in: News | February 8, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Modem Snapdragon X50 Siap Akselerasi Hadirnya 5G NR

Paruh kedua tahun 2018 hingga paruh awal tahun 2019 menjadi waktu di mana beberapa perusahaan yang terkait dengan dunia telekomunikasi mulai menyiapkan produk pendukung 5G NR (New Radio) mereka. Operator seluler akan melakukan uji coba 5G NR, sementara produsen perangkat akan menyiapkan perangkat perdana mereka yang menawarkan dukungan 5G NR. Satu hal menarik terkait persiapan menuju era 5G NR itu, Qualcomm baru saja mengumumkan ke hadapan media yang hadir ke markas mereka di San Diego, AS, bahwa sudah ada puluhan perusahaan ternama dunia yang menyatakan akan menggunakan modem mereka sebagai dasar dalam mempersiapkan produk 5G NR!

Christiano Amon dari Qualcomm saat menjelaskan sepak terjang Qualcomm dalam mendorong pengembangan 5G NR dan hadirnya teknologi tersebut

Snapdragon X50 Jadi Pilihan Banyak Perusahaan

Chip modem Qualcomm yang dimaksud adalah Snapdragon X50. Modem tersebut sudah mulai dikembangkan Qualcomm sejak tahun 2016, dan menjelang akhir tahun 2017 lalu sudah berhasil diuji coba di San Diego, AS, kota kelahiran perusahaan itu. Kini, setelah uji coba tersebut sukses, Qualcomm menawarkannya ke berbagai perusahaan sebagai media akselerasi hadirnya 5G NR dan hal itupun disambut positif oleh banyak perusahaan ternama!

 

Operator Seluler Gunakan Perangkat 5G NR Berbasis Snapdragon X50

Perangkat dengan basis Snapdragon X50 dari Qualcomm, baik berupa test platform maupun smartphone prototipe, disebut akan digunakan oleh puluhan operator seluler ternama dunia untuk uji coba 5G NR mereka. Beberapa operator seluler tersebut adalah AT&T, British Telecom, China Telecom, China Mobile, China Unicom, Deutsche Telekom, KDDI, KT Corporation, LG Uplus, NTT DOCOMO, Orange, Singtel, SK Telecom, Sprint, Telstra, TIM, Verizon, dan Vodafone. Mereka akan melakukan uji coba jaringan 5G NR sesuai standar 3GPP Release 15, baik untuk mmWave maupun sub-6 Ghz.

Juga Digunakan oleh Produsen Perangkat 5G NR

Selain operator seluler, modem Snapdragon X50 juga dikonfirmasi akan digunakan oleh beberapa perusahaan ternama untuk uji coba 5G NR di produk kreasi mereka, dan akan dilanjutkan dengan penggunaan di produk jadi yang akan hadir tahun 2019 yang akan datang. Beberapa perusahaan yang sudah dikonfirmasi akan menggunakan Snapdragon X50 adalah ASUS, Fujitsu, HMD Global (Nokia), HTC, Inseego/Novatel Wireless, LG, NetComm Wireless, NETGEAR, OPPO, Sharp, Sierra Wireless, Sony, Telit, vivo, Wingtech, WNC, Xiaomi, dan ZTE. Perusahaan-perusahaan tersebut akan menawarkan produk pendukung 5G NR mereka, baik dalam wujud smartphone, mobile broadband, VR Head Mounted Device, maupun Always Connected PC.

Qualcomm: Kami Sudah Siap untuk 5G NR!

Qualcomm menyebutkan dipilihnya modem Snapdragon X50 ini menunjukkan bahwa mereka telah sukses menciptakan produk yang mendukung standar terbaru untuk 5G NR, dan hal itu membuktikan bahwa Qualcomm sudah siap menyongsong era 5G NR. 5G NR sendiri dikonfirmasi akan mulai hadir secara bertahap dari akhir tahun 2018 ini, dengan perangkat perdana yang mendukungnya akan mulai dipasarkan di awal tahun 2019. Satu hal yang menarik, sebagai bukti nyata kesiapan mereka untuk 5G NR, Qualcomm juga menyebutkan akan coba menampilkan demo 5G NR dengan basis Snapdragon X50 di Mobile World Congress 2018, akhir bulan ini!

Sekilas Tentang Snapdragon X50

Modem Snapdragon X50 sendiri merupakan produk perdana Qualcomm yang akan hadir di perangkat pendukung 5G NR. Tentu saja, modem ini menawarkan dukungan untuk standar 5G NR terbaru sesuai 3GPP Release 15, termasuk dukungan sub-6 GHz dan mmWave. Data rate maksimal yang ditawarkan oleh modem ini mencapai ~ 5 Gbps, jauh lebih tinggi dari modem 4G LTE yang ada saat ini.

: , ,

COMMENTS