in: News | February 21, 2018 | by: Friska

Kerja Sama Opera dan Worldreader Hadirkan Ribuan E-Book di Indonesia

Pada Rabu (21/2), Opera sebagai salah satu platform internet terkemuka di dunia, bekerja sama dengan Worldreader untuk menyediakan akses ribuan e-book dengan lebih mudah dan cepat melalui aplikasi Worldreader Mobile yang bisa langsung dibuka melalui aplikasi Opera Mini. Akses mudah untuk perpustakaan digital dari Worldreader ini dibuka dengan visi dan misi meningkatkan minat baca terutama para generasi muda di Tanah Air.

“Tingkat penetrasi teknologi dan internet di Indonesia tergolong sangat tinggi, dengan tercatat setidaknya 132 juta orang adalah pengguna aktif internet menurut laporan We Are Social. Namun sayangnya, karena terlalu sering menggunakan smartphone untuk beragam aktivitas media sosial, minat membaca buku para pengguna perangkat pintar ini pun menjadi menurun. Dan menurut laporan “Most Literate Nations in the World” tahun 2016, peringkat Indonesia tentang minat membaca di masyarakat sendiri menduduki peringkat kedua dari paling bawah, dengan tingkat minat baca hanya 0,01% saja menurut laporan UNESCO,” jelas Jatu Anggraeni, selaku Content Editorial Lead Opera Software AS di Indonesia dalam acara media briefing yang diadakan di The Hook, Jakarta. “Melalui kerja sama ini, kami berharap bisa meningkatkan minat baca para pengguna smartphone tidak hanya untuk kaum muda saja, tetapi untuk berbagai kalangan di mana saja, kapan saja, melalui smartphone yang mereka miliki.”

Sebelumnya, proyek kerja sama Opera dengan Worldreader ini telah dilakukan lebih dulu Afrika, dengan kemudian merambah ke wilayah India, Asia, dan kini juga termasuk Indonesia. Colin McElwee, selaku Co-Founder dari Worldreader, mengungkapkan bahwa kerja sama ini dibuat dengan tujuan agar seluruh dunia bisa memiliki akses terhadap buku-buku yang mereka inginkan secara luas. “Kami sadar bahwa tidak semua orang bisa memiliki buku fisik dengan mudah karena beragam keterbatasan. Kerja sama dengan Opera ini memiliki tujuan untuk bisa memberikan akses lebih mudah dengan perangkat yang familiar bagi hampir seluruh masyarakat modern saat ini.”

Saat ini, Worldreader sendiri memiliki lebih dari 40.000 e-book terbaik yang dapat diakses melalui Opera Mini, dengan terdapat sekitar 70 kategori terpisah dan tersedia dalam 43 bahasa untuk memudahkan pencarian buku oleh para penggunanya.

: , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | September 18, 2018 | Comments

Media Sosial “Path” Tutup Bulan Depan

News | October 11, 2018 | Comments

Google Rilis Pixel Slate – Tablet 2-in-1 dengan Chrome OS  

News - Reviews | October 12, 2018 | Comments

Hands-On Nokia 6.1 Plus

News | November 2, 2018 | Comments

ZTE Nubia X Dirilis dengan Dua Layar dan Dua Fingerprint