in: Wearables | February 12, 2018 | by: Friska

Hands-On Smartwatch: Garmin Vivoactive 3

Bulan Desember 2017 kemarin, Garmin baru saja merilis secara resmi smartwatch terbaru mereka untuk pasar Indonesia, yakni Garmin Vivoactive 3. Smartwatch ini dirancang secara khusus untuk bisa memenuhi kebutuhan sportivitas penggunanya, tetapi tetap bisa digunakan ketika dalam acara formal sekalipun. Tentu saja untuk memenuhi kebutuhan tersebut, sebuah smartwatch harus memiliki desain yang elegan, tetapi juga cukup powerful untuk dipakai dalam aktivitas olahraga sehari-hari si penggunanya juga.

Desain

Layar utama dari Garmin Vivoactive 3 sendiri merupakan kaca yang diperkuat secara kimia yang dilapisi dengan bahan polymer fiber, dan berbingkai stainless steel. Secara fisik, Garmin Vivoactive 3 memiliki ukuran 43,4 x 43,4 x 11,7 mm dengan diameter layar sebesar 1,2 inch (30,4 mm) beresolusi 240 x 240 pixel, serta strap silikon yang bisa muat hingga pergelanggan tangan diameter 127-204 mm. Strap-nya sendiri dijual dengan dua varian berbeda, yakni strap silikon atau strap stainless steel.

Diameter dari layar utama Garmin Vivoactive 3 ini terbilang cukup standar untuk digunakan oleh kebayakan smartwatch lainnya yang sejenis. Bingkai stainless steel terlihat sedikit mirip dengan merk lain yang memiliki fungsi putar untuk kontrol utamanya, walau sayangnya hal tersebut tidak ditemui pada Garmin Vivoactive 3 yang murni hanya sebagai bingkai semata. Untuk kontrol utamanya, Garmin menggunakan fungsi swipe atau slide, yang juga disertai dengan tombol kecil yang terletak di sisi kanan yang memiliki beragam fungsi, salah satunya sebagai tombol ON/OFF. Untuk layarnya, Garmin telah mendesainnya agar tetap bisa melihat tampilan layar walau tengah berada di terik matahari sekalipun, dengan Brightness bisa diatur lebih gelap atau lebih terang untuk kemudahan penggunanya.

Sisi belakang dari layar utamanya sendiri merupakan posisi di mana sensor dan monitor untuk detak jantung berada. Dan di sisi yang sama, juga terdapat port kecil yang merupakan port untuk melakukan charging baterainya ketika hampir habis. Garmin Vivoactive 3 memiliki water resistant hingga kedalaman 50 meter, sehingga cukup aman ketika pengguna hendak memakai smartwatch ini ketika tengah berenang. Dan tentu saja, pengguna bisa tetap menggunakan smartwatch ini ketika tengah mandi sekalipun karenanya.

Berat secara totalnya sekitar 43 gram, sangat ringan untuk sebuah smartwatch yang bisa digunakan di keseharian. Diameternya sendiri juga cukup standar dan tidak terlalu besar, tetapi tidak terlalu kecil. Walau mungkin akan sedikit terlihat “bulky” untuk pergelangan tangan yang lebih kecil, akan tetapi smartwatch akan lebih terlihat pas untuk tangan pria dewasa pada umumnya. Strap utamanya sendiri memiliki panjang yang memiliki lubang cukup banyak untuk bisa menyesuaikan ukuran pergelangan tangan di penggunanya dengan nyaman.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
: , , , ,

COMMENTS