in: Reviews | March 29, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Review Vivo V9: Lebih Kencang, Layar Kekinian, dan Berkamera Ganda

Kamera

Seperti yang sudah kami sebutkan saat membahas spesifikasi dari Vivo V9, smartphone ini dibekali dengan kamera selfie 24 MP yang menjadi salah satu fitur unggulan Vivo untuk smartphone ini, di samping layar “All New FullView Display”. Sementara untuk kamera utama, Vivo menggunakan konfigurasi dual-camera dengan sensor 13 MP + 2 MP yang menawarkan kemampuan pengambilan foto portait mode, atau biasa disebut juga dengan foto bokeh. Berikut ini hasil foto dari kamera di Vivo V9 ini:

Kamera Utama

Non-HDR
HDR
Non-Portait Mode
Portait Mode

 

Kamera Selfie

Foto dari kamera selfie Vivo V9 tanpa HDR
Foto dari kamera selfie Vivo V9 dengan HDR
Foto dari kamera selfie Vivo V9 dengan Portait Mode

 

Hasil foto dari kamera di Vivo V9 ini terbilang baik untuk kelasnya. Detail yang dihasilkan, baik dengan kamera utama maupun kamera selfie, bisa dikatakan memadai bila dibandingkan dengan spesifikasi yang ditawarkan di kamera smartphone ini. Portait Mode yang ditawarkan pun bisa menghasilkan foto dengan efek bokeh yang terbilang rapi.

Vivo menawarkan banyak sekali mode di kamera smartphone ini, seperti mode profesional, AI Selfie, Slow-Motion, serta mode khusus untuk mengambil foto dokumen. HDR juga tersedia, dengan hasil foto yang cukup baik, walaupun memang masih belum sebaik yang ditawarkan oleh smartphone kelas premium. Sayangnya, belum tersedia image stabilizer yang bisa membantu untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik lagi.

Baterai

Kombinasi SoC dengan fabrikasi modern, dalam hal ini 14 nm, dengan baterai sekitar 3000 mAh umumnya akan menghasilkan smartphone dengan daya tahan yang baik. Bagaimana dengan Vivo V9 ini? Melihat apa yang bisa mereka tawarkan di Vivo V7+/V7, seharusnya smartphone ini pun bisa menawarkan daya tahan baterai yang terbilang baik. Untuk membuktikannya, kami pun melakukan pengujian dengan menggunakan set benchmark baterai yang biasa kami gunakan.

Saat melahap tes video, di mana kami memutar video 720p secara terus menerus dan mencatat penggunaan baterai, smartphone ini bisa bertahan hingga 13 jam 35 menit, sebuah waktu yang terbilang cukup baik untuk smartphone dengan baterai sekitar 3000 mAh ~ 3300 mAh. Bukan yang terbaik, tetapi sudah terbilang menawarkan daya tahan baterai yang cukup panjang saat digunakan menonton video. Bila dibandingkan dengan Vivo V7+, yang berhasil mencatatkan waktu 14 jam 46 menit, catatan dari Vivo V9 ini memang masih belum sebaik pendahulunya itu. Namun, perlu diingat, Vivo V9 menggunakan layar dengan resolusi yang lebih tinggi, sehingga seharusnya akan berimbas ke daya tahan baterai yang sedikit berkurang saat digunakan untuk menampilkan konten tertentu.

Beralih ke pengujian web browsing. Pengujian ini dilakukan dengan “memaksa” smartphone bekerja terus menerus membuka empat buah halaman web di server lokal secara bergantian. Vivo V9 mencatatkan waktu hingga 13 jam 27 menit. Bila dibandingkan dengan beberapa smartphone lain dengan SoC berbeda, dengan baterai di kisaran 3000 mAh, apa yang dicatatkan Vivo V9 ini terbilang baik. Catatan itu sama dengan apa yang dicatatkan oleh Vivo V7+, yaitu 13 jam 38 menit, saat kami uji beberapa waktu lalu.

Sementara untuk isi ulang daya, dengan menggunakan adaptor dan kabel bawaan paket penjualan, kami mendapatkan waktu isi ulang 2 jam 25 menit, tidak bisa dikatakan singkat, tetapi wajar karena adaptor yang disertakan hanya mendukung output 5V 2A. Output yang diberikan adaptor tersebut selama pengujian charging menunjukkan output voltase di kisaran 5 V ~ 5.2 V dan arus di kisaran 1.8 A ~ 1.9 A. Hal ini sesuai dengan apa yang seharusnya ditawarkan adaptor tersebut. Sayang sekali, smartphone ini dan paket penjualannya tidak memungkinkan pengisian daya yang lebih cepat.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS