in: Featured - Reviews | January 12, 2018 | by: Irham

Review Redmi 5A: Susah Dilawan!

Kesimpulan

Sesuai dengan tagline yang ditawarkan oleh Xiaomi yaitu terbaik dikelasnya, bisa dikatakan bahwa Redmi 5A memang menjadi smartphone yang terbaik dikelasnya untuk saat ini. Dibanderol dengan harga 1 juta kurang seribu rupiah, jelas saja Redmi 5A menjadi momok yang cukup menakutkan bagi para pemain di kelas harga satu jutaan. Smartphone ini menjadi yang pertama menawarkan performa lewat SoC Snapdragon 425 di kelas harga yang sudah jelas sangat terjangkau.

Peningkatan dari generasi sebelumnya memang tidak mencolok pada spesifikasi yang lebih tinggi. tapi dari segi fitur dan desain terbilang cukup baik. Kini Redmi 5A telah menggunakan desain unibody dengan tubuh yang terlihat lebih ramping sehingga secara ergonomi juga makin nyaman digenggam. Pada slot SIMcard, kini Xiaomi memisahkan slot SiMCard 2 dengan slot MicroSD sehingga pengguna bisa menambhakan meia penyimpanan tambahan tanpa harus mengorbankan slot SIMCard 2.

Dari segi baterai, kapasitas 3000mAh di ukuran layar 5 inci tentunya membuat perangkat ini juga hemat daya. Meskipun, kekurangannya hanya dari segi waktu pengisian yang cukup yaitu hampir 3 jam. Tapi harap maklum, untuk harga yang ditawarkan kita tidak bisa menuntut banyak, apalagi meninginkan fitur quick charge.

Disisi lain, Xiaomi tetap konsisten dengan menghadirkan sensor Infrared blaster untuk keperluan remote ke perangkat elektronik. Xiaomi juga lebih memilih menghadirkan sensor magnetik kompas ketimbang membawa gyroscope untuk smartphone entry level yang juga belum optimal untuk kebutuhan VR. Dengan sensor kompas, pengguna yang sering menggunakan smartphone sebagai alat navigasi, misalnya seperti para driver ojek online akan sangat terbantu dalam menemukan lokasi yang dituju.

Kebutuhan standar seperti sosial media dan juga chating lancar digunakan. Untuk bermain game, beberapa game online ringan yang populer saat ini juga bisa  dimainkan. Sebut saja seperti Mobile Legend atau AOV. Redmi 5A juga masih mengakomodirnya dengan baik, walau untuk beberapa kondisi seperti saat loading chat agak membuatnya lagging.

Dari sisi kamera, Redmi 5A mengalami sedikit peningkatan. Meski tidak begitu signifikan karena sensor yang digunakan masih 13 MP untuk kamera utama dan 5MP untuk kamera depan. Namun peningkatan terasa saat mengambil gambar di kondisi gelap. Hanya saja untuk pengambilan dikondisi gelap, delay shutter masih terasa agak lama.

Dengan keunggulan secara keseluruhan, tentu saja Redmi 5A jadi rebutan banyak orang. Bahkan setiap flash sale yang dibuka di Lazada perangkat ini langsung laris diserbu pembeli. Jadi apakah Redmi 5A benar-benar terbaik dikelasnya, kami bisa mengklaim produk ini memang benar-benar sulit ditandingi dikelasnya.

Kelebihan

 

+ Desain makin ergonomis

+ Dual SIM + microSD card

+ Sensor Infrared & Compass

+ Daya tahan baterai lumayan

+ Performa terbaik untuk harganya

+ Kualias kamera meningkat

Kekurangan:

– Waktu pengisian ulang baterai lama

– Paket penjualan minim

Key Spec:

Produk Xiaomi Redmi 5A
Layar 5 HD (720 x 1280 pixels)
SoC/Processor Snapdragon 425
Quad-core 1.4GHz
GPU Adreno 308 500MHz
Memory/Storage 2 GB/16 GB (up to 128 GB)
Baterai 3000 mAh
Konektivitas Dual-SIM Nano, Micro SD, 2G/3G/4G, FDD-LTE B1/3/4/5/7/8/20, TDD-LTE B38/40, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Hotspot, Bluetooth 4.2
Kamera Kamera belakang: 13 MP. PDAF, LED Flash, ƒ/2.2 aperture
Kamera selfie: 5 MP, ƒ/2.0 large aperture
Sistem Operasi Android 7.0 Nougat + MIUI 9
Harga Rp 999.000
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , ,

COMMENTS