in: News | March 20, 2018 | by: Friska

Google Rilis 3 Fitur Baru untuk Memudahkan Para Pengguna Jalan di Indonesia

Pada Selasa (20/3), Google baru saja mengumumkan sekaligus merilis fitur terbaru yang bisa langsung ditemui di aplikasi Maps mereka, di mana fitur-fitur baru tersebut diharapkan bisa turut membantu para pengguna jalan, terutama para pengemudi motor, dalam memudahkan pencarian jalan atau lokasi.

“Indonesia termasuk salah satu negara dengan pengguna motor terbanyak di dunia. Bahkan, setidaknya pengguna motor lebih banyak 7 kali lipat dibandingkan dengan pengguna transportasi lainnya, terutama di ibukota Jakarta. Salah satu fitur yang kami hadirkan di dalam Google Maps ini akan diperuntukkan para pengguna motor, di mana permintaan akan fitur ini memang sudah diminta oleh para pengguna Maps,” tutur Dane Glasgow, Vice President Product Management Google Maps, dalam acara konferensi pers yang diadakan di Beer Hall, Jakarta.

Tiga fitur utama yang dihadirkan untuk Google Maps kali ini terdiri dari:

  • Pencarian rute ketika Car Free Day, di mana pengguna bisa mencari jalur alternatif yang dibuka ketika jam CFD sedang berlangsung.
  • Pencarian rute ketika jam Sistem Ganjil Genap, untuk memudahkan para pengguna jalan dengan nomor plat ganjil atau genap ketika mencari jalur yang tidak terkena sistem tersebut. Opsi untuk menentukan apakah kendaraan yang digunakan menggunakan nomor play ganjil atau genap bisa diakses langsung ketika tengah melakukan pencarian jalur di Maps.
  • Pencarian rute khusus motor (Motorcycle Mode), di mana pengguna motor bisa mencari jalur alternatif yang bisa dimasukki sekaligus ditempuh lebih cepat ketika menggunakan motor.

Untuk fitur khusus jalur motor, Google menyatakan bahwa fitur ini juga mampu memberikan waktu tempuh menggunakan motor yang lebih akurat berdasarkan kecepatan sepeda motor yang menggunakan aplikasi ini, dengan menggunakan model machine learning. Fitur ini juga akan membantu para pengguna motor untuk mendapatkan jalur yang mencakup jalan pintas atau jalan sempit tanpa melalui jalan tol. Selain itu, dukungan API untuk fitur ini juga direncanakan akan dibuka untuk membantu siapa saja yang bergerak di bidang pengangkutan barang atau jasa layanan antar dengan motor, seperti misalnya para aplikasi transportasi online atau ekspedisi.

Ketiga fitur ini sudah terdapat di aplikasi Google Maps terbaru melalui Google Play Store.

: ,

COMMENTS