in: Featured - Reviews | April 5, 2018 | by: Irham

Review Advan G2: Desain Copas, Performa Standar, Tapi Kameranya Bagus

Siapa sangka brand lokal yang satu ini berhasil masuk ke urutan tiga besar industri smartphone tanah air. Memang, kebanyakan penjualan smartphone Advan masih berkutat di produk kelas entry, namun tetap saja strategi pemasaran Advan tetap berjalan dengan lancar.

Advan banyak mengisi kebutuhan konsumen di pasar offline terutama untuk wilayah sub-urban. Ingin cari smartphone terjangkau dan ready stock, Advan tentu lebih mudah dapat ditemukan. Tak perlu repot antri-antri flash sale seminggu sekali yang saat penjualannya dibuka, belum tentu juga kebagian.

Tahun lalu Advan cukup berhasil memasarkan produk Advan G1 dengan beberapa strategi pemasaran mereka. Mulai dari promo bundling, dan juga beragam diskon yang membuat Advan cukup sukses memasarkan produk tersebut. Diatas kertas, secara spesifikasi produk tersebut juga tidak terlalu buruk jika dibandingkan dengan brand luar di rentang harga yang sama.

Kini Advan kembali bersiap menghadrikan suksesor Advan G1 yaitu Advan G2. Kali ini ADvan kembali mengandalakan fitur kamera sebagai senjata andalannya, yang katanya bisa bersaing dengan produk seperti Redmi 5A, Oppo

Desain

Tak tanggung-tanggung, kali ini Advan benar-benar membawa desain iPhone ke produk terbarunya yaitu Advan G2. tampak dari depan, smartphone ini sangat mirip dengan produk iPhone 6 Plus. Lihat saja dari bentuk layar dan juga fingerprint berbentuk bulat dibagian depan. Membuat Advan G2 benar-benar pengganti iPhone 6 Plus, bagi pengguna Android di jaman sekarang.

Apalagi tombol navigasi lainnya yang berada di bagian sisi juga tak begitu terlihat dengan jelas. Advan sengaja hanya memberikan tanda “titik”, untuk nantinya bisa diatur oleh pengguna tombol mana yang ingin dijadikan back dan recent app, apakah yang kiri atau kanan dan sebaliknya.

Tentu saja bezel pada penampang bagian depan masih terlihat sangat besar terutama untuk bagian atas dan bawah. Karena perangkat ini masih menggunakan layar dengan rasio 16:9. Tapi untuk dimensinya juga cukup ramping, secara presisi memiliki ukuran 156,3 x 76,4 dengan ketebalan 7,6mm.

Tampak dari belakang, smartphone ini juga mirip dengan iPhone seri lainnya yaitu iPhone 7. Terutama dengan strip bagian atas dan bawah. Sebenarnya desain seperti ini juga bukan pertama kalinya jadi inspirasi produk, mengingat dua brand selfie ternama juga menggunakannya.

Yang kami suka ada tekstur body bagian belakang, dengan fisinishing hitam dop membuat perangkat ini juga terasa kesat digenggaman. Secara ergonomis ini membuat Advan G2 cukup aman digenggam, bahkan jika tanpa menggunakan aksesoris pelindung yang sebenarnya pun telah tersedia secara langsung. Modul kamera berada di ujung kiri atas dengan lampu LED berada sisinya.

Hanya saja, pada bagian frame tepian layar terasa agak tajam saat berada di buku jari pengguna. Advan menambahkan warna chrome dibeberapa bagian seperti frame dan juga strip antena atas dan bawah, juga pada bagian logo.

Di sisi bagian bawah terdapat slot MicroSD dan juga grill speaker. Bentuk gril speakernya pun juga mirip dengan iPhone 6. Sementara untuk lubang jack 3,5mm diletakan di bagian atas. Di sisi bagian kiri terdapat Tray SIMCard dan juga microSD. Sedangkan di sisi bagian kanan terdapat tombol power dan juga tombol volume.

Spesifikasi

Jika membandingkan dengan smartphone lain di rentang harga yang menjadi target pasar Advan G2, smartphone ini masih cukup layak diperhitungkan. Dimana Advan menklaim berani disandingkan dengan para rivalnya seperti Samsung Galaxy J5, Oppo F5 Youth, dan Vivo V69. Advan G2 mengusung layar 5,5 inci dengan resolusi FullHD, yang terlihat cukup cerah bahkan di kondisi yang cukup terang. SoC MediaTek MT6750T, RAM 4GB dan internal storage 32GB.

Berbeda dengan seri sebelumnya yaitu Advan G1 yang mengandalkan lensa largan pada kamera utama, Advan G2 justru hadir dengan kemampuan utama pada kamera selfie. Advan sengaja beralih ke pasar smartphone selfie, melihat market share yang dilihatnya masih sangat potensial dijamah. Smartphone ini mengusung kamera depan dengan sensor 16 MP F/2.0, sedangkan kamera utamanya menggunakan sensor 13 MP.

Advan G2 berjalan dengan sistem operasi Android Nougat 7.0 yang dipadukan dengan UI IDOS. Beberapa fitur yang tersedia termasuk diantaranya Face ID, Privacy System, Anti Theft dan Dual Apss.

Kapasitas baterai yang tersedia, Advan G2 di bekali dengan baterai berkapasitas 3500mAh. Sayangnya untuk kapasitas yang cukup besar ini, Advan belum melengkapinya dengan pengisian fast charging.

Untuk SIMCard, tersedia dua slot SIMCard di sisi bagian kiri dengan susunan Hybrid bersama dengan slot MicroSD. Dari sisi konektivitas, perangkat ini tentunya telah mendukung jaringan 4G untuk semua provider di tanah air. Untuk konektivitas Wi-Fi, Advan G2 memiliki dukugan Wi-Fi a/b/g/n  Dual band (2.4GHz & 5 GHz). Sensornya lengkap mulai dari Acceleration, Proximity, Ambience light, Gyroscope dan juga Compas.

Di paket penjualannya, Advan menyediakan beberapa kelengkapan antara lain adaptor charger, kabel USB type micro, buku panduan, jelly case, screen protector dan juga headset. Sayangnya screenprotector tidak langsung terpasang pada unit handset. Sehingga menyulitkan pengguna saat ingin memasang, yang amat seringnya gagal terpasang. Advan G2 juga dibundling dengan salah satu operator selular yaitu Telkomsel, dimana pada paket penjualannya juga tersedia kartu perdana Simpati.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS