in: Featured - Highlights - Reviews | January 16, 2018 | by: Irham

Review Samsung Galaxy Note FE: Smartphone Premium Murah Terbaik

Paket penjualan

Paket penjualan dari Galaxy Note Fe pun semakin lengkap. Diantaranya buku panduan dan kartu garansi,  adaptor pengisian daya (Adaptive Charger), kabel USB Type C, USB  TypeC OTG, USB Type C Converter serta headset. Namun untuk Galaxy Note FE masih menggunakan headset standard Samsung, berbeda dengan seri Galaxy S8 dan Note 8 yang dilengkapi unit headset AKG. Satu tambahan yang paling menarik adalah aksesoris clear view cover, hardcover bermaterial polycarbonate yang memiliki wujud semi transparan dan warna sepadan dengan varian produk. Saat casing ditutup  secara otomatis layar akan menampilkan menu Always on Display, sehingga pengguna tetap bisa melihat widget jam dan notifikasi. Casing ini lebih dikenal dengan nama Samsung Clear View Case, yang harganya cukup tinggi (sekitar 500 ribuan rupiah).

Uji Performa

AnTuTu 6.0.1

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah perangkat Android. Beberapa hal yang diuji di AnTuTu antara lain User Experience (UX), CPU, RAM, GPU, dan I/O. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik.

Geekbench 3

GeekBench 3 merupakan benchmark cross platform yang mengukur kinerja prosesor sebuah perangkat smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi ini menggunakan skenario simulasi real world sehingga mampu menganalisa performa sebuah prosesor saat menggunakan single core atau multi core. Semakin tinggi nilainya, semakin baik.

 

3D Mark Ice Storm Unlimited

Benchmark ini ditujukan untuk menguji performa dari sistem pada sebuah smarpthone Android dalam menangani pemrosesan grafis. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik smartphone tersebut menjalankan proses grafis.

PCMark Work

Aplikasi benchmark ini mengukur performa dan umur baterai pada smartphone maupun tablet Android, lewat pengujian yang berbasis aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh user, bukan algoritma yang bersifat abstrak. Skor yang dihasilkan diklaim mampu mencerminkan performa sesungguhnya dari perangkat tersebut. Kami menampilkan skor PCMark 1.0 dan PCMark 2.0

Performa dari Galaxy Note FE terbukti masih sangat mumpuni untuk saat ini. Berbekal SoC Exynos 8890, hasil performanya sangat mengakomodir segala kebutuhan, mulai dari aktivitas sehari-hari, multi-tasking hingga menjalankan game dengan grafis tinggi. Hanya saja  dari segi performa grafis, Exynoss 8890 memang belum sehebat generasi terbarunya yaitu Exynos 8895. Kendati demikian performa GPUnya masih tetap mumpuni untuk menjalankan game-game dengan kualitas grafis tinggi.

Selain itu dari manajemen suhu, tentunya tidak lebih baik dibandingkan generasi terbarunya Exynos 8895. Karena fabrikasi yang digunakan masih menggunakan litografi 14nm, jika dibandingkan dengan Exynos 8895 yang telah menggunakan litografi 10nm. Namun tidak serta merta membuat perangkat ini dalam kondisi overheating, Galaxy Note FE tetap nyaman digunakan saat aktivitas berat.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS