in: Reviews | April 11, 2018 | by: Friska

Review Smartphone Android: Asus ZenFone Max Plus (M1)

Kamera

Dengan memiliki fitur kamera ganda beresolusi masing-masing 16 MP dan 8 MP, tentu saja Asus Zenfone Max Plus ini diharapkan bisa mengambil foto efek bokeh yang nampaknya sudah menjadi tren besar smartphone kamera ganda masa kini.

Untuk mengaktifkan fitur bokeh, pengguna perlu mengaktifkan dulu mode “Potrait” untuk memungkinkan perangkat memfokuskan kamera kepada objek foto yang terdeteksi. Dengan mengaktifkan mode ini, maka pengguna bisa mengambil foto obyek manusia atau si pengguna sendiri dengan adanya efek blur di bagian latar belakangnya. Tanpa mengaktifkan mode Portrait, kamera utamanya sendiri sudah bisa menangkap foto dengan cukup baik, disertai dengan detil warna yang tidak buruk walau memang tidak termasuk istimewa. Hanya saja dalam kondisi pencahayaan kurang terang atau ketika di dalam ruangan, foto akan cenderung terlihat lebih gelap serta kurang tajam karenanya. Jika menggunakan HDR, pengguna perlu menahan posisi smartphone agar tidak bergetar atau bergerak terlalu banyak, karena jika tidak, hasil foto akan terlihat lebih karenanya. Efek bokeh yang dihasilkan dari kamera belakang pastinya akan jauh lebih baik dibandingkan dengan kamera selfie yang tidak memiliki fitur kamera ganda. Namun cukup disayangkan, hasil bokeh atau blur yang ditampilkan masih belum cukup maksimal, dengan kecenderungan justru kualitas foto lebih baik ketika tidak mengaktifkan mode Portrait ini.

Kamera selfie-nya memang tidak dibarengi dengan fitur kamera ganda seperti kamera utamanya. Tapi Asus tetap menyematkan fitur Portrait pada kamera depannya sehingga pengguna masih bisa bermain-main dengan efek bokeh ketika mengaktifkan mode tersebut, seperti layaknya pada kamera belakang.

Sayangnya, untuk efek bokeh pada kamera selfie, efek blur yang dihasilkan bisa dibilang terlalu kuat terutama ketika mencoba untuk mengambil foto di lokasi yang terang, apalagi tanpa disertai dengan fitur pengatur kekuatan efek blur tersebut. Sehingga hasil foto bokeh yang ditampilkan malah menjadi kurang menarik untuk dilihat jika dibandingkan dengan foto selfie tanpa menggunakan efek blur tersebut.

Selfie Master

selfie master ui

Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan perangkat Asus Zenfone Max Plus, di mana aplikasi ini memiliki fungsi untuk bisa memaksimalkan hasil foto selfie maupun video melalui kamera depan. Dalam aplikasi Selfie Master, terdapat lima buah fungsi utama yang bisa digunakan, yakni Photo, Video, Beauty Live, Collage, serta Slideshow. Foto dan video mungkin bisa ditemukan juga melalui aplikasi kamera bawaan smartphone, di mana terdapat beragam jenis Filter yang bisa digunakan untuk meghasilkan foto dengan warna atau efek yang lebih menarik dilihat.

Pada Selfie Master, hasil foto dan video yang diambil hanya dapat diatur tingkat Beauty-nya saja. Yang membuat aplikasi ini lebih menarik adalah kemampuannya untuk bisa mengambil video untuk livestreaming yang bisa dibagikan untuk platform YouTube, Facebook, atau Instagram. Selain itu, pengguna juga tetap bisa mengaktifkan mode Beauty sekaligus mengatur tingkat Beautification tersebut dalam fitur Beauty Live tersebut.

Baterai

Jika Anda mengikuti beberapa review gadget kami belakangan ini, pastinya mengetahui bahwa kami memiliki standar baru dalam melakukan pengetesan baterai. Benar sekali, alih-alih bergantung kepada aplikasi benchmark PCMark Work Battery Test, kini kami menggunakan tes browsing dan tes loop video. PCMark sendiri merupakan benchmark yang akan kami segera tinggalkan dalam waktu dekat dan tidak akan digunakan kembali untuk pengujian-pengujian berikutnya. Hal ini dikarenakan adanya beberapa jenis tipe smartphone yang kerap gagal ketika tengah menguji coba dengan PCMark.

Protokol pengujian baru kami: tes browsing, dilakukan dengan membangun setup server secara lokal untuk melakukan pengujian browsing pada beberapa smartphone yang digunakan sebagai perbandingan. Smartphone melakukan browsing dengan pergantian halaman setiap 10 detik nonstop. Sama seperti pengujian looping video, perangkat diatur dengan menggunakan Airplane mode, Wi-Fi aktif, serta kecerahan layar non-otomatis dengan slider di tengah. Dalam hasil tes kali ini, Asus Zenfone Max Plus dapat bertahan selama 18 jam 24 menit.

Untuk pengujian berikutnya, kami masih menggunakan pengujian berupa mengukur berapa lama smartphone bisa bertahan ketika memutar video kualitas 720p dalam kondisi berulang (looping) menggunakan aplikasi MXPlayer hingga baterai kosong. Hasilnya, Asus Zenfone Max Plus dapat bertahan hingga 10 jam 45 menit.

Baterai yang dimiliki oleh Asus Zenfone Max Plus tergolong cukup besar, dan untuk mempercepat pengisian daya, perangkat ini sendiri telah dilengkapi dengan fitur Fast Charging. Sehingga dari hasil mengukur lamanya pengisian ulang baterai, Asus Zenfone Max Plus membutuhkan 2 jam 25 menit untuk bisa terisi ulang penuh kembali.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS