in: News | March 28, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Huawei Perkenalkan Smartphone Flagship dengan Triple Camera!

Saat MWC 2018 berlangsung, akhir Febuari 2018 lalu, Huawei menjadi salah satu produsen smartphone ternama yang absen memperkenalkan produk flagship mereka di acara tahunan tersebut. Namun, kabar yang beredar mengindikasikan bahwa Huawei akan memperkenalkan smartphone flagship baru mereka tidak lama setelah acara tersebut. Kabar tersebut ternyata benar! Kurang lebih satu bulan setelah MWC 2018, sang raksasa telekomunikasi dari China tersebut memperkenalkan duo flagship mereka, yaitu P20 Pro dan P20!

Huawei P20 Pro

Melalui sebuah acara di Perancis, beberapa saat lalu Huawei resmi memperkenalkan kedua smartphone flagship baru tersebut. Di Indonesia, Huawei pun mengajak perwakilan media untuk menyaksikan live stream acara tersebut bersama-sama. Keduanya hadir dengan berbagai keunggulan, yang membuatnya menjadi produk yang sangat menarik, terutama untuk P20 Pro! Seperti apa smartphone flagship terbaru Huawei ini?

Huawei P20 Pro: Hadirkan Triple Camera dari Leica

Smartphone baru ini hadir dengan SoC premium dari HiSilicon, yaitu Kirin 970, dengan CPU octa-core (4x Cortex A73 2.36 GHz + 4x Cortex A53 1.8 GHz) serta GPU Mali-G72 MP12. RAM 6 GB dan internal storage 128 GB tersedia di smartphone ini. Layar smartphone ini memiliki ukuran diagonal 6.1″ dengan rasio 18.7:9, yang menawarkan resolusi 2240 x 1080 piksel, dengan panel OLED, serta mengusung notch di bagian atasnya. Namun, bukan dua hal itu yang menjadi daya tarik utama di smartphone baru ini.

Daya tarik utama dari P20 Pro ini justru datang dari kamera utamanya, dengan konfigurasi triple-camera hasil kolaborasi Huawei dengan Leica. Huawei menggunakan tiga buah sensor berbeda untuk mendapatkan kualitas gambar terbaik, yaitu 40 MP RGB f/1.8 dengan OIS, 20 MP monochrome f/1.6, dan 8 MP telephoto f/2.4. Sistem triple camera dari Leica itu dibekali dengan “4-way auto-focus“, dual-tone LED flash dengan sensor color temperature terintegrasi, serta mendukung 3x optical zoom dan 5x hybrid zoom.

Tidak hanya itu saja, kamera ini juga menawarkan kemampuan perekaman video slow-motion 960 fps di 720p. Tersedia pula beberapa fitur dengan dukungan AI yang membantu menghasilkan foto yang menarik sesuai kondisi tertentu. Huawei juga menawarkan ISO 102400 untuk kamera ini. Sementara untuk kamera selfie, tersedia sensor 24 MP f/2.0, yang juga mendukung Face Unlock.

P20 Pro ini hadir dengan mengusung Android 8.1 “Oreo” dengan UI EMUI 8.1. Baterai di dalam smartphone ini mengusung rating kapasitas 4000 mAh, terbilang besar untuk sebuah smartphone flagship. Smartphone ini juga mengusung bodi yang mendapatkan sertifikasi IP67, untuk ketahanan terhadap debu dan air. Fingerprint scanner, yang juga berfungsi untuk menerima input gesture, tersedia di bezel bawah layar.

P20: Varian yang Lebih “Ringan”

Huawei juga mengumumkan P20, varian dengan spesifikasi serupa, tetapi sedikit di bawah apa yang ditawarkan P20 Pro. Smartphone ini juga mengusung SoC Kirin 970, dengan layar 5.8″, juga dengan resolusi 2240 x 1080 piksel, dan notch di bagian atas. Namun, smartphone ini bukan hadir dengan panel OLED, melainkan RGBW, seperti yang digunakan di flagship Huawei sebelumnya. RAM 4 GB dan internal storage 128 GB ditawarkan Huawei di smartphone ini.

Richard Yu, CEO Huawei Consumer BG, memperkenalkan P20 (kiri) dan P20 Pro (kanan). Sumber: YouTube Huawei Mobile.

Smartphone ini tidak menawarkan triple-camera seperti P20 Pro, tetapi dual-camera, masih dengan teknologi hasil kerja sama dengan Leica, yang merupakan perbaikan dari yang ditawarkan di produk smartphone flagship mereka sebelumnya. Sistem kamera ini hadir dengan sensor 1/2.3″ 12 MP RGB dengan lensa f/1.6 dan OIS, serta sensor 20 MP monochrome f/1.6. Kamera ini dibekali juga dengan “4-way auto-focus” dan dual-tone LED flash, serta menawarkan zoom 2x dengan dukungan perekaman video slow-motion 960 fps di 720p. Kamera selfie-nya juga menggunakan sensor 24 MP f/2.0, sama dengan di P20 Pro.

Sama dengan P20 Pro, smartphone ini juga hadir dengan EMUI 8.1. Karena ukuran keseluruhan yang lebih kecil, P20 menawarkan baterai yang lebih kecil, “hanya” 3400 mAh. Bodi smartphone ini juga “hanya” hadir dengan sertifikasi IP53, untuk ketahanan terhadap debu dan cipratan air.

“Notch” yang Bisa Disembunyikan

Satu hal menarik yang diungkapkan Huawei terkait P20 Pro dan P20. Notch di bagian atas layar ternyata bisa disembunyikan, bila pengguna tidak menyukai notch tersebut. Huawei menyediakan mode tampilan di mana sisi kiri-kanan notch akan menampilkan warna hitam, sehingga menyamarkan keberadaan notch tersebut.

Kedua smartphone flagship baru ini disebut Huawei akan dipasarkan di tingkat Internasional dalam waktu dekat. P20 Pro akan dipasarkan dengan harga EUR 899, sementara P20 dengan harga EUR 649. Bagaimana dengan ketersediaan kedua smartphone itu untuk Indonesia? Pihak Huawei Indonesia sudah mengkonfirmasinya, dan informasinya akan kami sajikan dalam artikel terpisah.

: , ,

COMMENTS