita di best 3-4 juta, namun Huawei Nova 2i bisa dibilang memiliki performa dan fitur yang sepadan untuk harga yang ditawarkan.

Smartphone ini mengusung layar dengan ukuran 5,9 inci dengan resolusi FullHD+, rasio 18:9 yang telah menjadi tren smartphone terkini. Nova 2i memiliki dibekali dengan SoC Kirin 659 yang kemampuannya cukup berada di atas rata-rata SoC kelas menengah, terutama untuk performa CPU.

Smartphone ini dibekali dengan empat kamera, dua kamera depan 13 MP dan dua kamera belakang 16MP + 2MP. Nova 2i kami beri julukan sebagai jagoan bokeh, karena kemampuan efek bokeh yang paling rapih yang kami temui.  Selain itu mode kamera juga sangat lengkap, untuk segala kebutuhan fotografi menjadi sangat praktis.

Fitur penunjang lain, Nova 2i memiliki fitur Wi-Fi bridge atau Wifi sharing untuk membagikan koneksi Wi-Fi  ke perangkat lain. Meski sayangnya Nova 2i belum memiliki fitur fast charging dan juga NFC. Paket penjualan Nova 2i cukup lengkap mulai dari adapter charger, kabel USB, headset, hingga hardcase transparent

Kelebihan:

+ SoC powerful untuk kelas menengah

+ Desain modern dengan layar 2:1 (18:9) dengan resolusi tinggi

+ Dual Kamera depan belakang, dengan bokeh terbaik dikelas menengah dan beragam mode pengambilan gambar

+ WiFi bridge (membagikan koneksi WiFi ke perangkat lain via WiFi juga)

+ Paket penjualan lengkap

 

Honorable Mention – Luna G8

Smartphone besutan brand lokal yang diluncurkan akhir tahun 2017 ini bisa dikatakan memiliki spesifikasi dan harga yang cukup menarik. Untuk itu kami memasukan Luna G8 sebagai smartphone yang layak untuk dipertimbangkan.

Adapun spesifikasi yang ditawarkan oleh Luna G8 antara lain layar 6 inch 18:9  dengan resolusi  HD+.  Smartphone ini dipersenjatai dengan SoC MediaTek (MT6757CD) Helio P25 dengan RAM 4GB dan kapasitas storage 64GB.

Perangkat ini mengunggulkan 4 buah kamera, yang terdiri dari 2 kamera depan dan 2 kamera belakang. Untuk teknologinya sendiri, Luna G8 menggunakan sensor Sony IMX376 dimana kamera depan memiliki sensor dengan resolusi 20 MP + 8 MP wide angle 120 derajat. Sementara kamera belakang menggunakan sensor kamera beresolusi 13 MP + 5 MP, dan juga telah dibekali  teknologi EIS.

Luna G8 berjalan dengan Luna OS yang berbasiskan Android 7.0, dan kapasitas baterai besar 4010mAh dan telah memiliki teknologi fast charging. Luna G8 dibanderol dengan harga Rp. 3.799.000. Sayangnya kami belum berkesempatan langsung mereview produk yang satu ini, sehingga keunggulan baru bisa terlihat dari spesifikasi yang ditawarkan.

Kelebihan

+ SoC powerfull

+ Dual kamera, depan dan belakang dengan sensor Sony IMX376

+ EIS untuk pengambilan video

+ Layar 6 inci inci dengan rasio 18:9

+ Baterai besar & fast Charging

+ Kapasitas memori besar

Honorable Mention – Vivo V7 

Kami memasukan Vivo V7 untuk honorable mention kedua, smartphone selfie terbaik di kelasnya. Kamera selfie 24 MP memiliki kualitas yang sangat maksimal untuk kebutuhan selfie. Kamera utamanya sendiri yang dibekali dengan sensor 16MP F/2.0, cukup baik namun tidak begitu maksimal.

Untuk performa, Snapdragon 450 mungkin tentunya masih memiliki kemampuan dibawah Snapdragon 625 namun tidak terlalu jauh. Sehingga kinerja untuk kebutuhan pengguna sehari-hari, akan memiliki perbedaan yang tidak terlalu signifikan. Sementara VIVO V7 justru menawarkan kelebihan lain lewat layar dengan resolusi FullHD+ dengan ukuran 6 inci dan rasio 18:9.

Fitur unggulan lain seperti face unlocked, dual SIM dedicated + microSD. Paket penjualan Vivo V7 cukup lengkap, mulai dari adapter charger, kabel USB, headset, hingga hardcase transparent. Vivo V7 dibanderol dengan harga Rp.3.999.000. s

Kelebihan:

+ Layar 5,9 inci HD+ dengan rasio 18:9

+ Triple tray untuk dua SIM card + microSD card

+ Kamera selfie  terbaik di kelasnya

+ Paket penjualan lengkap

 

: , , , ,

COMMENTS