in: Reviews | January 23, 2018 | by: Irham

Review Oppo F5

Uji Performa

AnTuTu

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah perangkat Android. Beberapa hal yang diuji di AnTuTu antara lain User Experience (UX), CPU, RAM, GPU, dan I/O. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik.

3D Mark Ice Storm Unlimited

Benchmark ini ditujukan untuk menguji performa dari sistem pada sebuah smarpthone Android dalam menangani pemrosesan grafis. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik smartphone tersebut menjalankan proses grafis.

PCMark Work

Aplikasi benchmark ini mengukur performa dan umur baterai pada smartphone maupun tablet Android, lewat pengujian yang berbasis aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh user, bukan algoritma yang bersifat abstrak. Skor yang dihasilkan diklaim mampu mencerminkan performa sesungguhnya dari perangkat tersebut.

Pada pengujian performa, hasil yang ditunjukan oleh Oppo F5 terbilang cukup baik, meskipun bukan yang terbaik  untuk harga 4 juta rupiah ini. SoC yang digunakan oleh Oppo yaitu Mediatek P23 menampilkan perfoma keseluruhan yang lumayan tinggi.

Bisa anda lihat pada beberapa tabel perbandingan diatas, Oppo cukup menampilkan hasil benchmark yang baik. Sayangnya pada pengujian menggunakan aplikasi benchmark Geekbench 3 dan Geekbench 4, aplikasi tersebut gagal berjalan sehingga kami tidak dapat mengukur secara pasti berapa kemampuan single core dan multi core dari Oppo F5. Sementara untuk performa grafis terbilang standar jika dibandingkan dengan beberapa smartphone dengan SoC yang juga berbeda. Namun pada pengujian PCMark, terlihat kemampuan smartphone ini juga masih tidak terlalu maksimal.

Sementara untuk pemakaian umum aktivitas sehari-hari, smartphone ini masih bisa dibilang cukup optimal. Menjalankan beberapa game juga masih diakomodir dengan baik. Layar yang lebih besar dengan kecerahan yang cukup baik, membuat pengguna semakin nyaman untuk aktivitas multimedia dan gaming. Kami memainkan game seperti Mobile Legend dan juga Free Fire, smartphone ini dapat menjalankan dengan cukup baik. Ditambah, Oppo memiliki Game Acceleration untuk mengoptimalkan performa dan menambah game experience pengguna.

Oppo mungkin memang tidak terlalu menjadikan performa sebagai selling point utama mereka. Apalagi untuk seri F yang memang dikategorikan sebagai smartphone Selfie Expert ini selalu menjagokan kamera depan. Namun peningkatan pada performa tentunya juga akan lebih memanjakan pengguna. Untuk melihat kemampuan kamera dari Oppo F5, dapat anda simak di halaman berikutnya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS