in: News - Reviews | May 17, 2018 | by: Irham

Preview Zenfone 5Z Dengan SoC Snapdragon 845 dan AI Boost

Belum resmi meluncurkan produk yang sudah diungkap yaitu Zenfone 5 dan Zenfone Live, ASUS kembali menggelar media briefing untuk produk terbaru mereka yang akan segera masuk ke pasar Indonesia yaitu Zenfone 5Z. Perangkat yang sempat kami handson saat di MWC 2018 ini merupakan perangkat kasta tertinggi dari seri Zenfone 5 dan dipastikan akan segera masuk ke Indonesia dalam dua varian.

Adapun dua varian yang ditawarkan untuk Zenfone 5Z ini adalah varian dengan RAM dan Internal storage 4GB/128GB dan juga 6GB/256 GB. Perangakat ini mengusung layar 6,2 inci dengan resolusi FullHD+ dengan rasio 19:9 yang juga hadir dengan notch di bagian atas. Zenfone 5Z digadang-gadang akan menjadi perangkat smartphone pertama di tanah air yang menggunakan SoC flagship terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 845.

Sedikit tentang Snapdragon 845, SoC ini sudah semakin ‘buas ‘dengan menggunakan custom core CPU octa-core Kryo 385 dimana 4 Core Kryo 385 2.8 GHz sebagai cluster “big” dan 4 Core Kryo 385 1.77 GHz sebagai cluster “LITTLE”. Basis core yang digunakan untuk custom core Kryo 385 dari Cortex A75.

Tak mau menyia-nyiakan kesempatan, kami langsung menjajal perangkat yang tersedia yaitu Zenfone 5Z dengan varian 6GB RAM dan internal storage 246GB ini untuk melakukan pengujian benchmark. Kami mengambil beberapa benchmark seperti AnTuTu 7, Geekbench 4 dan juga 3DMark Ice Storm Unlimited untuk mengetahui performa dari perangkat tersebut.

Oh iya, ASUS tentunya juga menghadirkan AI Boost di perangkat Zenfone 5Z yang juga menggunakan ZenUI 5.0 ini. Kami pun melakukan pengujian dengan mengaktifkan AI Boost. AI Boost memungkinkan perangkat untuk memberikan performa paling maksimal.

Pada pengujian AnTuTu 7, perangkat ini berhasil menyentuh angka sekitar 270ribu. Tentunya ini adalah angka pengujian AnTuTu 7 tertinggi saat ini yang pernah kami uji.

AnTuTu 7

 

Geekbench 4

Begitupula pada pengujian Geekbench 4 yang juga lumayan tinggi. Single-Corenya mencapai 2484 sedangkan untuk skor multi-corenya mencapai 9028. Untuk single-core masih sedikit berada di bawah Exynos 9810, tapi untuk urusan Multi-Core, Zenfone 5Z masih sedikit berada diatas Galaxy S9+ dengan SoC Exynos 9810. Tentunya angka ini menunjukan performa CPU dari Zenfone 5Z yang menggunakan Snapdragon 845 ini memang sangat menakjubkan.

Dan pengujian lain kami lakukan yaitu dari sisi performa grafis, yaitu menggunakan 3DMark Icestorm Unlimited. Pada pengujian ini, Zenfone 5Z kembali menorehkan angka paling fantasits untuk saat ini yaitu sekitar 65 ribu.

3DMark Ice Strom Unlimited

Dominikus Susanto selaku Senior Manager Marketing Qualcomm, menyebutkan bahwa kecanggihan yang dibawa oleh Snapdragon 845 ini jug memungkinkan penerapan teknologi lain yang lebih signifikan seperti aktivitas AR Gaming yang lebih optimal dan kompatibel. Tidak seperti AR smartphone yang ada saat ini, masih jauh dari kenyamanan dalam penggunaan. Dan masih banyak peningkatan lain pada Snapdragon 845 yang bisa dinikmati pengguna termasuk kecepatan internet lebih tinggi dengan modem terbaru, pengolahan gambar dengan ISP terbaru, hingga audio yang juga ditingkatkan.

Perlu dicatat, bahwa pengujian yang kami lakukan masih menggunakan perangkat yang masih dalam tahap sample. Untuk pengujian lebih lanjut akan kami lakukan, setelah menerima produk final saat produk tersebut diluncurkan. Tentunya kita juga masih menebak, berapa harga yang akan ditawarkan oleh ASUS untuk smartphone Zenfone 5 ini, baik untuk varian RAM 4GB/Internal Storage 128GB maupun RAM 6GB/internal stroage 256.

Update: Saat demo produk, tersedia dua varian yaitu RAM 4GB/Internal Storage 128GB dan RAM 6GB/Internal 256 GB. Saat peluncuran, ASUS mengumumkan varian RAM 6GB/internal storage 128 dan RAM 8GB/ Internal Storage 256GB.

: , ,

COMMENTS