in: Reviews | April 16, 2018 | by: Yufianto Gunawan

Review Honor 9 Lite: Kencang & Quad Camera di Harga yang Terjangkau

Kamera

Bagian ini merupakan salah satu yang didorong oleh Honor sebagai daya tarik di smartphone ini. Hal itu tidak terlepas dari konfigurasi quad-camera yang diusung. Konfigurasi quad-camera ini, seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, memungkinkan Honor 9 Lite menghasilkan foto dengan efek bokeh yang baik. Berikut ini adalah hasil foto dari kamera di Honor 9 Lite ini:

Kamera Utama

Kamera Selfie

Hasil foto dari smartphone ini terbilang wajar untuk sebuah smartphone kelas menengah dengan sensor 13 MP, baik untuk kamera utama maupun kamera selfie. Detail yang dihasilkan sesuai dengan apa yang bisa diharapkan dari kamera 13 MP, dengan detail warna yang masih terbilang baik. Menariknya, karena setiap kamera dibekali dengan sensor kedua 2 MP, hasil foto dalam mode wide aperture bisa diatur ulang fokusnya setelah foto diambil, serta beberapa efek pun bisa diberikan. Berikut ini contoh foto wide aperture dari kamera di Honor 9 Lite:

Foto wide aperture dengan efek background.

Baterai

Honor “hanya” menawarkan baterai dengan rating kapasitas 3000 mAh di smartphone Honor 9 Lite ini. Kapasitas ini memang sudah tidak bisa dikatakan besar di era saat ini, tetapi masih di kisaran rata-rata untuk smartphone kelas menengah. Bila disandingkan dengan SoC ber-litografi modern, termasuk Kirin 659 dengan litografi 16 nm, smartphone dengan baterai 3000 mAh umumnya masih bisa menawarkan daya tahan yang terbilang baik. Bagaimana dengan smartphone ini?

Pertama, mari kita bahas hasil pengujian daya tahan baterai dengan tes web browsing. Tes ini membuat browser di smartphone untuk membuka empat halaman web secara bergantian setiap 15 detik, dan diulang terus menerus dari baterai smartphone dalam keadaan penuh hingga smartphone mati secara otomatis karena kehabisan baterai. Hasil yang diperoleh Honor 9 Lite adalah 11 jam 19 menit. Catatan waktu tersebut sayangnya belum bisa dikategorikan baik, karena smartphone dengan baterai di kisaran 3000 mAh dengan SoC lain beberapa bisa mencapai daya tahan hingga di atas 13 jam. Tidak buruk memang, tetapi belum bisa mencapai titik di mana daya tahannya bisa dikategorikan baik.

Beralih ke tes video playback, di mana kami memutar video 720p dengan video player secara terus-menerus, dan mencatat waktu dari saat video mulai diputar dalam keadaan baterai terisi penuh, hingga baterai di smartphone terpakai seluruhnya. Di tes ini, Honor 9 Lite bisa mencatatkan waktu 9 jam 55 menit. Sayangnya, kembali, catatan ini terbilang kurang memuaskan, mengingat ada beberapa smartphone dengan baterai di kisaran 3000 mAh yang bisa mencatatkan waktu lebih dari 11 jam.

Terakhir, kami melakukan pengujian isi ulang daya baterai dengan menggunakan adaptor daya bawaan paket penjualan yang kami terima. Baterai Honor 9 Lite ini bisa diisi ulang penuh dalam waktu sekitar 2 jam 31 menit. Catatan waktu ini terbilang standar untuk isi ulang baterai sekitar 3000 mAh tanpa menggunakan fitur pengisian daya cepat apapun.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | January 25, 2018 | Comments

Smartwatch Pebble “Siap Mati” Pertengahan Tahun Ini!

News | January 25, 2018 | Comments

Migrasi Dari 4G ke 5G, Secepat Apa?

News | March 25, 2018 | Comments

Sukses di China, Honor Pede Incar Pasar Indonesia

News | April 17, 2018 | Comments

Google Dikabarkan Akan Akusisi “Health” Milik Nokia