in: Reviews | January 23, 2018 | by: Irham

Review Oppo F5

Kesimpulan

Kami tak bisa menyebut Oppo membawa banyak peningkatan yang siginifikan untuk generasi terbaru dari seri F ini, meskipun memang Oppo F5 membawa beberapa peningkatan. Selain layar yang lebih besar dan performa yang sedikit meningkat, Oppo F5 masih tergolong memiliki kemampuan keseluruhan yang standar. Banyak fitur-fitur penting untuk smartphone kelas 4 jutaan yang belum diakomodir oleh Oppo, seperti NFC dan Rapid Charge.

Untuk desain, material polycarbonate tidak terlalu masalah toh kebanyakan pengguna smartphone pada umumnya akan menambahkan aksesoris cover yang akhirnya menutupi wujud asli smartphone. Hanya saja akan lebih baik bila Oppo memberikan perlindungan di panel depan dengan menggunakan kaca tahan banting, ketimbang pelindung layar yang ditempel pada permukaan layar, yang ternyata sangat mudah tergores.

Layar menjadi satu-satunya peningkatan yang paling signifikan, dimana kali ini telah mengusung layar dengan rasio 18:9 dengan resolusi FullHD+. Kelebihan lainnya ada pada manajemen daya yang lumayan baik, smartphone ini juga sudah mendukung Wi-Fi  5GHz. Panel layar juga memiliki visibilitas yang cukup terang dengan warna yang natural. Begitu pula dengan performa yang sudah dibilang cukup untuk mengakomodir kebutuhan pengguna smartphone kelas menengah keatas lewat SoC yang digunakan.

Sementara untuk kemampuan kamera, Oppo F5 tentu masih jagoan untuk kamera  depan. Kamera belakang pun juga terlihat mengalami peningkatan yang cukup baik. Sayangnya tidak dibarengi dengan UX yang makin nyaman. AI Beauty Technology? Mungkin hanya bisa dipahami oleh penggila selfie, karena kami sendiri tidak dapat membedakannya dengan effect beautify pada umumnya. Bagi kami, untuk fitur kamera, akan lebih baik jika Oppo menghadirkan semisal EIS (Electronic Image Stabilizer), hanya berbasis software namun bisa mendukung pengguna untuk merekam video lebih stabil. Dengan kamera depan 20MP pasti akan asik untuk membuat VLog bila dilengkapi fitur EIS.

Paket penjualan lengikap, satu yang menjadi kelebihan konsisten pada produk Oppo. Selain tersedia headset, pengguna juga mendapatkan hardcase transparant pada paket penjualan. Dengan semua kelebihan dan kekurangannya, Oppo F5 dibanderol dengan harga Rp. 3.999.000.

Kelebihan:

+ Kamera bagus, terutama kamera depan dengan sensor 20MP (f/2.0)

+ AI Beautify

+ Layar FullView Display 18:9 FullHD+

+ Dual SIM card + MicroSD dedicated

+ Wi-Fi 5GHz

+ Baterai cukup besar

+ Face Unlock

+ Performa lumayan

Kekurangan:

– Tidak ada NFC

– Tidak ada Fast Charging

– Tidak ada EIS/OIS

Produk Oppo F5
Layar 6″ FullHD IPS
Processor Mediatek Helio P23 Octa-core 2.5 GHz Cortex-A53
GPU Mali-G71 MP2
Memory 32 GB, 4 GB RAM
Baterai 3200 mAh
Konektivitas GSM, HSDPA, LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, microUSB v2.0, USB Host
Kamera Belakang: 16 MP
Depan: 20 MP
Sistem Operasi Android 7.0 Nougat (UX Color OS 3.2)
Harga Rp 3.999.000,-
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS