in: Reviews | May 22, 2018 | by: Friska

Hands-On Smartphone Android: SPC L54 Optima

Uji Pemakaian Singkat

Ketika mencoba untuk menguji menggunakan aplikasi benchmark AnTuTu, sayangnya SPC L54 Optima tidak bisa menjalankan aplikasi dengan sempurna. Sehingga untuk kali ini, kami tidak akan membahas dari segi performanya secara keseluruhan, melainkan hanya membahas sekilas tentang pemakaiannya untuk sehari-hari, kamera dan daya tahan baterainya.

Karena memiliki dimensi yang lebih kecil daripada smartphone 5 inch kebanyakan, berkat layar Full View berasio 18:9 yang dimilikinya, sehingga smartphone terasa tidak terlalu besar untuk dioperasikan maupun digenggam oleh tangan. Bobotnya memang tidak besar, dan ada perasaan ringkih atau terlalu ringan mengingat material bodi utamanya menggunakan plastik, akan tetapi smartphone masih tergolong ergonomis dan nyaman untuk digunakan untuk sehari-hari. Agaka disayangkan bahwa layar masih kurang responsif dan sedikit susah ketika mengetik lebih cepat menggunakan smartphone ini. Tapi tidak menjadi masalah yang kritikal ketika penggunanya memang tidak terbiasa mengetik sangat cepat dengan smartphone. Salah satu hal yang menjadi unggulan di SPC L54 Optima ini adalah dual SIM card dengan tray terpisah dengan microSD card, sehingga pengguna bisa dengan leluasa menggunakan 2 buah SIM card bersamaan dengan microSD card yang bisa digunakan untuk menyimpan data lebih banyak.

Baik kamera belakang maupun kamera depan memang tidak terlalu hebat, mengingat smartphone ini merupakan smartphone kelas entry yang memang tidak akan memiliki performa tinggi layaknya smartphone di atas Rp 2 jutaan. Hasil fotonya sendiri tidak sangat tajam dan tingkat noise masih dapat terlihat, terutama jika digunakan untuk mengambil foto di dalam kondisi pencahayaan yang kurang terang atau gelap. Tapi untuk sekedar diunggah ke media sosial populer, SPC L54 Optima masih memiliki kemampuan yang cukup baik dalam mengambil gambar.

Baterai yang dimiliki oleh SPC L54 Optima ini tergolong standar, mengingat sebagian besar smartphone mulai beralih ke kapasitas baterai lebih dari 3000mAh dan sementara SPC L54 Optima ini hanya memiliki 2150mAh saja. Ketika pengujian baterai dengan menggunakan tes browsing berulang hingga baterai habis, SPC L54 Optima mampu bertahan selama 8 jam 28 menit hingga baterai habis total. Dari sekilas pengujian ini, maka bisa disimpulkan bahwa smartphone ini memiliki daya tahan baterai yang cukup baik, mengingat kapasitas baterai yang dimilikinya sendiri tidak bisa dibilang besar untuk standar baterai masa kini. Untuk pengisian ulangnya, karena belum memiliki fitur Quick Charge, maka smartphone membutuhkan waktu setidaknya 2 jam untuk bisa terisi ulang penuh kembali.

Kesimpulan

Tidak banyak smartphone kelas entry yang mampu memberikan berbagai fitur baru maupun fitur kekinian untuk bisa dipergunakan oleh para penggunanya. Dengan tren smartphone yang semakin marak dan kaya akan fitur baru tersebut, tidak ada yang salah jika smartphone kelas entry hendak memberikan aspek yang sama, tetapi dengan jangkauan harga yang jauh lebih terjangkau.

SPC L54 Optima ini merupakan salah satu smartphone kelas entry yang, memang tidak hebat dari segi performa keseluruhannya, namun bisa memberikan sebagian kecil dari tren smartphone masa kini seperti layar Full View dan bodi keseluruhan yang tampil lebih menawan dengan opsi bodi belakang warna merah. Performa secara keseluruhan sangat standar dan seperti rata-rata smartphone kelas entry pada umumnya, begitu juga kamera yang lebih kurang cukup digunakan hanya untuk sekedar unggah ke media sosial populer saja. Tapi salah satu hal positif yang bisa ditawarkan oleh smartphone ini adalah slot atau tray terpisah untuk dual SIM card beserta microSD card, di mana pengguna bisa memasang ketiga kartu tersebut dan berjalan bersamaan tanpa masalah.

Kapasitas baterai tidak besar, hanya berada di angka 2150mAh, namun mampu bertahan setidaknya 8 jam pada tes browsing kami. Daya tahan ini tergolong cukup baik untuk bisa digunakan sehari-hari, terutama dalam penggunaan normal. Walau memang sayangnya tidak dibarengi dengan fitur Quick Charge, dengan smartphone masih menggunakan microUSB sebagai slot charging-nya. Tapi dengan dibanderol sekitar Rp 800 ribuan, SPC L54 Optima ini bisa menjadi alternatif smartphone kelas entry bagi mereka yang menginginkan smartphone layar Full View, dengan kemampuan dual SIM card dan slot microSD card yang terpisah untuk bisa digunakan bersamaan.

Key Spec:

Produk SPC L54 Optima
Layar 5.0” HD (480 x 960 pixels) Full View, ratio 18:9
SoC/Processor Spreadtrum 9850
Quad-core 1.3GHz Cortex-A7
GPU Mali-T820 MP1
Memory/Storage 1 GB / 8 GB
Baterai 2150mAh
Konektivitas Dual-SIM Nano, Micro SD, 2G/3G/4G, Wi-Fi, Bluetooth, GPS
Kamera Kamera belakang: 8 MP. Autofocus, LED Flash
Kamera selfie: 8 MP, Fixed Focus
Sistem Operasi Android 7.0 “Nougat”
Harga Rp 849.000,- (berdasarkan harga dari BliBli.com per 21 Mei 2018)
Daftar Isi
Pages: 1 2
: , ,

COMMENTS