in: Reviews | May 22, 2018 | by: Friska

Hands-On Smartphone Android: SPC L54 Optima

Tren smartphone yang tengah berkembang dalam setahun belakangan ini, selain memberikan fitur dual camera, juga tengah diramaikan dengan layar Full View atau rasio 18:9. Kedua tren tersebut memang kerap dikembangkan terutama untuk smartphone kelas menengah ke atas hingga premium, tapi bagaimana dengan smartphone kelas entry? Walau sayangnya belum ada smartphone kelas entry yang mampu memberikan kemampuan dual camera karena keterbatasan fitur pada SoC yang digunakannya untuk mendukung fitur tersebut, akan tetapi tidak sedikit juga smartphone kelas entry mulai memberikan beberapa fitur kekinian seperti Full View Display.

SPC L54 Optima merupakan salah satu smartphone kelas entry dengan harga di bawah Rp 1 juta yang menghadirkan layar Full View atau rasio 18:9. Berhubung masih berada di kategori smartphone kelas entry, maka bisa diasumsikan bahwa performa dan fitur lainnya akan cukup terbatas jika dibandingkan dengan smartphone kelas menengah yang memiliki harga di atas Rp 2 jutaan. Mengesampingkan beragam kekurangannya, seperti apa SPC L54 Optima ini?

Desain dan Spesifikasi

SPC L54 Optima ini memiliki layar berdimensi 5 inch dengan resolusi 480 x 960 pixel HD yang dilengkapi dengan layar rasio 18:9 Full View Display. Dengan telah memiliki Full View Display ini, makan SPC L54 Optima bisa memiliki dimensi smartphone secara keseluruhan lebih kecil dan compact jika dibandingkan dengan smartphone layar 5 inch lainnya yang belum memiliki rasio 18:9 yang sama. Telah mengadopsi layar lengkung 2.5D, membuat tampilan layar SPC L54 Optima ini menjadi lebih menarik dibandingkan dengan smartphone kelas entry lainnya.

Untuk balutan bodi secara keseluruhannya, SPC L54 Optima ini memiliki bingkai aluminium dengan bodi yang dilapisi dengan material plastik glossy untuk bodi belakangnya. Model warna merah yang kami terima di Jagat Gadget kali ini terlihat cukup menarik dan mewah untuk kelas smartphone entry.

Sedikit disayangkan, model ini belum mengusung desain unibodi dan bodi belakang masih bisa dibuka untuk menaruh SIM card atau baterai. Tapi model sejenis ini akan lebih memudahkan penggunanya, misalnya, untuk bisa melakukan pergantian spare part ketika suatu waktu terjadi masalah pada baterainya ketimbang model unibodi yang butuh reparasi lebih intensif sehingga tidak menimbulkan cacat pada bodi keseluruhannya. Tapi harus diakui bahwa bodi SPC L54 Optima ini jadi terasa lebih “gendut” jika dibandingkan smartphone unibodi yang bisa lebih tipis ketebalannya.

Posisi tombol utama berupa tombol volume dan power berada di sisi samping smartphone, sementara posisi port microUSB dan jack audio 3.5mm berada di sisi atas smartphone. Untuk mic, ada di bagian sisi bawah dan speaker utama berada di bodi belakang smartphone.

Kamera depan berada persis di bagian permukaan atas smartphone, bersampingan dengan speaker receiver-nya. Sementara kamera belakang berada di sisi belakang atas, sekaligus bersama dengan LED flash-nya.

Untuk spesifikasi utamanya, SPC L54 Optima memang tidak memiliki spesifikasi yang sangat “wah”, mengingat smartphone ini masih masuk dalam kelas entry dengan harga di bawah Rp 1 juta. Untuk jeroannya, SPC L54 Optima mengusung SoC Spreadtrum 9850 Quad-core 1.3GHz Cortex-A7 dan GPU Mali-T820 MP1, RAM 1 GB serta kapasitas storage internal 8 GB yang masih bisa diekspansi dengan menggunakan microSD tambahan.

Untuk kameranya sendiri, baik kamera utama maupun kamera depan masing-masing memiliki sensor resolusi 8 megapixel. Kamera belakangnya telah dilengkapi dengan fitur Autofocus dan memiliki LED flash untuk menangkap foto lebih terang, sementara kamera depannya menggunakan Fixed Focus dan sudah dilengkapi dengan fitur tambahan seperti HDR dan Beautify.

Sebagai kelengkapan lainnya, SPC L54 Optima telah mendukung konektivitas 4G LTE, 3G, Bluetooth, WiFi, dan GPS. Smartphone ini juga telah memiliki dukungan dual SIM card ukuran Nano yang terpisah tray-nya dari slot untuk microSD card, sehingga pengguna bisa dengan leluasa menggunakan dua buah SIM card bersamaan dengan microSD card. Untuk kapasitas baterainya, SPC L54 Optima memiliki baterai sebesar 2150mAh, dan sistem operasi sudah menggunakan Android 7.0 Nougat, cukup up-to-date untuk sebuah smartphone kelas entry.

Paket penjualan yang dihadirkan oleh SPC L54 Optima ini juga tergolong lengkap, dengan telah menghadirkan soft case yang bisa langsung digunakan untuk menghindari bodi belakang cepat kotor atau tergores, earphone, kabel microUSD, adapter, kartu garansi dan petunjuk pemakaian.

Daftar Isi
Pages: 1 2
: , ,

COMMENTS