in: Reviews | January 23, 2018 | by: Irham

Review Oppo F5

Kamera

Kamera Oppo F5 bisa cukup memuaskan baik kamera belakang maupun kamera depan. Untuk kamera belakang dengan sensor 16MP, gambar yang dihasilkan terlihat memiliki detail yang baik dan warna yang natural. Aperture yang besar yaitu F/1.8  membuat pengambilan optimal baik di tempat dengan pencahayaan yang cukup maupun ditempat gelap. Penggunaan  HDR membuat gambar tampak terlihat lebih tajam, dan dynamic range terlihat tinggi. Pengambilan gambar dikondisi gelap juga masih terlihat memuaskan, dengan noise yang minim terlihat. Pengambilan gambar juga terasa sangat cepat dengan delay shutter yang sangat minim

Beralih ke kamera depan, tentu saja ini menjadi keunggulan  utama dari Oppo F5. Kamera dengan ukuran 20MP ini tentu saja memiliki kemampuan yang lebih dari kamera selfie smartphone standar. Dengan megapiksel yang besar dan bukaan F/2.0, smartphone ini mampu mengabadikan gambar dengan detail yang tinggi dan pencahayaan yang cukup. Tanpa menggunakan lampu LED flash pun, pencahayaan yang didapatkan masih sangat maksima bahkan dikondisi gelap. Begitupun juga dalam keadaan backlight, smartphone tetap mampu mengambil gambar dengan optimal. Angle kamera juga cukup luas, sehingga pengguna bisa melakukan group selfie lebih leluasa. Hanya saja untuk group selfie, seringkali untuk objek yang berada agak jauh dari posisi kamera akan menjadi blur. Secara keseluruhan, hasil kamera baik kamera belakang maupun depan cukup memuaskan kami.

Sementara untuk Beauty Technology pada kamera Opppo F5, diklaim bekerja dengan proses lebih dari 254 titik pengenalan wajah, serta membuat personalisasi efek percantik untuk setiap wajah yang berbeda berdasarkan warna kulit, tipe wajah, jenis kelamin dan usia, untuk menghasilkan efek percantik yang sangat natural. Mungkin hanya bagi penggila selfie yang dapat membedakan efek Beautify terbaru yang ditawarkan oleh Oppo di produk F5 ini. Kami sendiri tidak terlalu dapat melihat perbedaan dengan efek beautify standar, namun hasil yang ditampilkan terlihat memang lebih natural.

Sayangnya meski untuk Menurut kami justru menu kamera di Oppo F5 mengalami penuruan kenyamanan penggunaan dari generasi sebelumnya. Beberapa menu pengaturan tidak dapat diakses langsung melalui aplikasi kamera, melainkan melalui menu Settings. Berikut beberapa foto yang diabadikan menggunakan kamera depan Oppo F5.

Baterai

Sayangnya pada pengujian baterai kali ini kami tidak dapat menampilkan skor browsing test, dikarenakan smartphone tidak dapat disetup untuk layar selalu aktif. Sehingga layar selalu mati ketika browsing test dilakukan. Pengujian browsing kami membutuhkan layar untuk tetap aktif, karena smartphone akan diuji dengan meload benchmark pada server yang kami buat, secara terlayar yang cukup besar dan SoC yang belum bisa dibilang hemat daya. Helio P23 dibuat dengan fabrikasi 16nm.

Beralih ke pengisian baterai, sayangnya untuk smartphone diatas harga 3 juta ini, Oppo F5 juga masih belum dibekali dengan fast charging. VOOC yang dulu menjadi andalan Oppo di produk flagship mereka , pun sampai saat ini belum mampir ke seri F series. Sehingga pengisian masih terbilang lamban. Untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh, membutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS