in: News | May 7, 2018 | by: Tim Jagat Review

Penjualan Smartphone Xiaomi Meroket Secara Global di Q1 2018

Lembaga analisis pasar internasional IDC, merilis data penjualan global serta beberapa info dari top five produsen smartphone dengan penjualan smartphone terbanyak pada Q1 2018.

Berdasarkan data dari IDC menyebutkan secara keseluruhan, penjualan smartphone Q1 2018 menurun 2.9% dibandingkan kuartal yang sama pada tahun lalu. Namun ada yang unik dari data IDC ini yang menyebutkan mayoritas produsen smartphone mengalami penurunan, Xiaomi hadirkan peningkatan yang cukup signifikan hingga 87.8% dibandingkan kuartal yang sama di tahun lalu. Salah satu faktor yang menyebabkan naiknya penjualan Xiaomi adalah karena penjualan perangkat kelas low-end seperti Redmi 5A di India dan negara berkembang lainya.

Selain itu, IDC juga hadirkan beberapa informasi mengenai brand lainya yang masuk ke dalam top five diantaranya:

  • Samsung : Berdasarkan data IDC, Samsung berhasil mengambil pangsa pasar sebesar 23.4% terbesar dibandingkan produsen lainya, Namun Samsung mengalami penurunan pangsa pasar sebesar 2.4% dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu, berdasarkan analisis IDC, penurunan ini salah satunya dikarenakan keterlambatan rilis flagship terbaru Samsung Galaxy S9/S9+ yang diperkirakan baru Q2 2018 lah Galaxy S9/S9+ penjualan akan meningkat. Galaxy J dan A series dikabarkan juga telah membantu mempertahankan pangsa pasar Samsung dengan banyaknya varian untuk pangsa pasar menengah ke bawah.
  • Apple : Apple mendapatkan peningkatan pangsa pasar sebesar 2.8% dibandingkan tahun sebelumnya di kuartal yang sama. Walaupun perangkat flaghship IPhone X kurang mendapatkan antusiasme masyarakat, namun Apple menyebutkan penjualan IPhone X meningkat terutama dibulan maret 2018. Di imbangi dengan stabilnya penjualan IPhone 8/8 Plus, membuat pangsa pasar Apple bertahan dan naik 2.8%.
  • Huawei: Huawei kembali mendapatkan peningkatan pangsa pasar sebesar 11.8% dibandingkan kuartal sebelumnya. Didukung dengan penjualan seri high-end Honor di China yang sukses membuat pangsa pasar Huawei tetap terbaik di negeri sendiri. Namun diluar China, seri Lite lah yang lebih ditonjolkan oleh Huawei membuat penjualan Huawei meningkat. Walaupun begitu seri P10 dan Mate 10 hadirkan peningkatan dibandingkan P9 disegment yang sama. Huawei juga tengah telah perkenalkan kembali brand Honor dikawasan Asia Tenggara, khususnya di Indonesia untuk mencoba tingkatkan pangsa pasar miliknya.
  • Xiaomi: Menurut IDC, Xiaomi tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, Xiaomi Q1 2018 ini mulai fokus untuk transisi ke pasar luar China, ini berkat data dimana penjualan Xiaomi hanya tidak sampai setengahnya untuk pasar China, didukung dengan ekpansi penjualan retail ke Asia Tenggara dan India, membantu pesat penjualan smartphone Xiaomi, ditambah pembangunan pabrik India membuat India menjadi pangsa pasar kedua Xiaomi yang menambah signifikan jumlah market. Membuat total penjualan Xiaomi Meroket 87.8% dibandingkan kuartal yg sama ditahun lalu.
  • OPPO: Dengan mengurangnya pangsa pasar domestik di China, membuat dampak penjualan total Oppo menurun hingga 7.2%. Walaupun begitu, Oppo mencoba terus memperkuat pangsa pasar luar negeri dengan salah satunya fokuskan ke online channel dibandingkan sebelumnya yang fokuskan utama ke retail penjualan offline.

Berdasarkan data di atas, mayoritas vendor smartphone hadirkan penurunan walau belum signifikan, untuk calon pengguna mengalami penurunan dikarenakan¬† pengguna belum berkeinginan mendapatkan perangkat dengan spesifikasi anyar terbaru seperti disebutkan oleh Anthony Scarsella, research manager ¬†IDC’s.

Walaupun kehadiran smartphone flagship dari Samsung dan Huawei, hadir bersamaan dengan penjualan IPhone X pada kuartal pertama 2018, namun konsumen sepertinya belum berkeinginan untuk mengeluarkan uang besar untuk perangkat yang terbaik yang ada di pasaran.

: ,

COMMENTS