in: Featured - Highlights - Reviews | January 15, 2018 | by: Friska

Review Infinix Zero 5: Paduan RAM 6GB + Dual Camera Zoom Optik Paling Murah

Kamera

Kamera utama dari infinix Zero 5 terdiri dari dua buah sensor kamera, 12 MP wide angle dan 13 MP telephoto. turut mengikuti trend dual camera yang tengah marak diberikan di beberapa smartphone kelas menengah saat ini.

Secara keseluruhan, kualitas foto dari Infinix Zero 5 ini sendiri terbilang cukup baik di kelasnya. Detil yang diberikan dari hasil foto, terutama dalam kondisi pencahayaan cukup terang, terlihat menarik dan baik. Foto dapat ditangkap dengan cukup cepat dalam kondisi normal seketika menekan tombol shutter. Hasil efek bokeh yang ditampilkan juga terlihat baik dan tidak berlebihan. Dengan adanya optical zoom 2x sekaligus mode Pro yang diberikan pada aplikasi kamera bawaan, mengambil foto bisa menjadi lebih maksimal karenanya.

Hanya saja harus diakui, ketika memperbesar foto yang diambil melalui kamera ini, kualitas foto masih cenderung memiliki tingkat noise yang sedikit signifikan. Dan tingkat noise ini juga akan lebih terlihat jelas ketika hendak mengambil foto di dalam kondisi pencahayaan kurang terang atau lebih gelap. Akan tetapi, seperti biasanya, membiarkan noise adalah salah satu trik produsen untuk menjaga agar detail tetap tinggi. Jadi, kami pun menemukan bahwa detail pemotretan dalam kondisi pencahayaan rendah, tergolong sangat baik.

Untuk kamera selfie atau depannya sendiri, telah dilengkapi dengan sensor kamera beresolusi 16 MP yang memiliki fitur bokeh juga. Walau tidak memiliki dua buah sensor seperti kamera belakang, hasil foto yang diberikan di kamera depan ini juga terbilang cukup menarik apalagi jika hanya digunakan untuk sekedar diunggah ke media sosial saja. Tapi sayangnya, hasil foto bokeh yang ditangkap menggunakan kamera depan ini masih cenderung agak “berlebihan”, jadi beberapa hasil foto yang ditangkap masih kurang rapi dari segi hasil depth yang diberikan. Namun, jika tidak mempergunakan efek bokehnya, foto selfie yang dihasilkan sebenarnya bisa jadi lebih menarik dan maksimal karena mampu menawarkan detil yang lebih baik.

 

Catatan Pengujian ‘Handsfree’/earphone

Sebagai catatan tambahan: earphone yang tersedia ini mampu menyuguhkan kualitas suara yang lumayan untuk hitungan “gratisan”. Bass cukup baik dan kuat dan secara keseluruhan cukup memuaskan. Tapi untuk earphone semacam ini, kita tidak bisa berharap akan dapat kualitas yang luar biasa tinggi bukan? Menurut kami, Infinix sudah cukup baik dalam mempertimbangkan kualitas handsfree yang disediakan dalam paket penjualan. Singkatnya, kemungkinan besar, Anda tidak perlu beli handsfree/earphone yang lebih baik kecuali mungkin jika Anda audiophille yang butuh kualitas super-tinggi.

Baterai

Jika Anda mengikuti beberapa review gadget kami belakangan ini, pastinya mengetahui bahwa kami memiliki standar baru dalam melakukan pengetesan baterai. Benar sekali, alih-alih bergantung kepada aplikasi benchmark PCMark Work Battery Test, kini kami menggunakan tes browsing dan tes loop video. PCMark sendiri merupakan benchmark yang akan kami segera tinggalkan dalam waktu dekat dan tidak akan digunakan kembali untuk pengujian-pengujian berikutnya. Hal ini dikarenakan adanya beberapa jenis tipe smartphone yang kerap gagal ketika tengah menguji coba dengan PCMark.

Protokol pengujian baru kami: tes browsing, dilakukan dengan membangun setup server secara lokal untuk melakukan pengujian browsing pada beberapa smartphone yang digunakan sebagai perbandingan. Smartphone melakukan browsing dengan pergantian halaman setiap 10 detik nonstop. Sama seperti pengujian looping video, perangkat diatur dengan menggunakan Airplane mode, Wi-Fi aktif, serta kecerahan layar non-otomatis dengan slider di tengah. Dalam hasil tes kali ini, Infinix Zero 5 dapat bertahan selama 16 jam 50 menit.

Untuk pengujian berikutnya, kami masih menggunakan pengujian berupa mengukur berapa lama smartphone bisa bertahan ketika memutar video kualitas 720p dalam kondisi berulang (looping) menggunakan aplikasi MXPlayer hingga baterai kosong. Hasilnya, Infinix Zero 5 dapat bertahan hingga 19 jam 19 menit.

Baterai yang dimiliki oleh Infinix Zero 5 tergolong cukup besar, dan untuk mempercepat pengisian daya, perangkat ini sendiri telah dilengkapi dengan fitur XCharge. Sehingga dari hasil mengukur lamanya pengisian ulang baterai, Infinix Zero 5 membutuhkan 2 jam 16 menit untuk bisa terisi ulang penuh kembali.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , , ,

COMMENTS