in: News | February 27, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Qualcomm Perkenalkan Snapdragon 700 Series

Sejak memperkenalkan penamaan keluarga Snapdragon seperti yang digunakan saat ini, Qualcomm hanya menawarkan empat “kelas” untuk SoC mereka, yaitu Snapdragon 200, Snapdragon 400, Snapdragon 600, dan Snapdragon 800. Kini, di MWC 2018, hampir lima tahun setelah penamaan itu digunakan, Qualcomm menghadirkan “kelas” baru. Mereka baru sama memperkenalkan Snapdragon 700 Series, yang dihadirkan sebagai mobile platform terbaru untuk smartphone kelas atas.

Hadir Untuk Smartphone High End Murah

Qualcomm menyebutkan bahwa Snapdragon 700 ini disiapkan untuk mengakomodasi permintaan akan lebih banyak smartphone kelas atas yang hadir ke pasar, tetapi dengan harga yang lebih rendah dari produk dengan basis Snapdragon 800 Series yang ada saat ini. SoC Snapdragon 700 Series disebut akan mewarisi beberapa fitur yang ditawarkan Snapdragon 800 Series terbaru. Selain itu, fitur on-device AI juga akan disematkan.

Lebih Kencang dan Efisien dari Snapdragon 660

Sebelumnya, posisi yang akan ditempati oleh Snapdragon 700 Series ini dihuni oleh Snapdragon 660. Qualcomm menjanjikan bahwa Snapdragon 700 Series akan bisa menjanjikan lebih dari itu, bahkan hingga 2x lipat Snapdragon 660 di pemrosesan on-device AI berbasis AI Engine mereka. Memang, AI menjadi salah satu fokus dari Snapdragon 700 Series ini.

Terkait efisiensi, Qualcomm menyebutkan bahwa SoC baru di “kelas” Snapdragon 700 Series ini menawarkan efisiensi hingga 30% di atas Snapdragon 660. ISP yang ditanamkan juga bisa menawarkan performa lebih baik dari yang ada di Snapdragon 600 Series. Sayangnya, belum ada keterangan lebih detail terkait spesifikasi final dari Snapdragon 700 Series ini, dan apa yang membedakannya dari Snapdragon 835/845, serta Snapdragon 660.

Gunakan Arsitektur Baru?

Satu hal menarik yang disebutkan oleh Qualcomm, Snapdragon 700 Series ini akan hadir dengan “arsitektur baru” untuk CPU Kryo, GPU/Visual Processor Adreno, DSP/Vector Processor Hexagon, serta ISP Spectra. Hanya saja, belum diketahui detail dari arsitektur baru tersebut. Hal-hal tersebut tampaknya baru akan terungkap menjelang pertengahan tahun 2018 ini, saat Qualcomm mulai menyebarkan Snapdragon 700 Series ke rekan-rekan mereka yang berminat menggunakannya di produk mereka.

 

: ,

COMMENTS