Unboxing & Hands On Advan G2: Selfie Detail, Sebagus Apa?

Author
Irham
Reading time:
February 15, 2018

Advan menggelar media experience untuk produk terbaru mereka yaitu Advan G2. Suksesor dari Advan G1 ini hadir dengan fitur utama pada kamera selfie. Sesumbar, smartphone ini akan menyaingin beberapa kompetitornya antara lain Samsung Galaxy J5 Pro, Oppo F5 Youth, Vivo V69, Advan “pede” akan jadi pilihan yang menarik karena hadir dengan harga yang terjangkau yaitu Rp. 2.499.000, sementara para kompetitor membanderol harga Rp. 3 jutaan.

Advan G2 1

Sama seperti kompetitor yang disebutkan oleh Advan diatas yang memiliki tagline untuk kamera selfie, Advan G2 hadir dengan tagline Selfie Detail.Advan G2 diklaim mampu menghasilkan foto selfie yang lebih baik ketimbang tiga produk kompetitor tersebut. Smartphone ini mengusung kamera depan 16MP dengan bukaan aperture f/2.0, juga dengan fitur Beauty Selfie 5.0. Sementara untuk Kamera utama dibekali dengan sensor 13MP

Dalam acara media experience tersebut, kami sempat menjajal kamera depan yang jadi jualan utama Advan G2. Namun sebelum itu, kami akan sedikit membahas isi box penjualan dan desain dari Advan G2.

Advan G2 sendiri hadir dengan paket penjualan cukup lengkap. Dapat dilihat, pada box terdapat beberapa item kelengkapan penjualan diantaranya buku panduan & kartu garansi, adaptor charger, kabel USB, jelly case, dan juga headset. Perangkat ini juga dibundling dengan kartu perdana dari Telkomsel.

Advan G2 2

Beralih ke desain, Advan G2 sangat identik dengan smartphone besutan Apple beberapa tahun lalu yaitu iPhone 6. Advan sendiri tak masalah jika nanti smartphone ini disebut menjiplak iPhone 6 Plus, karena desain dari Advan G2 memang ditujukan untuk konsumen yang belum sempat memiliki smartphone premium tersebut.

Advan G2 mengusung desain metal dengan dimensi yang tipis, juga dengan fingerprint berbentuk bulat di bagian depan yang membuatnya tampak mirip dengan iPhone 6 Plus. Sementara bagian belakang, terlihat lebih mirip dengan penampang belakang iPhone 7. Garis aksen berwarna chrome terlihat di bagian pinggir atas dan bawah, serta logo Advan di bagian tengah menjadi “pembeda” perangkat ini tentunya.

Advan G2 5 Advan G2 6

Pada bagian bawah, terdapat slot MicroUSB dan juga grill speaker. Sementara untuk lubang jack 3,5 mm diletakan di bagian atas. Selain berfungsi untuk membuka layar, fingerprint juga berfungsi sebagai tombol home. Tombol home diapit dengan dua tombol kapasitif yang samar terlihat, hanya memiliki tanda titik tanpa lampu backlit. Sepertinya Advan sengaja membuatnya demikian agar tampilannya makin mirip dengan smartphone premium tersebut.

Advan G2 7 Advan G2 4

Sedikit beralih ke spesifikasi, Advan G2 mengusung layar 5,5 inci FullHD, SoC MediaTek MT6750T, RAM 3GB serta internal storage 32 GB. Kapasitas baterai dari Advan G2 cukup besar untuk ukuran bodynya yang ramping, yaitu 3500mAh. Sayangnya belum dibekali dengan fitur pengisian cepat. Adapun adaptor charger yang tersedia memiliki output 5V 2A.

Advan G2 9

Advan G2 hadir dengan basis OS Android Nougat 7.0 dan kembali membawa IDOS sebagai UX andalan mereka. Beberapa fitur seperti Anti Theft, Privacy System, Apps Lock tersedia untuk fitur keamanan tambahan. Sedikit eksplorasi yang kami lakukan, rupanya Advan G2 juga telah mendukung konektivitas Wireless 5GHz. Uniknya, ini tak hanya berlaku pada saat Wi-Fi diaktifikan, tapi juga saat pengguna menggunakan smartphone sebagai hot-spot.

iDOS
iDOS
WiFi Hotspot 5GHz
Wi-Fi/Hot-Spot 5GHz

Nah, untuk fitur kamera depan yang menjadi fokus penjualan Advan G2, kami telah menguji perangkat ini dan hasilnya cukup memuaskan. Adapun ciri khas yang ditonjokan sebagai selfie detail yang ada pada perangkat, yaitu objek yang ditangkap memiliki detail yang merata tak hanya dibagian depan tetapi juga pda background. Meski demikian, kami belum bisa menyebut kamera selfie Advan G2 benar-benar sebaik yang mereka klaim, dapat mengalahkan produk J5 Pro, Oppo F5 Youth maupun VIVO V69, karena perlu ada pengujian perbandingan yang lebih jauh. Tapi untuk beberapa foto yang kami abadikan, smartphone lokal yang satu ini mulai terasa semakin mengingkatkan kelasnya.

 

Kamera belakang juga memiliki hasil yang terbilang lumayan. Berikut beberapa foto yang diabadikan menggunakan kamera belakang (kamera utama).

Load Comments

Reviews

March 18, 2024 - 0

Review Tecno Spark 20 Pro+: Tipis, Ringan, AMOLED 120 Hz, dan tetap Kencang

Yang satu ini mungkin akan jadi smartphone dengan desain paling…
March 14, 2024 - 0

Review HUAWEI MatePad 11.5 PaperMatte Edition: Tablet HUAWEI Layar Unik dan Aksesoris Lengkap

Huawei Matepad 11.5 PaperMatte Edition, ini adalah varian dari Matepad…
March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…
June 7, 2022 - 0

Review Huawei Watch Fit 2: Smartwatch Segudang Fitur, Baterai Super Awet!

Cari smartwatch terkini yang canggih, fitur berlimpah, tapi maunya bisa…
October 29, 2021 - 0

Review HUAWEI Watch GT3 dengan HarmonyOS: Smartwatch Sejati, Mewah dan Irit Baterai

Sudah hadir di dalam lab pengujian Jagat Gadget, adalah smartwatch…