in: Featured - Reviews | April 5, 2018 | by: Irham

Review Advan G2: Desain Copas, Performa Standar, Tapi Kameranya Bagus

Kamera

Kamera Advan G2 terbilang cukup baik, meskipun juga bukan yang terbaik. Namun kualitasnya sudah bisa dikatakan bersaing dengan smartphone di kelasnya termasuk brand luar. Mulai dari Advan G1, kualitas kamera Advan semakin meningkat dan bisa dikatakan yang terbaik “untuk smartphone lokal”, dan kini Advan G2 pun kembali menghadirkan kamera utama yang lumayan memuaskan.

Warna dan gambar yang dihasilkan terlihat natural, terutama untuk pengambilan gambar di luar ruangan. Sensor kamera 13 MP dengan bukaan F/2.0 dapat bekerja dengan baik dan juga natural. Hanya saja untuk pengambilan gambar di kondisi gelap, foto masih belum begitu optimal. Bukaan yang kecil, kurang menangkap banyak cahaya sehingga gambar masih terlihat banyak noise. Namun untuk mengambil gambar macro, advan G2 juga sudah memiliki hasil yang baik dengan fokus yang terjaga.

Berikut beberapa foto yang diabadikan menggunakan kamera utama Advan G2.

Saat HDR aktif, pengambilan gambar menjadi lamban karena smartphone mengambil foto berulang, dan seringnya foto menjadi berbayang. Jadi untuk pengambilan gambar di kondisi terang, sebaiknya Auto HDR di matikan. Tanpa HDR, gambar justru terlihat lebih baik.

Kamera depan yang menjadi keunggulan Advan G2 dengan sensor 16MP justru menurut kami sudah cukup baik, meski bukan yang terbaik. Untuk pengambilan gambar di kondisi terang sudah cukup bagus namun aperture F/2.0 lagi-lagi menjadi kendala pengambilan gambar di kondisi gelap, sehingga noise sangat terlihat jelas. Advan tampaknya enggan mengorbankan noise, karena algoritma noise reducition yang kurang tepat nantinya akan menghilangkan detail dari foto itu sendiri. Tapi untuk fitur beautify yang diunggulkan Advan G2, kami cukup senang karena smartphone ini bisa menghasilkan gambar yang terlihat natural. Berikut beberapa foto yang diabadikan menggunakan kamera depan Advan G2.

Baterai

Sayangnya untuk penggunaan baterai kami tidak dapat menguji smartphone ini dengan baik. Pasalnya semua aplikasi pengujian yang seharusnya berjalan secara background, semua di matikan oleh sistem. Sehingga kami tidak dapat merekam pengujian baterai yang biasa kami gunakan, yaitu browsing tes dan juga video playback.

Namun untuk video playback, pengujian dengan penghitungan secara manual diperikirakan mencapai waktu sekitar kurang lebih 14 Jam. Sedangkan untuk pengisian baterai, aplikasi battery log yang biasa kami gunakan juga tidak dapat diatur untuk tetap berjalan background. Penghitungan secara manual, waktu pengisian kira kira mencapai waktu 2 jam 30 menit. Kapasitas baterai yang tersedia memang cukup besar yaitu 3500mAh, sedangkan output yang digunakan  tidak begitu besar yaitu 5V/2A

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS