in: Featured - Highlights - Reviews | January 16, 2018 | by: Irham

Review Samsung Galaxy Note FE: Smartphone Premium Murah Terbaik

Kesimpulan

Pertama, tidak ada insiden yang tak menyenangkan selama kami menguji produk yang satu ini. Jadi bisa dibilang Galaxy Note Fan Edition sudah benar-benar aman untuk dibawa kemana saja, bukan lagi “bom waktu” yang bisa meledak kapan saja.

Perlu dicatat, sangat susah menemukan smartphone premium resmi dengan kualitas, performa dan perlengkapan seperti Note FE, terutama di bawah harga 8 juta rupiah. Apabila S-Pen adalah fitur yang sangat Anda butuhkan dan Anda merasa bahwa Note 8 masih terlalu mahal, Samsung Galaxy Note FE ini adalah pilihannya, dan Anda bisa melewatkan kesimpulan panjang kami di bawah ini.

Meski masih menggunakan desain lawas yakni layar 5,7 inci dengan rasio 16:9, Galaxy Note FE masih tetap menggiurkan dengan layar SuperAMOLED-nya. Perangkat ini juga tetap ramping di dalam genggaman, dan lengkungan di tepi juga tidak terlalu terasa mengganggu di dalam genggaman. Built quality yang ditawarkan pun tentunya cukup kokoh dengan lapisan Gorilla Glass 5. Selebihnya, Galaxy Note FE masih menggunakan desain lama seperti tombol home fisik dan fingerprint di bagian depan, serta bezel besar dibagian atas dan bawah. Lucunya, sebagian konsumen bahkan lebih menyukai posisi finger print di depan, seperti pada Note FE ini.

Beralih ke performa, dapur pacu yang ditawarkan oleh Galaxy Note FE sama sekali belum ketinggalan meski telah tertinggal satu tahun. Sebagai produk “reborn”, performanya masih sangat bersaing, sebagai alternaif dari seri Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 yang merupakan produk flagship anyar Samsung tahun ini. Kemampuan multi-tasking dan juga aktivitas berat masih sangat diakomodir dengan dapur pacu lawas Samsung di tahun 2016 yaitu SoC Exynos 8890. Sebagai catatan: tidak banyak smartphone bergaransi resmi yang memiliki performa menyerupai Note FE ini.

Begitu pula dengan kualitas kamera yang overall hampir sama dengan seri Galaxy S8. Hasil gambar yang diambil tentunya sangat memuaskan. Kamera depan memang agak tertinggal dibandingkan penerusnya, lantaran masih menggunakan kamera 5 MP. Tapi kualitas 5MP ini sendiri pun masih bisa bersaing dengan smartphone kelas menengah ke atas saat ini.

Dari sisi baterai, pengurangan kapasitas sebesar 400mAh, (dari 3600mAh menjadi 3200mAh) ternyata tidak terlalu mengecewakan. Kemampuan manajemen daya dari Galaxy Note FE tetap optimal, sehingga saat digunakan sehari-hari, Galaxy Note FE masih tergolong sebagai perangkat smartphone yang hemat daya. Selain dukungan fast charging, dukungan wireless charging juga telah tersedia. Fitur stylus tetap menjadi andalan Galaxy Note series, dan pada Galaxy Note FE jgua telah mengadopsi teknologi terkini yang sama digunakan di Galaxy Note 8.

Mengundur waktu satu tahun, Galaxy Note FE tentunya juga mengalami perbaikan tak hanya dari sisi hardware (baterai) tapi juga dari sisi software. UX baru yang digunakan yaitu UX Samsung Grace juga memberikan pengalaman lebih up-to-date bagi pengguna. Tak cuma itu, yang paling menarik tentunya harga yang kini jauh lebih terjangkau. Galaxy Note 7 yang dahulu rencananya dibanderol dengan harga 10 jutaan, kini hanya dibanderol dengan harga Rp8.599.000. Bahkan, kami melihat bahwa kebanyakan situs toko online menjualnya di harga kisaran Rp7.999.000.

Jika kita bisa membagi kategori kelas premium menjadi 2 berdasarkan harganya (di bawah 10 juta rupiah dan di atas 10 juta rupiah), Note FE akan masuk dalam kategori smartphone premium “murah”.

Kemudian jika kita melihat semua kemampuannya, fiturnya (terutama S-Pen), harganya, dan paket penjualannya yang super lengkap, tidak berlebihan jika saat tulisan ini dibuat, Samsung Galaxy Note FE adalah smartphone kelas premium murah yang terbaik yang bisa Anda beli secara resmi di Indonesia.

 

Kelebihan:

+ Layar SuperAMOLED QHD (2560×1440)

+ Pelindung layar Gorilla Glass 5 (Panel depan & Belakang)

+ Performa tinggi

+ Kamera utama sangat bagus. Hasil foto dan videonya berkualitas sangat tinggi.

+ Daya tahan baterai tergolong sangat baik untuk kelas performanya

+ S-Pen dan segudang fiturnya

+ Virtual Asisstant Bixby

+ Aksesoris lengkap

+ Water resistant IP68

+ UX Samsung Grace memiliki fitur lebih banyak

+ WiFi 5 GHz (802.11ac)

+ Fitur WiFi Sharing

+ Fitur unggulan ekstra lain seperti Face Recognition, iris Scanner, Hearbeat sensor, Edge Panel, dan banyak lagi

+ Clear View Case sudah tersedia dalam paket penjualan

+ Smartphone premium modern dengan harga “miring”

 

Kekurangan

– SIM Hybrid

– Layarnya masih menggunakan format 16:9.

– Kamera depan masih menggunakan sensor 5MP. Meski menurut kami, hasil fotonya berada di atas kualitas hasil foto kamera 5MP pada umumnya.

 

 

Produk Samsung Galaxy Note FE
Layar 5,7” Quad HD (1440 x 2560p)
SoC/Processor Exynos 8890 Octa-Core (4×2.3 GHz & 4×1.6 GHz)
GPU Mali-T880 MP12
Memory/Storage 4 GB/64 GB
Baterai 3200 mAh
Konektivitas Dual-SIM Nano (Hybrid), Micro SD, 2G/3G/4G, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac MI-MO, Wi-Fi Hotspot, Wi-Fi Sharing, Bluetooth 5.0, NFC, Qi/PMA wireless charging
Kamera Kamera belakang: 12 MP F/1.7 DualPixel PDAF, Dual-Tone LED Flash, OIS
Kamera selfie: 5 MP F/1.7
Sistem Operasi Android 7.1 “Nougat” UX Samsung Grace
Harga Rp 7.999.000 – 8.499.000
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS