in: News | February 22, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Huawei Akan Lebih Intensif Gunakan SoC Kirin

SoC dari HiSilicon makin banyak digunakan di produk smartphone besutan Huawei dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal ini tidaklah mengherankan, mengingat HiSilicon sendiri memang merupakan anak perusahaan Huawei. Ke depan, berdasarkan kabar yang beredar, Huawei ingin agar SoC Kirin digunakan di lebih banyak lagi smartphone besutan mereka, diharapkan hingga 50% smartphone yang mereka pasarkan atau lebih.

Banyak, Tapi Masih di Bawah 50%

Tahun 2017 lalu, Huawei disebut berhasil memasarkan sekitar 70 juta smartphone dengan SoC Kirin besutan HiSilicon. Angka tersebut memang terlihat cukup besar, tetapi masih dirasa kurang oleh Huawei. Hal itu disebabkan karena angka 70 juta itu masih di bawah 50% dari keseluruhan smartphone yang mereka pasarkan sepanjang tahun lalu. Secara keseluruhan, Huawei disebut memasarkan sekitar 153 juta smartphone sepanjang tahun 2017.

Sekitar 70 juta smartphone dengan SoC Kirin yang dipasarkan Huawei di tahun 2017 tersebut seluruhnya ditujukan untuk kelas menengah atas dan kelas atas. Memang, HiSilicon hanya memiliki produk SoC untuk kelas menengah atas dan kelas atas, seperti Kirin 659 dan Kirin 970. 83 juga smartphone Huawei lain untuk tahun 2017 lalu, yang ditujukan untuk kelas menengah dan entry-level, masih mengusung SoC besutan perusahaan lain, seperti Qualcomm.

Ingin Lebih Intensif Gunakan SoC Kirin

Ke depan, berdasarkan kabar yang beredar, Huawei ingin mengunakan SoC Kirin di lebih banyak smartphone mereka. Namun, belum diketahui apakah hal ini berarti HiSilicon akan menawarkan SoC baru untuk kelas di bawah SoC mereka yang ada saat ini, atau justru Huawei akan menawarkan lebih banyak produk untuk kelas menengah dan kelas atas. Bisa jadi, langkah yang disebut terakhir adalah yang akan diambil Huawei, karena mereka memang sempat menyebutkan ingin fokus di pasar kelas menengah dan kelas atas saja. Mari kita tunggu saja seperti apa langkah Huawei untuk meningkatkan adopsi SoC Kirin ini, mulai tahun 2018 ini.

: ,

COMMENTS