in: News | February 15, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Snapdragon X24 LTE: “Jembatan” Menuju Era 5G NR

Saat ini, Qualcomm sudah menawarkan modem mereka yang mendukung standar 5G NR, yaitu Snapdragon X50. Mereka juga sudah memiliki modem 4G LTE yang kencang, dengan dukungan Gigabit Class LTE, yang juga digunakan di SoC Snapdragon 845, yaitu Snapdragon X20 LTE. Namun, hal itu bukan berarti mereka berhenti mengembangkan modem untuk 4G LTE. Justru perusahaan asal San Diego, AS tersebut masih mengembangkan lebih lanjut modem 4G LTE mereka, dan di acara yang baru digelar di kota asal mereka tersebut, Qualcomm mengumumkan modem 4G LTE baru, Snapdragon X24 LTE.

Serge Willenegger dari Qualcomm saat memperkenalkan Snapdragon X24

4G LTE yang Lebih Kencang Lagi

Modem Snapdragon X24 LTE ini merupakan modem generasi ketiga di era 4G LTE dari Qualcomm yang menawarkan Gigabit Class LTE. Sebelumnya, Snapdragon X16 dan Snapdragon X20 sudah menawarkan Gigabit Class LTE. Namun, modem baru tersebut menawarkan keunggulan tersendiri, 4G LTE yang lebih kencang lagi. Snapdragon X16 menawarkan data rate untuk downlink mencapai 1 Gbps, sementara Snapdragon X20 mencapai 1.2 Gbps, maka di Snapdragon X24 ini data rate downlink yang bisa dicapai mendekati 2 Gbps!

Perwakilan Qualcomm menampilkan demo Snapdragon X24 yang menampilkan data rate downlink 2.00 Gbps.

Data rate 2 Gbps tersebut bisa dicapai karena modem 4G LTE baru ini menawarkan dukungan yang lebih baik dari yang ada di dua modem Gigabit Class LTE sebelumnya. Qualcomm menyebutkan bahwa Snapdragon X24 ini mendukung 7 CA, dengan 20 layer MIMO yang masing-masing menawarkan data rate maksimal 100 Mbps untuk downlink. Sebelumnya, modem Snapdragon X16 hanya menawarkan 4 CA dengan 10 layer MIMO, sementara Snapdragon X20 menawarkan 5 CA dengan 12 layer MIMO.

Chip Baru yang Lebih Mutakhir

Snapdragon X24 ini bukan hanya menawarkan 4G LTE yang lebih kencang dari yang ada sebelumnya, tetapi juga hadir dengan desain yang lebih mutakhir. Chip ini merupakan chip modem 4G LTE pertama yang diproduksi dengan litografi 7 nm, yang akan membuat modem ini lebih hemat daya. Selain itu, chip RF yang menyertainya juga diproduksi dengan fabrikasi 14 nm.

“Jembatan” Menuju 5G NR

4G LTE “kecepatan tinggi” yang didukung oleh Snapdragon X24 ini disebut Qualcomm akan merapatkan jarak antara 4G LTE dengan 5G NR. Memang, 5G NR akan menawarkan lebih dari sekadar data rate yang lebih tinggi saja, tetapi juga banyak lagi keunggulan lain. Namun, Qualcomm menyebutkan bahwa chip modem baru ini akan jadi “jembatan” menuju 5G NR, membuka jalan menuju ke standar baru yang lebih baik lagi dari yang sudah digunakan saat ini.

: , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | April 18, 2018 | Comments

Oppo Resmi Luncurkan F7 di Indonesia

News | May 17, 2018 | Comments

Logitech Hadirkan Crayon Stylus untuk iPad

News | April 30, 2018 | Comments

Advan Luncurkan iLite, Tablet Murah Dengan Fitur Face Unlock

News | March 26, 2018 | Comments

Ambisi Honor Menguasai Segmen Online