in: Reviews | March 7, 2018 | by: Friska

Hands-On Smartpad: Wacom Bamboo Slate

Bagi mereka para pelaku hobi maupun profesional di bidang seni gambar maupun fotografi, mungkin sudah tidak asing dengan brand Wacom yang kerap memberikan beragam jenis graphics tablet untuk memenuhi kebutuhan seni digital dan fotografi mereka.

Ragam produk dari Wacom ini umumnya berupa graphics tablet yang dihubungkan dengan wireless atau kabel ke PC, untuk bisa terintegrasi satu dengan yang lain sehingga pengguna bisa menggambar di tablet sementara hasilnya akan muncul di layar PC. untuk produk yang satu ini, Wacom memberikan teknologi yang baru dan lain dari biasanya, di mana alih-alih menggambar di graphics tablet, pengguna bisa menggambarnya di sebuah lembar kertas biasa untuk kemudian bisa terhubungkan dan hasilnya bisa ditransfer langsung ke perangkat pintar lainnya seperti smartphone.

Desain dan Spesifikasi

Produk ini sendiri sesungguhnya sudah ada sejak akhir tahun 2016 lalu, dengan di Indonesia baru dijual secara resmi mulai awal Januari 2018 ini. Terdiri dari sebuah papan gambar yang dinamakan “smartpad” beserta pena khusus yang menjadi satu kesatuan dari smartpad ini, Wacom Bamboo Slate (A5) yang hadir di Jagat Gadget kali ini merupakan produk yang sangat menarik bagi mereka yang kerap memiliki ide tanpa batas, bahkan ketika berada di luar rumah sekalipun.

Pasalnya, Wacom Bamboo Slate ini dipergunakan lebih khusus untuk mereka yang sering melakukan brainstorming atau corat-coret di kertas lain, sebelum akhirnya hasil coretan tersebut dibenahi lebih baik lagi ketika sudah di ruang kerja atau rumah untuk menjadi hasil produk yang final. Menggunakan teknologi cloud, pengguna bisa melakukan tranfer hasil coretan mereka yang sudah dilakukan pada kertas di smartpad, untuk dihubungkan dan kemudian disimpan di perangkat pintar yang sudah terkoneksi dengan aplikasi Inkspace, dan kemudian ditransfer ke storage cloud online yang terlisensi seperti DropBox atau Evernote.

Wacom Bamboo Slate ini sendiri terdiri dari dua pilihan ukuran, di mana pengguna bisa memilih antara ukuran A4 atau ukuran A5 yang lebih compact. Dalam paket penjualannya, Wacom telah memberikan sebuah buku notes dengan tipe kertas kosong tanpa garis yang pas untuk disematkan ke smartpad. Namun, pengguna sebenarnya bisa bebas menggunakan jenis kertas apa saja selama ukurannya masih sesuai dengan ukuran smartpad yang digunakan. Smartpad Bamboo Slate ukuran A5 yang kami uji kali ini memiliki area aktif sebesar 140 × 216 mm dengan pressure level 1024. Dan smartpad ini tidak memiliki clip untuk menahan kertas seperti papan kertas pada umumnya, tetapi memiliki “pouch” di mana pengguna bisa menyelipkan bagian paling belakang dari notes atau buku tulis untuk menahan posisinya.

tipe penahannya berupa “pouch” untuk bagian paling belakang dari sebuah notes, sehingga akan memudahkan pengguna untuk menggonta-ganti buku notes yang hendak digunakan

Walau pengguna bisa mengganti jenis kertas yang digunakan untuk bisa memulai pekerjaannya di smartpad ini, akan tetapi pengguna harus melakukan coretan atau tulis-menulisnya di atas smartpad dan menggunakan pena khusus yang sudah diberikan bersamaan dengan paket penjualan untuk bisa “merekam” hasil coretan tersebut nantinya. Pena ini sendiri juga memiliki tinta khusus yang disediakan oleh Wacom, dengan terdapat 1 buah tinta cadangan yang diberikan dalam paket yang sama. Jika sudah habis, pengguna bisa membeli isi tinta ini secara terpisah. Dalam penggunaan normal, tinta pena ini bisa bertahan hingga sekitar 3-6 bulan lamanya.

lokasi USB port untuk charging baterai smartpad
lokasi tombol Power yang juga berfungsi untuk menghubungkan smartpad dengan perangkat pintar melalui Bluetooth

kelengkapan isi paket

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
: , , ,

COMMENTS