in: News | February 27, 2018 | by: Yufianto Gunawan

MediaTek Tawarkan SoC Baru dengan AI: Helio P60!

Lini SoC Helio dari MediaTek baru saja mendapatkan anggota keluarga baru. Kreator chip dari Taiwan tersebut baru saja memperkenalkan Helio P60. SoC ini diharapkan membawa Helio P Series ke tingkat yang jauh lebih tinggi dari sebelumnya, sembari menawarkan performa yang tinggi untuk smartphone di kelas non-premium.

Janjikan Performa 70% di Atas Helio P30

MediaTek menjanjikan performa tinggi untuk SoC Helio P60 ini, disebut hingga 70% lebih tinggi dari Helio P30, baik dari sisi CPU maupun GPU. Untuk CPU, MediaTek menawarkan konfigurasi octa-core untuk CPU SoC baru ini, dengan 4x Cortex A73 2.0 GHz dan 4x Cortex A53 2.0 GHz. Sementara untuk GPU, mereka menggunakan Mali-G72 MP3 800 MHz. SoC ini sendiri diproduksi dengan litografi 12 nm. Hal itu membuat MediaTek mengklaim SoC ini 12% ~ 25% lebih efisien dalam penggunaan daya untuk berbagai skenario penggunaan.

SoC ini juga disebut bisa menawarkan performa ekstra berkat penggunaan AI. MediaTek menyebutkan bahwa mereka juga menyertakan AI Processing Unit di dalam SoC ini, yang bila dikombinasikan dengan fitur NeuroPilot, bisa membawa peningkatan performa untuk SoC ini. NeuroPilot sendiri disebut bisa membagi beban kerja ke CPU, GPU, serta AI Processing Unit, sehingga meningkatkan efisiensi SoC dalam melakukan proses tertentu, karena beban kerja bisa disesuaikan dengan keunggulan masing-masing unit.

3 ISP untuk Setup Kamera Masa Kini

Di SoC Helio P60 ini, MediaTek juga menawarkan 3 ISP (Image Signal Processor). Hal ini ditujukan untuk mengakomodasi setup kamera masa kini yang makin banyak digunakan oleh produsen smartphone, terutama untuk konfigurasi dual-camera. ISP di Helio P60 mendukung dual-camera 20 MP + 16 MP atau single-camera 32 MP. MediaTek juga menyebutkan bahwa 3 ISP ini bisa bekerja sama dengan AI Processing Unit untuk menawarkan perluasan kemampuan yang bisa menghasilkan foto dan video yang lebih baik lagi.

Siap untuk Pertengahan Tahun 2018

Helio P60 ini disebut MediaTek akan tersedia di kuartal kedua tahun 2018 ini, yang berarti sekitar bulan April – Mei 2018 mendatang. SoC ini juga dibekali dengan beberapa hal yang mendukung hadirnya smartphone kelas menengah-atas sesuai dengan kebutuhan yang ada saat ini, termasuk dukungan RAM LPDDR4X hingga kecepatan 1800 MHz dan kapasitas 8 GB, storage UFS 2.1, layar dengan rasio hingga 20:9 yang bisa mendukung resolusi maksimal FHD+, LTE Cat. 7/Cat. 13, serta WiFi AC. MediaTek sendiri tampak yakin dengan potensi dari SoC baru mereka ini, dan kemungkinan besar smartphone dengan SoC ini bisa hadir di paruh kedua tahun 2018 ini.

: ,

COMMENTS