in: Reviews | February 23, 2018 | by: Friska

Review Smartphone Android: Asus ZenFone 4 Selfie Lite

Kamera

Dengan memiliki masing-masing sensor kamera resolusi 16 MP dengan bukaan f/2.0, baik kamera depan maupun kamera belakang dari Asus Zenfone 4 Selfie Lite ini mungkin akan memiliki setidaknya detil dan kontras warna yang tidak jauh berbeda, bergantung dari mode yang dipilihnya.

Sebagai smartphone yang dimaksimalkan untuk selfie, kamera depan memiliki performa yang tergolong baik, dengan mampu memberikan detil foto serta kontras warna yang terlihat cukup natural. Untuk hasil yang lebih natural lagi, LED flash pada kamera depan yang diberi nama Softlight ini diperkuat dengan teknologi untuk bisa menghasilkan cahaya layaknya seperti di dalam sebuah foto studio, sehingga foto selfie yang dihasilkan bisa lebih halus, memiliki warna kulit asli yang terlihat lebih natural.

Untuk kamera depannya, Asus turut membenamkan fitur Selfie Master. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan perangkat Asus Zenfone 4 Selfie, di mana aplikasi ini memiliki fungsi untuk bisa memaksimalkan hasil foto selfie maupun video melalui kamera depan. Dalam aplikasi Selfie Master, terdapat lima buah fungsi utama yang bisa digunakan, yakni Photo, Video, Beauty Live, Collage, serta Slideshow. Foto dan video mungkin bisa ditemukan juga melalui aplikasi kamera bawaan smartphone, yang di mana justru fitur dan setting manual memiliki variasi yang lebih banyak terutama untuk menghasilkan foto depth in field atau efek bokeh yang lebih baik. Pada Selfie Master, hasil foto dan video yang diambil hanya dapat diatur tingkat Beauty-nya saja. Yang membuat aplikasi ini lebih menarik adalah kemampuannya untuk bisa mengambil video untuk livestreaming yang bisa dibagikan untuk platform YouTube, Facebook, atau Instagram. Selain itu, pengguna juga tetap bisa mengaktifkan mode Beauty sekaligus mengatur tingkat Beautification tersebut dalam fitur Beauty Live tersebut.

Kamera utamanya sama-sama memiliki sensor resolusi 16 megapixel, tapi untuk hasil foto beresolusi tinggi, Asus memberikan mode Super Resolution yang bisa mencapai resolusi 64 MP. Walau masih terdapat sedikit tingkat noise yang dihasilkan dalam kondisi pencahayaan kurang terang dan autofocus yang dihasilkan terkadang masih “miss” atau tidak sesuai dengan fokus yang hendak ditonjolkan dalam foto, tetapi beberapa hasil foto yang diambil terlihat mampu memberikan detil foto yang cukup baik ketika di-zoom sekalipun. Dengan diberikannya mode Pro, tentunya pengguna bisa mengutak-atik sendiri setting yang diinginkan ketika mengambil foto obyek atau lokasi tertentu untuk membuatnya menjadi lebih menarik. Kamera belakang ini juga memungkinkan pengguna untuk merekap video kualitas 1080p FHD di 30fps dan telah diengkapi juga dengan EIS (electronic image stabilization) 3 axis untuk membuat hasil rekaman menjadi lebih stabil.

Baterai

Jika Anda mengikuti beberapa review gadget kami belakangan ini, pastinya mengetahui bahwa kami memiliki standar baru dalam melakukan pengetesan baterai. Benar sekali, alih-alih bergantung kepada aplikasi benchmark PCMark Work Battery Test, kini kami menggunakan tes browsing dan tes loop video. PCMark sendiri merupakan benchmark yang akan kami segera tinggalkan dalam waktu dekat dan tidak akan digunakan kembali untuk pengujian-pengujian berikutnya. Hal ini dikarenakan adanya beberapa jenis tipe smartphone yang kerap gagal ketika tengah menguji coba dengan PCMark.

Protokol pengujian baru kami: tes browsing, dilakukan dengan membangun setup server secara lokal untuk melakukan pengujian browsing pada beberapa smartphone yang digunakan sebagai perbandingan. Smartphone melakukan browsing dengan pergantian halaman setiap 10 detik nonstop. Sama seperti pengujian looping video, perangkat diatur dengan menggunakan Airplane mode, Wi-Fi aktif, serta kecerahan layar non-otomatis dengan slider di tengah. Dalam hasil tes kali ini, Asus Zenfone 4 Selfie Lite dapat bertahan selama 16 jam 2 menit.

Untuk pengujian berikutnya, kami masih menggunakan pengujian berupa mengukur berapa lama smartphone bisa bertahan ketika memutar video kualitas 720p dalam kondisi berulang (looping) menggunakan aplikasi MXPlayer hingga baterai kosong. Hasilnya, Asus Zenfone 4 Selfie Lite dapat bertahan hingga 19 jam 32 menit.

Baterai yang dimiliki oleh Asus Zenfone 4 Selfie Lite tergolong cukup besar, dan untuk mempercepat pengisian daya, perangkat ini sendiri telah dilengkapi dengan fitur Asus PowerMaster. Dalam pengujian kali ini, agak disayangkan bahwa walau sudah memiliki fitur PowerMaster, pengisian ulang baterai masih tergolong lebih lama untuk bisa terisi penuh. Sehingga dari hasil mengukur lamanya pengisian ulang baterai, Asus Zenfone 4 Selfie Lite masih membutuhkan 3 jam 16 menit untuk bisa terisi ulang penuh kembali.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | September 27, 2019 | Comments

Samsung dan Lazada Gelar Super Brand Day

News | October 25, 2019 | Comments

TCL akan Buat Smartphone Lipat Dua?

News | November 8, 2019 | Comments

Adobe Photoshop dan Illustrator akan Hadir di Apple iPad

News | October 4, 2019 | Comments

BlackBerry Tidak Punya Rencana Kembangkan Smartphone 5G