in: Featured - Reviews | January 12, 2018 | by: Irham

Review Redmi 5A: Susah Dilawan!

Kamera

Meski memiliki sensor kamera dengan spesifikasi yang sama dengan generasi sebelumnya, namun rupanya kamera Redmi 5A memiliki peningkatan yang cukup baik. Peningkatan tersebut dapat dirasakan terutama untuk memotret gamber di kondisi gelap. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, hasil foto Redmi 5A untuk kondisi gelap terbilang jauh lebih baik karena gambar terlihat lebih minim noise. Hanya saja untuk pengambilan gambar di kondisi gelap, delay shutter akan terasa sedikit lebih lambat.

Sementara untuk kamera depan pun demikian, hasil gambar juga kini lebih baik dalam kondisi minim cahaya. Dan juga delay shutter saat pengambilan sedikit lebih lama. Kemungkinan besar, Xiaomi sengaja mengatur shutter pada software sedikit lebih lama agar sensor mampu merekam cahaya lebih banyak untuk menghasilkan gambar lebih baik.

Baterai

Untuk pengujian baterai, kami mulai meninggalkan PCMark dan  kini kami beralih menggunakan tes browsing dan tes loop video. PCMark telah pengujian baterai dikarenakan adanya beberapa jenis tipe smartphone yang kerap gagal ketika tengah menguji coba dengan PCMark.

Protokol pengujian baru kami: tes browsing, dilakukan dengan membangun setup server secara lokal untuk melakukan pengujian browsing pada beberapa smartphone yang digunakan sebagai perbandingan. Smartphone melakukan browsing dengan pergantian halaman setiap 10 detik nonstop. Sama seperti pengujian looping video, perangkat diatur dengan menggunakan Airplane mode, Wi-Fi aktif, serta kecerahan layar non-otomatis dengan slider di tengah. Dalam hasil tes kali ini, Xiaomi Redmi  5A dapat bertahan selama 13 jam 4 menit. Hasil tes browsing yang cukup lama untuk smartphone kelas entry level yang satu ini.

Untuk pengujian berikutnya, kami masih menggunakan pengujian berupa mengukur berapa lama smartphone bisa bertahan ketika memutar video kualitas 720p dalam kondisi berulang (looping) menggunakan aplikasi MXPlayer hingga baterai kosong. Hasilnya, Xiaomi Redmi 5A dapat bertahan hingga 11 jam 39 menit.

Dengan baterai yang cukup besar dengan layar yang kecil serta SoC yang terbilang cukup ramah akan daya ini memang akan menghasilkan manajemen daya yang lebih optimal. Untuk pengisian ulang baterai, Xiaomi Redmi 5A membutuhkan 2jam 55 menit untuk bisa terisi ulang penuh kembali. tentu saja karena perangkat ini belum dilengkapi dengan fitur pengisian cepat. Adaptor charger yang digunakan juga sangat minimalis yaitu dengan output 5V 1A.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , ,

COMMENTS